Sebagaimana Allah telah memberikan saya kenikmatan laptop, HP Android, koneksi Internet dan sebagainya yang diyakini teman-teman sekalian juga memilikinya bahkan mungkin lebih mahal dan lebih canggih, saya ingin memberitahu beberapa cara agar bisa menikmati banyak sekali kajian-kajian YouTube tanpa harus menontonnya, dan memperingkas pengeluaran bandwidth atau mengirit kuota. Berikut yang akan saya jabarkan secara sederhana:

[1] CARA Download Video (Kajian) YouTube dengan ukuran minimalis

[2] CARA Menyimak Video (Kajian) di Android Tanpa Harus Lihat Secara Visual dan Tanpa Mati Kalau HP Dikunci

[3] CARA Convert Video (Kajian) YouTube Menjadi mp3

[4] Pengumuman kecil

Kita mulai dengan bismillah (memohon semoga Allah menjadikan ini bermanfaat bagi kaum muslimin terutama thullab al-ilm):

========================
[1] CARA Download Video (Kajian) YouTube dengan ukuran minimalis
========================

Minimal yang saya tahu, ada 2 cara:

CARA PERTAMA: kalau punya Internet Download Manager atau software semacamnya, saat buka video di YouTube, akan ada download panel di atas kiri video. Klik kemudian pilih format 3gp quality 144. Ini paling irit. Resolusinya terkecil.

CARA KEDUA: tanpa IDM dsc. Antum perhatikan link videonya. Lalu hapus www dan titiknya, ganti dengan dua huruf saja: ss. Iya. ss saja. Lalu enter. Halaman akan menuju ke situs savefrom.net, menyediakan beberapa pilihan format dan kualitas video yang ingin antum download. Lalu pilih format 3 gp quality 144 saja. Klik kanan atau klik kiri pilihan tersebut, lalu simpan ke PC antum. Ukurannya kecil. Saya kasih contohnya:

Misal antum mau download kajian Kifayatul Akhyar (08) tentang Air Najis yang berdurasi 1 jam 8 menit. Daripada menyimak online, mending download biar bisa dimanfaatkan berulang-ulang tanpa harus menghabiskan banyak bandwidth. Linknya:https://www.youtube.com/watch?v=2sGmZ3PKpUQ

Nah, antum hapus yang ini [https://www.] dan cukup ketik ss sebagai ganti. Seperti begini jadinya:
ssyoutube.com/watch?v=2sGmZ3PKpUQ

Lalu tekan enter!

Kalau halamannya ngadat, freezing, tidak jalan, antum klik tanda ‘reload’ (loading ulang) buat halaman tersebut. Kemudian akan muncul halaman,savefrom.net. Di samping gambar video, ada tulisan DOWNLOAD, kemudian sampingnya ada tulisan format video dan kualitasnya, seperti 720p atau 360p. Coba klik. Lalu akan ada beragam pilihan. Kalau antum mau mengirit, pilihlah yang minimalis: 3GP 144p. Untuk video di atas, ukurannya hanya 18 MB.

Lalu download deh. Alhamdulillah. Mudah.

CARA KETIGA: Buka situs savefrom.net, lalu copas link video kajian yang mau antum download. Enter. Lalu lakukan sesuai petunjuk di cara kedua di atas. Alhamdulillah. MUDAH!

========================
[2] CARA Menyimak Video (Kajian) di Android Tanpa Harus Lihat Secara Visual dan Tanpa Mati Kalau HP Dikunci
========================

Antum mungkin merasa lebih perlu mendengar kajian daripada sambil menontonnya. Karena kalau mendengar kajian dengan headset misalnya, lebih fleksibel. Bisa antum lakukan di mana saja kapan saja. Bisa sambil ngapain saja. Tapi masalahnya, jika aplikasi video player HP Android antum mengharuskan video nyala terus di layar padahal ga ditonton cuma didengar, membuat tenaga batre terbuang sia-sia. Atau, selagi menyimak kajian, antum pengen buka aplikasi lain tapi ga bisa karena yang antum simak adalah file berformat video.

Alhamdulillah. Ada caranya kok. Sejak lama saya memakai cara ini dan sangat bermanfaat (bagi saya).

Caranya begini:

Antum download aplikasi Android bernama MX PLAYER. Ini aplikasi pemutar video terbaik buat Android menurut saya. Sudah punya? Alhamdulillah. Tinggal ikuti petunjuk berikut:

Buka videonya. Saat sedang play, klik saja layar. Akan muncul beragam opsi di atas dan bawah. Kalau mau, antum pause dulu videonya. Perhatikan di sisi kanan atas, ada 4 titik kecil. Klik itu. Lalu akan muncul beberapa opsi. Klik “Play”. Muncul beberapa opsi. Klik centang “Background Play”. Lalu mainkan lagi videonya. Setelah itu, antum bebas. Mau sambil buka PDF, atau aplikasi apapun, video tetap berjalan namun hanya suara saja. Antum lock HP antum pun, tetap berjalan. Alhamdulillah. MUDAH!

Jadi, antum ga harus menunggu mp3 kajian untuk bisa menyimak kajian secara audio. Allah sudah mudahkan buat kita semua, teman-teman. Mari banyak bersyukur.

=========================
[3] CARA Convert Video (Kajian) YouTube Menjadi mp3
=========================

Kurang suka dengan format video? Maunya format mp3 saja? Bisa. Gunakan jasa beberapa situs video-to-mp3 converter. Hanya saja, biasanya kan kajian itu di atas 30 menit. Nah, mayoritas situs yang menyediakan layanan converting, tidak menerima converting video di atas 20 menit. Tapi beberapa situs alhamdulillah BISA! Saya rekomendasikan situs ini:

http://convert2mp3.net/en/index.php

Buka situs itu. Lalu copas saja link video kajian YouTube yang antum mau ubah jadi mp3. Pilih format mp3. Bisa juga kalau mau ke format audio lainnya. Tapi mp3 saja biar aman. Sudah? Klik convert. Tunggu saja. Nanti setelah file sudah jadi, situs menyediakan kesempatan buat antum untuk mengedit nama file. Bahkan file sudah bisa diputar. Ada playernya. Boleh skip atau continue. Skip saja. Lalu halaman berganti, antum tinggal download.

Minusnya cara ketiga ini:

  1. Ukuran file mp3 tersebut lebih besar daripada ukuran file video 3gp 144p; ini ditimbang kalau antum mau mengirit bandwidth supaya kuota ga cepat habis.
  2. Antum menunggu proses converting dulu. Tergantung panjangnya durasi file. Untuk yang video kajiannya berdurasi 30 menit misalnya, paling 1,5 menit menunggu.

Tapi kalau antum lebih suka menyimak mp3 daripada memakai cara pertama dan kedua di atas, maka cara ketiga ini saya rekomendasikan buat antum.

==================
[4] Pengumuman kecil
==================

Kami punya kajian-kajian kitab ulama alhamdulillah. Rutin dan insya Allah konsisten terus berlangsung. Untuk kajian kitab al-Qawa’id al-Mutsla, at-Tafsir al-Muyassar, Shahih al-Bukhary, Sunan an-Nasa’i dan Kifayatul Akhyar mulai esok hari, insya Allah kami akan upload videonya dengan adanya TEKS ARABIC yang sedang dipelajari di kajian tersebut.

Ini sangat bermanfaat kalau-kalau antum mau mengkaji kitab namun belum punya kitabnya. Menonton tulisan (matan kitab, atau matan hadits) sambil menyimak, bisa jadi salah satu cara pembelajaran yang sangat baik dan bermanfaat. Lebih menyenangkan lagi, semua ini gratis. For free. Jadi, memang di zaman ini kita harus semakin pandai bersyukur.

Antum bisa memilih kajian kitab apa yang antum pengen dengerin:

https://www.youtube.com/…/UCCE_ie7v0Pjfn_uTtfiOGbw/playlists

Jadwal kajian-kajian yang akan kami upload video beserta teksnya insya Allah:

SENIN: Ad-Daa’ wa ad-Dawaa’ dan al-Qawa’id al-Mutsla 
SELASA: At-Tafsir al-Muyassar dan Shahih al-Bukhary (Kitab ILMU)
RABU: Sunan an-Nasa’i (Kitab SHALAT) dan Kifayatul Akhyar 
KAMIS: At-Tafsir al-Muyassar dan Shahih al-Bukhary (Kitab ADAB)
JUM’AT: Sunan an-Nasa’i (Kitab JUAL BELI) dan Kifayatul Akhyar 
SABTU: Sunan an-Nasa’i (Kitab THAHARAH)

Insya Allah mulai besok. Maka, kami memohon kepada Allah taufiq, rejeki keikhlasan, rejeki istiqamah dan semoga Allah bukakan yang terbaik bagi teman-teman yang berhasrat mencari ilmu dari kitab-kitab ulama kita semua.

Semoga Allah jadikan postingan ini sangat bermanfaat bagi kaum muslimin. Aamiin.

Via Hasan Al-Jaizy

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.536 kali, 1 untuk hari ini)