Seorang politikus Swedia dari partai Sweden Democrats, Martin Strid, dipecat oleh partainya, Ahad (26/11). Ia dipecat setelah dihujani kecaman dari berbagai kalangan politisi di negaranya setelah ia dianggap rasis karena menghina umat Muslim.

Pemecatan Strid bermula ketika dirinya menghadiri acara Forum yang disiarkan televisi pemerintah Swedia, SVT. Dalam acara tersebut Strid mengeluarkan pernyataan yang dianggap rasis dan menghina umat Muslim. “Orang-orang Muslim tidak sepenuhnya manusiawi,” ujar Strid dalam acara tersebut, seperti dikutip laman Anadolu Agency.

Tidak diterangkan secara terperinci perihal topik apa yang tengah dibahas SVT dalam programnya tersebut. Namun pernyataan Strid segera menyulut kecaman dari berbagai kalangan politisi di Swedia.

Pemimpin Liberal Party Swedia, Jan Bjorklund mengecam pernyataan Strid. Ia menyebut pernyataan Strid bias dan sangat rasis. Hal senada pun diungkapkan pemimpin Center Party Annie Loof dan pemimpin Left Party Jonas Sjostedt. Keduanya menilai Strid telah menyebarkan rasisme melalui pernyataannya tentang Muslim.

Tak hanya dari kalangan politisi, kecaman pun datang dari berbagai kelompok dan komunitas Muslim di Swedia. Mereka memprotes pernyataan Strid dan menudingnya telah menyebarkan kebencian.

Setelah berbagai kecaman dan protes bermunculan, MartinStrid segera dipecat oleh partainya. Sweden Democrats adalah partai yang memiliki 49 kursi dari 349 kursi yang terdapat di parlemen Swedia.(aya/rep)

Sumber : kabarsatu.news

(nahimunkar.org)

(Dibaca 267 kali, 1 untuk hari ini)