Hercules Rosario Marshal alias Hercules merupakan ‘penguasa’ kawasan Tanah AbangJakarta, pada masa lalu.

Tanah Abang sebagai salah satu pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara punya daya tarik tersendiri bagi para preman.

Preman di Tanah Abang mendapatkan uang dengan beragam cara seperti dari jasa parkir, keamanan, dan kebersihan.

Hercules dikenal sebagai preman paling sangar di kawasan Tanah Abang. Namanya bahkan dikenal di seantero Jakarta.

Hercules dan kelompoknya sudah beroperasi di Tanah Abang sejak dekade 1980-an.

Hercules juga dikenal sebagai preman yang tidak takut mati. Hercules pernah bersaksi bahwa dia sudah pernah dibacok sebanyak 16 kali tapi tetap selamat.

Teranyar, Hercules mendekam di balik jeruji besi setelah terlibat kasus penyerobotan lahan.

Usai keluar dari penjara, Hercules meninggalkan dunia ‘hitam’ yang dahulu dijalaninya. Hal itu sebagaimana dikabarkan oleh tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Irfan Asy’ari Sudirman Wahid atau akrab disapa Gus Ipang Wahid.

 

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @ipangwahid pada 2 September 2021, Gus Ipang menuturkan bahwa Hercules telah bertobat dan aktif dalam kegiatan sosial.

Hercules bahkan mendirikan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang bergerak di bidang sosial bernama Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB).

“Saya tidak perlu lagi menceritakan siapa kawan satu ini. Yang saya ingin ceritakan adalah, ternyata Bung Hercules ini memiliki jiwa kepedulian sosial yang sangat tinggi. Apalagi sejak beliau bertobat dan memilih jalan agama,” kata Gus Ipang dalam unggahannya.

Saking takjubnya dengan perubahan Hercules, Gus Ipang mengatakan bahwa dirinya serasa sedang menonton kisah di film-film.

“Mendengar kisah Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) itu seperti menonton film. Banyak yang nggak terbayangkan. Inilah yang menginspirasi saya,” ucap Gus Ipang.

“Membangun banyak mesjid tanpa koar-koar. Memberi makan fakir miskin tanpa pemberitaan Apalagi mimpinya untuk membantu para pedagang kecil dan UMKM.”

 
 

Gus Ipang mengaku malu dengan dirinya sendiri ketika melihat Hercules sangat bersungguh-sungguh memperbaiki diri dalam kehidupannya sekarang.***

Rio Rizky Pangestu

PIKIRAN RAKYAT –

– 25 September 2021, 16:39 WIB

(nahimunkar.org)

 

(Dibaca 200 kali, 1 untuk hari ini)