Shoutussalam.com – Husein Al-Habsyi, seorang Habib asal Bangil, terkenal sebagai pengkader agama Syiah Rafidhah terbesar di Indonesia. Dari pesantrennya, telah lahir banyak alumni yang merupakan pionir-pionir dai agama Iran ini di Indonesia. Namun, mantan orang kedua YAPI Bangil sekaligus murid Husein, KH. Mudzakir, menyebut Husein Al-Habsyi sebagai pengikut Syafiiyah, bukan Syiah.

Namun di jejaring video Youtube.com, telah lama beredar rekaman yang disebut menunjukkan Husein dengan khidmat mengikuti majelis Husainiyah Khomeini. Video yang diunggah di 2011 tersebut memperlihatkan seorang kakek yang sangat mirip dengan Husein Al-Habsyi mengangkat tangannya seperti sedang khusyu’ berdoa. Video tersebut dapat ditengok di sini.

Husein Al-Habsyi dikenal sangat terinspirasi revolusi Iran. Sebelum terjadi revolusi Syiah tersebut, Al-Habsyi disebut lebih banyak terilhami gerakan Ikhwanul Muslimin. Namun setelah terjadinya peristiwa 1979 yang diotaki Khomeini tersebut, pandangan pendiri pesantren Al-Ma’hadul Islam ini berubah drastis.

Tidak mengherankan jika banyak aktivis kala itu terkesima dengan ajaran Habib ini. Hal ini disebabkan dalam pidato-pidatonya, mantan pengurus Masyumi ini banyak mengajak pendengarnya untuk anti-Amerika, anti-Israel, bahkan anti terhadap pemerintahan Soeharto. Namun tentu saja, sebagaimana perilaku Khomeini dan pengikutnya yang lain, sikap-sikap ini lebih didasari pada kebencian politis semata. [sksd] http://shoutussalam.co/ Sabtu, 27 Dzulhijah 1434 Berita Lokal

(nahimunkar.com)

(Dibaca 25.235 kali, 1 untuk hari ini)