Raef Badawi

.

Jeddah (SI Online) – Pendiri jaringan Islam liberal Saudi, Raef Badawi divonis hukuman sampai 10 tahun penjara dan 1.000 kali cambukan atas tuduhan menghina Islam oleh pengadilan Saudi pada Rabu (7/5/2014) lalu.

Selain itu, Badawi yang juga pendiri kelompok HAM ini telah berada dibalik jeruji sejak Juni 2012, diperintahkan untuk membayar denda sebesar satu juta riyal, ungkap kepala jaringan liberal Saudi, Suad al-Shamari.

Badawi telah dijatuhi hukuman pada bulan Juli 2013 dengan lebih dari tujuh tahun penjara, di samping 600 cambukan, karena menghina Islam. Ia telah mengkritik peran polisi agama negara tersebut.

Sebelum penangkapannya, jaringan Badawi telah mengumumkan “hari liberalisme” dan menyerukan untuk mengakhiri pengaruh agama terhadap kehidupan masyarakat di Arab Saudi.

Badawi dikenal sebagai tokoh yang kerap menghina Islam. Sebelumnya, pendiri situs Saudi Liberal Network (SLN) ini juga dihukum karena situsnya menyebarkan kebencian terhadap Islam. Namun situs tersebut akhirnya ditutup berdasarkan perintah Pengadilan Negeri Jeddah. 

red: adhila/dbs

(nahimunkar.com)