Heboh Khatib Masjidil Haram Syekh Baleelah Diserang Lelaki yang Mengaku Imam Mahdi Al Muntadhar

  • Heboh Khatib Masjidil Haram Diserang, Ini Kronologinya

Silakan simak ini.

***

 

Penyerang Imam Masjidil Haram Mengaku Imam Mahdi Al Muntadhar

Ilustrasi Masjidil Haram. (GLady dari Pixabay )

MEKAH,– Investigasi awal Kepolisian Makkah, sebagaimana diterima media Arab Saudi Al Watan, menyebut penyerang yang berusaha naik ke mimbar di Masjidil Haram dan menyerang khatib Jumat, Syekh Baleelah diketahui adalah pria berusia 40 tahun. 

Saat ditangkap petugas, pelaku mengaku dirinya sebagai Sang Imam Mahdi Al Muntadhar (yang dinantikan). Pelaku berhasil ditangkap petugas saat hendak menyerang dengan berusahan naik mimbar sembari membawa tongkat (sebelumnya diberitakan membawa pedang). 

Sebelum berhasil mencapai mimbar dan mencelakai Syekh Baleelah, ia telah lebih dahulu ditangkap oleh pihak keamanan Masjidil Haram dan telah dilakukan investigasi dan penyelidikan oleh pihak berwajib.   

Pasukan keamanan Masjidil Haram di Makkah lantas menginformasikan kejadian ini kepada Jaksa Penuntut Umum. Pihak berwenang lantas menyebut akan melakukan verifikasi atas kondisi kesehatannya.  

Pada Jumat (21/5) lalu, seorang pria bersenjata diketahui menyerang Imam Masjidil Haram, Jumat (21/5). Kejadian berlangsung saat Imam Masjid membawakan khutbah Jumat.

Kejadian tersebut juga terekam kamera dan disebarluaskan di media sosial antara lain akun Twitter @hsharifain dengan keterangan gambar “VIDEO: Upaya seorang pria untuk mendekati Khotib selama Jumat Khutbah digagalkan oleh petugas keamanan.” Akun tersebut yaitu  https://twitter.com/hsharifain/status/1395775145130790922

Dilansir di Al Watan, Sabtu (22/5), Imam Masjid ini diketahui bernama Syekh Baleelah. Penyerang kala itu memakai pakaian ihram dan berlari ke arahnya. Insiden ini segera dikendalikan pihak keamanan dan dilaporkan tak ada korban jiwa

ayosurabaya.com 23 Mei 2021 Andres Fatubun

***

Heboh Khatib Masjidil Haram Diserang, Ini Kronologinya

Foto: Imam Masdijil Haram, Syekh Bandar Al Baleelah, diserang pria bersenjata. Peristiwa penyerangan itu terjadi saat dia sedang ceramah Salat Jumat, (21/5/2021). (Dok: Twitter Haramain/@Haramaininfo)

Jakarta, CNBC Indonesia – Seorang pria berusaha menyerang khatib salat Jumat di Masjidil Haram, Makah, Arab Saudi, Jumat (21/5/2021). Khatib saat itu adalah Syeikh Bandar Al Baleelah, yang termasuk imam di Masjidil Haram.

Hal ini diketahui dari Twitter Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kemarin, Sabtu (22/5/2021). Lalu, apa yang terjadi?

Mengutip Gulft Today, kejadian ini bermula saat seorang pria tak diketahui identitasnya tiba-tiba menerobos dan berupaya menyerang mimbar yang menjadi lokasi imam menyampaikan khorban Jumat. Pria itu membawa sebuah tongkat saat berlari mendekati mimbar.

Pada saat kejadian, diketahui Syeikh Bandar Al Baleelah menggunakan pakaian putih, sementara para jamaah menggunakan pakaian ihram. Ia akhirnya diamankan petugas keamanan.

“Pria itu, mengenakan ihram dan mengacungkan tongkat, dengan cepat ditangkap dan prosedur hukum terhadapnya telah dilakukan,” kata Kepolisian Mekah.

Motif di balik percobaan penyerangan ini belum diketahui secara jelas. Para pengguna media sosial Saudi memuji kesigapan petugas keamanan Masjidil Haram dalam insiden ini.

Foto: Imam Masdijil Haram, Syekh Bandar Al Baleelah, diserang pria bersenjata. Peristiwa penyerangan itu terjadi saat dia sedang ceramah Salat Jumat, (21/5/2021). (Dok: Twitter Haramain/@Haramaininfo)
Imam Masdijil Haram, Syekh Bandar Al Baleelah, diserang pria bersenjata. Peristiwa penyerangan itu terjadi saat dia sedang ceramah Salat Jumat, (21/5/2021). (Dok: Twitter Haramain/@Haramaininfo)

.cnbcindonesia.com, NEWS – sef, CNBC Indonesia

 23 May 2021 07:20

(nahimunkar.org)

(Dibaca 245 kali, 2 untuk hari ini)