Washington (lasdipo.com) – Sebuah lembaga pertahanan di Washington, memprediksi bahwa perang AS melawan IS dan mujahidin lain di Suriah dan Irak bisa mengabiskan sekitar US$1,8 miliar atau sekitar Rp22 triliun per bulan.

Estimasi biaya perang semahal itu dihitung oleh Pusat Strategis dan Penilaian Anggaran (CSBA). Sejak perang AS melawan mujahidin Sunni diluncurkan, CSBA menghitung AS menghabiskan dana hingga US$930 juta hingga 24 September 2014 lalu.

”Biaya operasi di masa depan terutama tergantung pada bagaimana operasi panjang terus dilakukan, intensitas operasi udara, dan apakah ada pengerahan pasukan darat di luar yang sudah direncanakan,” bunyi laporan CSBA, Rabu (30/9/2014), seperti dikutip Reuters.

Informasi CSBA berasal dari veteran militer AS dan informasi langsung dari Pentagon. Jumlah biaya yang dikeluarkan AS dalam perang melawan mujahidin saat ini berkisara antara US$200 juta hingga US$320 juta, dengan asumsi biaya operasi udara dan kemungkinan pengerahan 2 ribu pasukan darat.

Ya Allah kuatkan barisan mujahidin, satukan hati mereka dan hancurkanlah barisan Amerika bersama seluruh pendukungnya.. Aminn…

Rep: aiman
Editor: aiman

(br/nahimunkar.com)

(Dibaca 510 kali, 1 untuk hari ini)