parents.com


Apa yang terdapat dalam pembalut wanita?

Jakarta, IDN Times – Kenakalan remaja saat ini sudah mencapai titik di mana mereka mabuk dengan mengonsumsi air rebusan pembalut wanita. Air rebusan pembalut itu rupanya menimbulkan efek ‘fly’ dan halusinasi seperti menggunakan obat-obatan terlarang.

Sudah ada beberapa laporan yang berasal dari daerah Jawa dan Jakarta mengenai remaja-remaja yang kecanduan meminum air rebusan pembalut, namun belum diketahui pasti siapa penggagas pertama yang memunculkan ide anti-mainstream ini.

Badan Narkotika Nasional (BNN) juga sudah ikut turun tangan dalam mendalami kasus ini. Masyarakat pun mempertanyakan kandungan apa yang terdapat dalam pembalut wanita sehingga dapat menimbulkan efek bak narkotika berbahaya di kalangan remaja belakangan ini. Apa saja bahan-bahan yang tekandung dalam pembalut pada umumnya? Berikut penjelasannya.

1. Klorin

wikimedia.org/W. Oelen

Zat klorin dapat memutihkan air, kertas, pakaian, dan sebagainya. Namun Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sebelumnya sudah mengumumkan bahwa penggunaan klorin sebagai pemutih ini berbahaya bagi kesehatan sehingga dilarang untuk makanan dan obat-obatan.

Zat klorin ini pun dapat diganti dengan bahan yang chlorine-free atau bebas klorin. Penggunaan zat klorin dengan kadar yang sangat kecil juga masih dapat digunakan, seperti yang dilakukan di negara Amerika.

LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH

2. Gel penyerap

Berbagai sumber

Dikutip dari The Healthy Home Economist, produk-produk pembalut biasanya terbuat dari bahan katun atau campuran katun dan rayon atau serat selulosa yang terbuat dari bubur kayu yang dapat menyerap.

Kandungan penyerap dalam pembalut sendiri biasanya berbentuk gel yang berfungsi untuk menyerap dan menampung cairan dalam volume tertentu, sehingga pembalut juga harus diganti secara teratur.

3. Pewangi

pixabay.com/Mareefe

Beberapa produk pembalut yang beredar juga memiliki kandungan pewangi untuk mengurangi bau yang kurang sedap. Tentunya penggunaan pewangi ini harus yang sudah teruji aman bagi kulit, terutama untuk di area kewanitaan yang cukup sensitif.

BNN masih mendalami kasus remaja mabuk dengan air rebusan pembalut wanita ini. Para ahli pun masih menyelidiki kandungan dalam pembalut mana yang memberi efek ‘fly’ dan halusinasi, dan apakah air rebusan tersebut diberi tambahan obat-obatan lainnya.

Oleh : Angelia Nibennia Zega

Sumber : idntimes.com

(nahimunkar.org)

(Dibaca 1.578 kali, 1 untuk hari ini)