Proyek Meikarta (IST)


Proyek Meikarta milik Lippo Group akan merusak struktur wilayah Jawa Barat (Jabar).

“Meikarta akan merusak struktur ruang Wilayah di Jabar,” kata n Guru Besar Perencanaan Kota dari Intitut Teknologi Bandung (ITB), Prof.Roos Akbar,M.Sc.,Ph.D dikutip dari Republika.

Menurut Roos Akbar, struktur wilayah Jabar rusak oleh Meikarta bisa dilihat macetnya wilayah tersebut. “Nah sekarang saja wilayah situ sudah sangat macet. Bisa dibayangkan nanti jika proyek tersebut (Meikarta) jadi. Macetnya seperti apa,” tutur Roos Akbar.

Diakui Roos Akbar, pihaknya tidak mengetahui izin-izin apa saja yang sudah atau belum dipenuhi oleh pihak Meikarta. Namun menurutnya, proyek pemnbangunan untuk satu juta penduduk saja, bisa dikategorikan sebagai pembangunan Kota Metropolitan.

”Apalagi ini katanya untuk dua juta penduduk. Saya ragu ada izinnya,” tegas Roos Akbar.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebelumnya juga sempat menyinggung perizinan megaproyek ini. Menurut Deddy, Lippo telah melanggar dua hal, yaitu belum tersedianya izin untuk memenuhi persyaratan pembangunan kawasan, dan Lippo secara terang-terangan telah memasarkan ribuan hunian yang masih fiktif karena belum adanya bangunan fisik dan perizinan pembangunan.

Sumber : suaranasional.com

(nahimunkar.org)

(Dibaca 1.240 kali, 1 untuk hari ini)