Jakarta (SI Online) – Forum Umat Islam (FUI) mendesak Pelaksana teknis (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk memecat Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Lasro Marbun yang telah mengeluarkan surat edaran penggantian seragam Muslim di hari Jumat dengan busana adat Betawi. 


“Penghapusan itu menunjukkan tindakaan bodoh Kepala Disdik yang sekaligus menunjukkan permusuhannya kepada tradisi yang sudah berlaku puluhan tahun di sekolah-sekolah Jakarta dan daerah-daerah lainnya,” kata Sekjen FUI KH Muhammad Al Khaththath dalam pernyataannya yang diterima SI Online, di Jakarta, Ahad (27/7/2014). 

Untuk meredam kemarahan umat Islam DKI Jakarta secara umum dan orang tua siswa secara khusus, FUI meminta supaya kebijakan yang tidak bijak itu segera dibatalkan. Selain itu seluruh pejabat yang terlibat dalam persekongkolaam jahat menghapus tradisi pakaian Muslim tiap Jumat itu juga diminta supaya segera dipecat dari jabatannya. 

Kepada ormas-ormas Islam, FUI mengimbau supaya segera mengajukan surat protes dan menuntut pembatalan kebijakan yang disebutnya bodoh itu. 

“Kami menghimbau seluruh ormas Islam dan para pimpinan lembaga-lembaga Islam mengajukan surat protes dan menuntut pembatalan  kebijakan yang bodoh itu. Semoga Ahok segera meralat kebijakan tersebut sebelum badai protes umat Islam menyerbu kantornya,” pungkasnya.

Sebelumnya beredar di jejaring sosial Surat Edaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 48/SE/2014 tertanggal 14 Juli 2014 tentang peraturan baru Seragam Sekolah. Surat itu mensosialisasikan Permendikbud Nomor 45 tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Surat itu ditandatangani oleh Kadisdik DKI Jakarta Lasro Marbun.

Surat ini tengah mengakibatkan keresahan di tengah umat Islam Jakarta, khususnya para orang tua siswa. Pasalnya, surat edaran Dinas Pendidikan itu mengharuskan siswa menggunakan seragam Betawi (sadariah untuk pria dan encim untuk wanita) pada hari Jumat. Padahal sebelumnya siswa-siswi di sekolah telah terbiasa menggunakan seragam Muslim pada hari tersebut.

red: shodiq ramadhan

(nahimunkar.com)

(Dibaca 3.144 kali, 1 untuk hari ini)