Oleh Sodikin Maulana — 9 Zulkaedah 1434 / 14 September 2013 14:33


islamphobia conference1 Inilah Hasil Konferensi Islamophobia Internasional

KONFERENSI Internasional tentang Islamophobia bertajuk: Hukum dan Media, yang diselenggarakan pada 12-13 September di Grand Tarabya Hotel Istanbul, dilaporkan telah berakhir pada hari Jumat (13/9).

Konferensi ini digelar oleh Direktorat Jenderal Pers dan Informasi (BYEGM) Turki dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

“Islamophobia dianggap sebagai isu HAM, karena implikasinya pada intoleransi, pengucilan, dan diskriminasi, yang berujung pada kebencian dan kejahatan terhadap Muslim,” kata Direktur Jenderal BYEGM, Murat Karakaya.

Karakaya mengatakan bahwa hubungan antara Islamophobia dengan HAM dan hukum universal tampaknya menjadi hal penting untuk dikritisi.

Hasil konferensi ini menekankan bahwa media bertanggung jawab langsung atas penyebaran Islamofobia dan masalah-masalah sosial yang cenderung untuk memicu kebencian ini.

“Representasi anti-Muslim melalui gambar dan bahasa yang digunakan oleh media visual, cetak, dan sosial memainkan peran yang efisien dalam menciptakan dampak sosial Islamophobia,” tambah Karakaya.

“Kami berharap pengetahuan, kemauan, dan tekad yang muncul dari konferensi ini dapat berimplikasi pada tindakan yang lebih baik dan konstruktif,” tambahnya. [sm/islampos/wb]

(nahimunkar.com)

(Dibaca 845 kali, 1 untuk hari ini)