.

 

 

Kamis, 10 April 2014

Setidaknya 30 orang telah tewas dalam serangan terbaru yang dilakukan oleh milisi Kristen terhadap umat Islam di Republik Afrika Tengah (CAR).

Polisi mengatakan pada hari Rabu kemarin (9/3/2014) bahwa kekerasan di pusat kota Dekoa itu juga telah melukai sepuluh orang.

“Sebagian besar korban adalah warga sipil yang terkena peluru nyasar,” kata seorang sumber polisi.

CAR menghadapi kerusuhan mematikan sejak Desember tahun lalu, ketika milisi Kristen melancarkan serangan-serangan terkoordinasi terhadap sebagian besar kelompok Muslim Seleka yang menggulingkan pemerintah pada Maret 2013.

Milisi Kristen di negeri ini telah melakukan tindak kekerasan terhadap Muslim, sehingga membuat banyak warga Muslim melarikan diri dari negara itu.

Meskipun kehadiran pasukan penjaga perdamaian Prancis dan Afrika di CAR, tetapi mereka tidak mampu menghentikan kekerasan dan bahkan dalam beberapa kesempatan ikut terlibat dalam membunuh warga Muslim. [islampos/www.tribunislam.com]

***

UNHCR Prihatin Serangan Kristen CAR Terhadap Warga Muslim

Sabtu 11 Jamadilakhir 1435 / 12 April 2014 05:51


BADAN pengungsi PBB menyatakan keprihatinan mendalam mereka atas laporan bahwa milisi Kristen di Republik Afrika Tengah (CAR) menyerang warga sipil yang berusaha melarikan diri dari kekerasan.

Juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Melissa Fleming mengatakan hari Jumat kemarin (11/4/2014) bahwa badan tersebut telah mendaftar empat pengungsi yang terluka di Kamerun dalam beberapa hari terakhir, satu dengan tembakan di dada dan tiga lainnya mengalami luka serius akibat bacokan parang.

Laporan menunjukkan kelompok Kristen anti-Balaka menghalangi jalan utama dan menyerang warga sipil yang mencoba melarikan diri dari kekerasan di CAR, sehingga memaksa warga sipil mengambil rute alternatif yang lebih berbahaya di seberang perbatasan.

Sementara ini pejabat PBB pada Kamis lalu mengatakan bahwa hampir 15.000 warga Muslim dilaporkan telah terkepung di ibukota CAR  Bangui oleh milisi Kristen di tengah ancaman pembunuhan dan penjarahan.

Pemerintah CAR sendiri mengakui bahwa mereka hanya bisa melakukan sedikit usaha untuk melindungi umat Islam yang masih dalam bahaya, di tengah banyak yang mempertanyakan apakah pasukan internasional bisa melawan upaya separatis yang dilakukan oleh kelompok bersenjata kristen.

CAR telah mengalami kerusuhan mematikan sejak Desember tahun lalu, ketika milisi Kristen melancarkan serangan-serangan terkoordinasi terhadap sebagian besar kelompok Muslim Seleka yang menggulingkan pemerintah pada Maret 2013 lalu. [fq/islampos/worldbulletin]

***

Menyakiti Umat Islam di dunia dan Indonesia

Umat Islam Indonesia hendaknya sadar, baik di dalam Al-Qur’an maupun dalam kenyataan di dunia dan Indonesia, orang Yahudi dan Nasrani itu tidak rela terhadap Islam kecuali kalau orang Islam ikut millah (agama) mereka.

Kasus penguasa di Jakarta yang Kristen menggusuri masjid-masjid,  juga mengganti kepala-kepala sekolah yang beragama Islam dengan yang Kristen dan aneka ketidak relaannya dengan Islam hingga mau membuka tempat pelacuran telah benar-benar menyakiti Umat Islam.

Benarlah peringatan Allah Ta’ala:

وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَى وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلا نَصِيرٍ (١٢٠)

120. orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)”. dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu. (QS Al-Baqarah: 120).

Al-Qur’an melarang menjadikan orang kafir sebagai teman setia

{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا بِطَانَةً مِنْ دُونِكُمْ لَا يَأْلُونَكُمْ خَبَالًا وَدُّوا مَا عَنِتُّمْ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاءُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ وَمَا تُخْفِي صُدُورُهُمْ أَكْبَرُ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ الْآيَاتِ إِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُونَ } [آل عمران: 118]

“Hai orang-orang yang beriman,  janganlah kamu ambil menjadi TEMAN  KEPERCAYAANMU orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka,  dan apa yang  disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami),  jika kamu memahaminya.” (QS. 3. Aali ‘Imraan : 118).

{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الَّذِينَ اتَّخَذُوا دِينَكُمْ هُزُوًا وَلَعِبًا مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَالْكُفَّارَ أَوْلِيَاءَ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ} [المائدة: 57]

“Hai orang-orang yang beriman,  janganlah kamu mengambil jadi PEMIMPINMU,  orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan,  (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu,  dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Alloh jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.” (QS. 5. Al-Maa-idah : 57).

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.903 kali, 1 untuk hari ini)