somalia 1 somalia 2Gideon Mendel/CORBIS

 Manusia meregang nyawa kelaparan tergelepar bagai anai anai bertaburan. Pengungsi Somalia Meregang Nyawa Kelaparan./  ruanghati.com

  • Kelaparan di Somalia yang merupakan salah satu negara Islam di Afrika ini disebabkan oleh kekeringan yang parah, sehingga memperlambat produksi bahan makan dan menaikkan harga bahan makanan.
  • Lembaga yang dibiayai pemerintah Amerika Serikat memberitakan (dengan suara miring?) bahwa keadaan diperparah dengan konflik bersenjata, di mana negara-negara Barat menuding kelompok-kelompok Islam bersenjata menghalang-halangi penyaluran bantuan pangan dari negara mereka.
  • عن عبد الله بن عمرو أن رجلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم : أَيُّ الإِسْلاَمِ خيرٌ ؟ قَالَ: تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لـَمْ تَعْرِفُ.  رواه البخاري
  • Dari Abdullah bin Amr (bin ‘Ash) radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: “Amalan Islam apakah yang baik?” Beliau bersabda: “Engkau memberi makan (orang fakir n miskin), dan mengucapkan SALAM kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal.” (HR. Imam Al-Bukhari no. 28).
  • Anjuran memberi makan orang-orang fakir dan miskin, karena hal ini juga termasuk salah satu amalan yg dapat memasukkan seorang hamba ke dalam Surga sebagaimana disebutkan di dalam hadits shohih

Inilah beritanya.

***

Seperempat Juta Rakyat Somalia Tewas Kelaparan

Kamis, 02 Mei 2013

somalia 3Hidayatullah.com—Lebih dari seperempat juta rakyat Somalia meninggal dunia karena kelaparan dari tahun 2010 sampai 2012, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa dilansir Euronews Kamis (2/5/2013).

Laporan yang dipublikasikan hasil kerjasama dengan Famine Early Warning System Network (Fews-Net), lembaga yang dibiayai pemerintah Amerika Serikat, itu mengatakan 258.000 orang tewas akaibat kelaparan, di mana lebih dari separuhnya adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.

Kelaparan di Somalia yang merupakan salah satu negara Islam di Afrika ini disebabkan oleh kekeringan yang parah, sehingga memperlambat produksi bahan makan dan menaikkan harga bahan makanan. Keadaan diperparah dengan konflik bersenjata, di mana negara-negara Barat menuding kelompok-kelompok Islam bersenjata menghalang-halangi penyaluran bantuan pangan dari negara mereka.

Menurut seorang pengurus Fews-Net, kelaparan beberap tahun belakangan ini adalah yang terburuk di Somalia. Tahun 1992, kelaparan mengakibatkan 220.000 orang meninggal dunia. Pada puncak krisis antara bulan Mei dan Agustus 2011, sebanyak 30.000 orang kehilangan nyawa karena lapar.

Pada bulan Februari 2012, bencana kelaparan di Somalia dinyatakan berakhir oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Namun kenyataannya, hingga kini masalah itu belum berhasil diringankan.*

 Rep: Ama Farah
Red: Dija/ hdytllh

***

KEUTAMAAN MENYEBARKAN SALAM (dan memberi makan) DIANTARA KAUM MUSLIMIN

Posted on April 16, 2013 |

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

عن عبد الله بن عمرو أن رجلاً سَأَلَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم : أَيُّ الإِسْلاَمِ خيرٌ ؟ قَالَ: تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لـَمْ تَعْرِفُ.  رواه البخاري

Dari Abdullah bin Amr (bin ‘Ash) radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Bahwasanya seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: “Amalan Islam apakah yang baik?” Beliau bersabda: “Engkau memberi makan (orang fakir n miskin), dan mengucapkan SALAM kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal.” (HR. Imam Al-Bukhari no. 28).

(*) BEBERAPA PELAJARAN PENTING DAN FAEDAH ILMIYAH YANG DAPAT DIAMBIL DARI HADITS INI: 

1. Mengucapkan SALAM dan membudayakannya diantara kaum muslimin merupakan salah satu amalan  SUNNAH yg sangat dianjurkan di dlm agama Islam.

2. Hukum menjawab SALAM adalah WAJIB.

3. Ucapan SALAM yg syar’i dan sempurna ialah:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

“Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.”

» BOLEH juga mengucapkannnya dengan kalimat yg lebih singkat:

“Assalamu’alaikum warahmatullah” atau “Assalamu’alaikum”.

4. Mengucapkan Selamat pagi atau selamat sore atau selamat siang atau selamat malam (atau dlm bahasa Inggris “Good Morning, Good Afternoon, Good Night, Good By, Good Bless) bukanlah ucapan penghormatan yang disyari’atkan dalam Islam. Oleh karenanya, cukuplah bagi kita mengucapkan SALAM yg syar’i yg telah diajarkan oleh Allah n Rasul-Nya, karena di dalamnya terkandung makna doa kebaikan, yaitu:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

“Semoga Allah melimpahkan kepada kalian kesejahteraan (keselamatan), rahmat dan berkah-Nya.”

5. Sangat dianjurkan mengucapkan SALAM kepada orang yang kita kenal maupun yg belum kita kenal, jika kita yakin dia adalah seorang muslim. Karena hukum mengucapkan sala yg syar’I kepada orang NON MUSLIM hukumnya DILARANG dlm agama Islam.

6. Dibolehkan bagi kita menyampaikan SALAM kepada sesama muslim dengan isyarat tangan disertai mengucapkan SALAM jika kita mengira bahwa saudara kita tidak mendengar ucapan SALAM dr kita.

7. Dianjurkan pula mengucapkan SALAM ketika kita akan memulai pembicaraan dengan saudara kita melalui pesawat telpon maupun selainnya.

8. Menyebarkan n membudayakan ucapan SALAM diantara kaum muslimin merupakan sebab masuk Surga dengan selamat.

» Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam (yg artinya):

“Wahai segenap manusia, sebarkanlah ucapan SALAM (diantara kalian), sambunglah tali silaturahmi, berilah makan (orang2 fakir n miskin, pent), dan lakukanlah sholat malam (tahajjud) ketika manusia pada tidur, niscaya kamu akan masuk Surga dengan selamat (n sejahtera).”

9. Menyebarkan n membudayakan ucapan SALAM diantara kaum muslimin merupakan sebab masuk tumbuhnya rasa saling mencintai diantara kaum muslimin.

» Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam (yg artinya):

“Kalian tidak akan masuk Surga sehingga kalian beriman (kpd Allah). Dan kalian tidaklah beriman (dengan sempurna) sehingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kpd kalian tentang suatu amalan yg aapabila kalian melakukannya, niscaya kalian akan saling mencintai? (Beliau bersabda) : “Sebarkanlah ucapan SALAM diantara kalian.”

10. Anjuran memberi makan orang-orang fakir n miskin, karena hal ini jg termasuk salah satu amalan yg dapat memasukkan seorang hamba ke dalam Surga sbgmn disebutkan di dlm hadits shohih di atas (faedah no.8).

11. As-Salaam (السَّلاَمُ) merupakan salah satu nama diantara nama-nama Allah yg indah. Oleh karenanya, TIDAK BOLEH menamai anak dengan nama Allah tsb.

12. TIDAK BOLEH menyingkat kalimat SALAM dalam ucapan maupun tulisan, seperti: assalam wr.wb, atau “Ass. Wr. Wb” atau semisalnya, karena ini bukan kalimat salam yg syar’i n jg tidak terkandung di dlmnya makna doa kebaikan.

Demikian beberapa pelajaran penting dan Faedah ilmiyah yg dapat kita petik dari hadits shohih ini. Semoga menjadi tambahan ilmu yg bermanfaat bagi kita semua. (Klaten, 13 April 2013).

(SUMBER: BlackBerry gROUP Majlis Hadits, chat room Mutiara Hadits Shohih. PIN: 2987565B)/ http://abufawaz.wordpress.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 875 kali, 1 untuk hari ini)