via fb Solihin Bunyamin Ahmad

 ***

14 Negara Ramaikan Indonesia International Book Fair

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sebanyak 14 negara ikut meramaikan “Indonesia International Book Fair 2016” di JCC Senayan, Jakarta, 28 September hingga 2 Oktober.

“Negara yang ikut antara lain Malaysia, China, Korea Selatan, Arab Saudi, India, Jerman, Vietnam, Mesir, Bosnia, Turki, Belanda, dan Singapura,” kata Ketua Panitia IIBF Kuslistyarini saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Selain penerbit, beberapa perpustakaan dan penerbit kampus juga ikut berpartisipasi di pameran tersebut.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia Rosidayati Rozalina mengatakan acara ini juga sebagai tempat bertemunya para penerbit buku dan diharapkan terjadi transaksi hak cipta.

Tahun lalu telah terjadi transaksi untuk 70 judul buku, untuk itu tahun ini diharap dapat melampaui angka tersebut karena akan ada acara “business match making”.

Rosidayati mengatakan buku-buku yang diminati oleh para penerbit dari luar negeri adalah buku anak, agama, dan buku sastra.

Pada tahun ini Malaysia menjadi tamu kehormatan acara tersebut, sebelumnya negara Saudi Arabia dan Korea Selatan juga pernah mendapat sebagai tamu kehormatan.

Malayasia menjadi tamu kehormatan diharapkan dapat mempererat hubungan literasi kedua negara karena Indonesia dan Malaysia mempunyai akar yang sama.

Menteri Pendidikan Malaysia Dato’ Seri Mahdzir Khalid juga hadir dalam acara tersebut, acara itupun diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi.

Editor : Sesmawati

Sumber : Antara/netralnews.com-Rabu, 28 September 2016

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.382 kali, 1 untuk hari ini)