Jamaah haji nonkuota adalah jamaah haji yang mendapatkan visa dari Kedutaan Saudi Arabia hanya saja tidak terdaftar di Kementerian Agama RI.

Tahun 1433H/ 2012 ini dikhabarkan sekitar 5000 calon jamaah haji nonkuota gagal berangkat, dan 1000-an calon haji ONH Plus juga gagal.

Meskipun sudah gagal berangkat, para jamaah haji nonkuota itu masih pula di situs travel haji dianggap sebagai penyebab gagalnya calon haji plus (tentunya, yang dimaksud oleh situs travel itu) untuk berangkat.

Dengan demikian, calon haji nonkuota, sudah gagal berangkat, masih pula dikambing hitamkan. Siap-siap saja aneka carut marut haji tahun ini kemungkinan akan dialamatkan kepada calhaj nonkuota sebagai kambing hitamnya.

Sekarangpun sudah ada beritanya, bahkan dijuluki dengan sebutan yang tidak patut yakni haji romli (rombongan liar), dan itu menurut travel haji, sebutan itu dari kemenag/ depag.

***

6.000 Calon Haji ONH Plus dan Nonkuota Gagal Berangkat

Minggu, 21 Oktober 2012 |

Hari Ini, Pihak Travel Janji Uang Dikembalikan

Jakarta, Pelita

Tidak kurang dari  1.000   calon haji ONH Plus dan  5.000  calon haji nonkuota gagal berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, lantaran tidak mendapatkan visa dari Ketutaan Arab Saudi.

Dari sekira 1.000 calon jamaah  haji itu,  terdapat kedua orangtua artis Ayu Tingting, Abdul Rozak dan Umi Kalsum. Rencananya rombongan calon jamaah haji yang sebagian besar berasal dari Pakanbaru, Maluku, Riau, Padang dan Jabodetabek ini berangkat dari Hotel Mega Matra di Jalan Raya Matraman, Jumat (19/10).

Namun sampai Jumat malam mereka juga tidak diberangkatkan. Pihak travel yakni Al Bayan Tour and Travel yang berkantor pusat di Jalan Balai Pustaka Timur Raya, No 39 Blok B5, Rukan Balai Pustaka Indah, Rawamangun, Jakarta timur akhirnya mengakui kalau pihaknya tak dapat memberangkatkan calon jamaah haji karena gagal mendapat kuota.

Sampai Jumat (19/10) malam, sebagian besar calon jamaah haji masih bertahan di Hotel Mega Matra. Mereka menunggu pengembalian uang naik haji yang sudah mereka bayarkan penuh. Pihak travel menjanjikan uang akan dikembalikan,  Senin (22/10).

Sementara itu,   22 calon jamaah haji  ONH Plus Jember akhirnya dijanjikan berangkat tahun depan. Janji itu diungkapkan oleh pihak Travel Isbir di Surabaya. Selain itu ke-22 calhaj diberi fasilitas tambahan berupa umroh pada Februari 2013 mendatang. Salah seorang calhaj, Sakri mengatakan, pihak travel Isbir telah memberi janji akan memberangkatkan umroh tahun depan bagi yang gagal berangkat tahun ini.

“Bahkan untuk meyakinkan kami, pihak travel telah memberikan pernyataan itu di atas kertas,” tambah Sakri kepada detiksurabaya.com saat baru tiba di KBIH Al Qodiri, Minggu (21/10).

Sakri mengaku lega dengan adanya ganti rugi dari pihak Isbir tersebut. Meski dirinya tidak bisa berangkat sekarang, dirinya bersedia menunda keberangkatan hajinya tahun depan. Apalagi masih ditambah fasilitas umroh.

5.000 calon haji non-kuota

Sebanyak 5.000 calon jamaah haji non kuota  gagal berangkat. “Sejak Selasa (16/10) kami di hotel. Namun tidak ada kepastian,” kata calon haji asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Muslimin, yang mewakili teman-temannya di sebuah hotel di Jakarta.

Calon jamaah haji tersebut antara lain berasal dari Sulawesi, Kalimantan dan Jawa. Muslimin tidak mengetahui mengapa mereka sampai tidak bisa memperoleh visa. Padahal, katanya, pada tahun sebelumnya haji nonkuota bisa berangkat.

Pihak biro perjalanan, tuturnya, mengaku sudah mendapat jaminan dari Kedubes Arab Saudi bahwa mereka akan memperoleh visa. “Kami sedih sekali, sudah mengadakan acara pelepasan di tempat masing-masing sebelum berangkat ke Jakarta,” ujarnya didampingi calon jamaah lainnya.

Sementara itu Ketua Umum Koordinator Nasional Indonesia Bisa A Asrun Tonga mengakui bahwa ia menerima banyak laporan yang mengatakan banyak calon jamaah haji nonkuota tidak bisa berangkat karena tidak memperoleh visa. Jumlahnya bisa mencapai 5.000 orang.

“Saat ini banyak calon haji yang tersebar di hotel-hotel di Jakarta menunggu kepastian,” ujarnya.

Menteri Agama Surya Dharma Ali pernah mengatakan haji yang tidak melalui jalur resmi (nonkuota) tak akan lolos di imigrasi dan akan diatur pada musim haji kali ini. “Haji nonkuota jangan sampai lolos dari imigrasi, itu akan diatur sedemikian rupa,” ujarnya.

Haji nonkuota adalah haji yang visanya diberikan oleh pihak Arab Saudi tetapi tidak melalui kuota resmi lewat Kementerian Agama. Jadwal terakhir calon jemaah haji kuota adalah pada 21 Oktober 2012. (dik)

***

Haji Non Kuota, Penyebab Gagal Berangkat Haji

Setiap tahun ratusan ribu jamaah haji dari tanah air berangkat ke tanah suci dan setiap tahun pula ribuan calon jamaah indonesia gagal berangkat, kenapa?

Hal ini banyak terjadi disebabkan karena jamaah menempuh jalur non kuota yang oleh Depag sering disebut haji romli ( rombongan liar ), jamaah haji ini tidak terdata di Depag namun bisa berangkat karena mengandalkan visa dari kedubes Saudi, pihak imigrasi tidak bisa mencegah “haji romli” ini hingga sekarang, kalaupun berhasil berangkat banyak yang terlantar di sana.

Haji nonkuota ini banyak muncul karena pihak jamaah sendiri yang ingin segera bisa berangkat, saat daftar haji mereka ingin langsung tahun ini juga atau tahun depan berangkat, padahal sebenarnya mereka mesti antri bertahun-tahun bila memakai jalur resmi Depag (haji kuota), akhirnya pihak travel penyelenggara cari jalan lain dengan haji non kuota.

Kegagalan berangkat haji juga banyak terjadi dikarenakan adanya jamaah yang sakit atau hamil.( travel-haji-plus-dan-umroh.)

(nahimunkar.com)

(Dibaca 620 kali, 1 untuk hari ini)