Foto: Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi./ ist

Selain di Darul Hadits Madinah, ia juga termasuk dosen senior dan pertama di Universitas Islam Madinah ketika pertama kali dibuka. Ia mengajar di dalamnya hingga pensiun.

Ia menjadi pengajar di Masjid Nabawi selama 50 tahun. Karya-karya dan keilmuan Syaikh Al-Jazairi dikenal luas. Salah satu yang fenomenal adalah kitab yang ia tulis berjudul “Minhajul Muslim” yang tersebar di negara-negara Arab, hingga ke Nusantara.

***

KIBLAT.NET, Madinah – Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, dosen Universitas Islam Madinah meninggal dunia pada Rabu (15/08/2018) di usia 97 tahun karena penyakit yang diderita. Demikian menurut laporan situs Alkhaleejonline.

Menurut surat kabar “Sabaq” Arab Saudi, shalat jenazah akan dilakukan pada sore hari di Masjid Nabawi. Jenazahnya akan dimakamkan di kuburan Baqi.

Syaikh Al-Jazairi didiagnosa menderita penyakit pneumonia berat tahun lalu. Saat itu ia dilarikan Rumah Sakit Muhammad bin Abdul Aziz untuk menerima perawatan.

Kabar wafatnya langsung mengemuka di media sosial. Netizen menggunakan #وفاه_الشيخ_ابوبكر_الجزايري untuk menyampaikan bela sungkawa serta mendoakannya.

Syaikh Abu Bakar Jabir bin Musa bin Abdul Qadir bin Jabir adalah nama lengkapnya. Namun, ia lebih dikenal dengan nama Abu Bakar Al-Jazairi.

Lahir pada tahun 1921 di desa Lira dekat Tulaqa yang terletak di negara bagian Baskara selatan Aljazair, Syaikh Al-Jazairi dikenal sebagai seorang hafidz Quran dan hafal matan-matan Lughah dan fikih Maliki.

Ia berpindah ke kota Baskara untuk belajar ilmu-ilmu referensial dan logika dan akhirnya menjadi pengajar di salah satu sekolah swasta. Setelah beberapa lama, ia pindah ke kota Madinah bersama keluarganya.

Di Masjid Nabawi ia belajar ilmu syar’i dengan para ulama dan masyayikh. Dari sini ia mendapatkan sertifikat untuk mengajar di sebuah masji di Makkah Al-Mukarramah. Di sana ia mengajar tafsir dan hadits serta ilmu syar’i lainnya.

Syaikh juga mengajar di berbagai sekolah milik Kementerian Saudi, selain di Darul Hadits Madinah. Ia juga termasuk dosen senior dan pertama di Universitas Islam Madinah ketika pertama kali dibuka. Ia mengajar di dalamnya hingga pensiun.

Ia menjadi pengajar di Masjid Nabawi selama 50 tahun. Karya-karya dan keilmuan Syaikh Al-Jazairi dikenal luas. Salah satu yang fenomenal adalah kitab yang ia tulis berjudul “Minhajul Muslim” yang tersebar di negara-negara Arab, hingga ke Nusantara.

Sumber: alkhaleejonline
Editor: M. Rudy / kiblat.net

***

أبو العباس أمين الله

Semoga Allah merahmati Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi….

Pertama Kali mengenal nama beliau adalah saat kelas 3 SMP, dimana Kami belajar Fikih menggunakan kitab Minhajul Muslim, sebuah karya fenomenal beliau.

Semakin dalam mengenal beliau, setelah lulus dari Pesantren selama kurang lebih 2 tahun saya menyampaikan kitab Minhajul Muslim Bab Adab dan Akhlak dihadapan santri2 sebuah Pesantren di Bondowoso.

Kemudian selama 1 tahun (sekitar tahun 2016) saya juga membahas Bab Adab dan Akhlak dari kitab Minhajul Muslim dalam kajian ummahat di Mu’adz bin Jabal Pekalongan.

Kemudian tahun lalu, saya mengajar Fikih kelas 1 & 2 SMA di Al-Andalus menggunakan kitab beliau, dalam bab thoharoh, sholat, puasa, haji dan mu’amalah.

Gaya penulisan beliau dalam kitab tersebut sangat mudah dipahami, sarat akan dalil Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Penerimaan para thullabil ilmi akan karya2 beliau menunjukkan betapa ikhlasnya beliau dalam berdakwah di Jalan Allah. Demikian menurut saya, dan saya tidak mensucikan siapapun dihadapan Allah.

Kini beliau telah pergi meninggalkan Kita, menuju Kekasihnya.

Kepergian beliau artinya berkurang satu ulama yg hidup ditengah2 kita… artinya tercabut sebagian ilmu Allah diatas muka bumi ini.

Ya Allah rahmatilah guru kami, Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi…
Angkatlah derajatnya…
Hapuskanlah dosa-dosanya…
Lapangkanlah kuburnya…
Teguhkanlah beliau dalam menjawab pertanyaan malaikatMu…
Masukkanlah beliau ke dalam ridho-Mu…
Dan jadikanlah beliau dan Kami semua berkumpul dalam surga-Mu…

Via fb  أبو العباس أمين الله

(nahimunkar.org)

(Dibaca 1.407 kali, 1 untuk hari ini)