Hasil Demo 4 November – Perhatian hampir seluruh elemen masyarakat tertuju pada demo untuk mempetisi Ahok atas dugaan penistaan agama yang digelar di Jakarata hari ini, Jumat, 4 November 2016.

Para demonstran yang tergabung dari berbagai Ormas Islam tersebut menyambangi Istana Merdeka Jakata.

Awalnya perwakilan demonstran, Bachtiar Nasir dari Gerakan Nasional Pengawal Fatma MUI, Misbachul Anam diterima oleh Menko Polhukam, Wiranto.

Namun perwakilan demonstran menolak. Mereka ingin menyampaikan langsung kepada presiden Joko Widodo.

Jokowi tidak ada di Istana, Persiden RI ke-7 itu tengah melakukan kunjungan ke Bandara Soekarno Hatta terkait pembangunan Kereta Bandara.

Para demonstran pun gagal bertemu dengan Presiden yang terkenal dengan gaya “Blusukan” itu.

Akhirnya para demonstran yang sebelumnya sudah masuk ke halaman Istana Merdeka pun ditemui oleh Wapres Jusuf Kalla.

Pertemuan ini diikuti perwakilan demo Bachtiar Nasir dari Gerakan Nasional Pengawal Fatma MUI, Misbah dan sejumlah pejabat negara di antaranya Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo termasuk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Pertemuan digelar sekitar pukul 17.40 WIB, Jumat (4/11/2016) di Kantor Wapres Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Sebelumnya perwakilan demo ini lebih dulu masuk ke Istana Merdeka.

Hasil pertemuan yang berlangsung kurang dari 1 jam itu, Wapres Jusuf Kalla menegaskan bahwa proses hukum Ahok akan ditindak secara tegas tidak pandang bulu dan akan di proses secara tepat dan cepat dalam waktu 2 minggu.

Bachtiar Nasir dari Gerakan Nasional Pengawal Fatma MUI mengatakan bahwa pihak keamanan terlah melaksanakan tugasnya dengan baik, mengawal jalannya unjuk rasa.

Bachtiar pun memahami, kesibukan Persiden Joko Widodo sehingga tidak dapat menemui rakyatnya yang berbondong-bondong datang ke Jakarta.

“Kami tahu Bapak (Presiden) sangat sibuk, kami tahu Bapak punya urusan penting, kami hargai Bapak sebagai simbol negara kami tidak akan menistakan merah putih tapi sayangilah rakyat, tetapi janganlah tumpahkan darah rakyat pada hari ini,” kata Bachtiar Nasir.

Sekitar pukul 19:00 WIB. Masa sudah berangsur membubarkan diri, stasiun Gondangdia pun mulai dipadati demonstran yang hendak pulang.

Demo 4 November 2016 ini juga dijadwalkan sebelumnya berakhir pukul 18:00 WIB. Namun hingga pukul 20:12 WIB, masih banyak massa yang berada di lokasi.

Keadaan mulai tidak kondusif, Polisi terpaksa harus membubarkan demo yang tadinya damai secara paksa.

By kiki amalia – November 4, 2016

Sumber : ketemulagi.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.919 kali, 1 untuk hari ini)