Rabu, 29/10/2014 20:44 WIB

Jakarta Ratusan jamaah haji baru selesai mengikuti kuliah subuh saat puluhan mobil haram captor mondar mandir di halaman masjid Nabawi. Mobil ini hanyalah satu dari sarana canggih di sekitar masjid Nabawi.
Deru mesin haram captor itu memancing perhatian sejumlah jamaah yang baru mengikuti kuliah shubuh di Masjid Nabawi, Madinah, Rabu (29/10/2014). Sejumlah jamaah haji pun memotret mobil setinggi dua meter itu.
Mesin tersebut tak lain adalah mesin pembersih lantai halaman luar Masjid Nabawi. Bentuknya seperti mobil yang dilengkapi alat penyapu, penyemprot air plus pengering lantai. Sopir membawa mobil melaju cukup kencang bak bom bom car yang melaju di arena nan luas.
Bentuknya memang mirip bom bom car khususnya bagian bumpernya. Tapi tentu saja tidak bisa diadu banteng bak mobil mainan itu. ‘Nguung,’ begitu suaranya. Sekali libas saja, lantai marmer Masjid Nabawi kinclong.

Haram raptor hanya satu dari banyak mesin yang disiagakan di Masjid Nabawi. Untuk mengurus masjid Masjid Nabawi yang luas memang memerlukan pengurus yang tak sedikit. Ada ratusan petugas kebersihan di Masjid Nabawi yang bersiaga setiap harinya untuk menjaga masjid bersejarah ini tetap bersih.

Semua bagian Masjid Nabawi dijaga kebersihannya. Termasuk puluhan payung raksasa yang jadi icon masjid terpenting di Kota Nabi ini. Pembersih payung raksasa tersebut pun alat yang cukup canggih.
Pembersih payung Masjid Nabawi mirip dengan alat berat yang biasa digunakan pemadam kebakaran. Yang unik, sopirnya berada di ujung belakang alat ini. Mengendalikan alat ini tentu tidak mudah.
Saat membersihkan bagian bawah payung, ujung belakang alat itu naik menjadi tangga untuk pijakan. Saat membersihkan bagian atas payung, petugas kebersihan naik ke atas payung sembari membawa alat pembersih. Payung raksasa Masjid Nabawi ternyata cukup kuat dinaiki petugas kebersihan.
Alat-alat tersebut hanya sebagian kecil perlengkapan mutakhir yang dioperasikan untuk membersihkan Masjid Nabawi. Masjid Nabawi sendiri cukup banyak perlengkapan canggih dan fasilitas lengkapnya. Ikuti terus ulasan khas detikcom berikutnya.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 676 kali, 1 untuk hari ini)