• Gubernur Nablus Jibrin al-Bakri mengatakan pada pekan ini bahwa pemukim Yahudi telah menghancurkan lebih dari 2.500 pohon zaitun milik warga Palestina di daerah Nablus sejak awal Juni.

bakar
SEKELOMPOK pemukim Yahudi membakar lebih dari 300 pohon zaitun pada Sabtu kemarin (15/6/2013) di sebuah desa Nablus, kata seorang pejabat Otoritas Palestina (PA).

Ghassan Daghlas, seorang pejabat PA yang memonitor kegiatan permukiman, mengatakan kepada kantor berita Ma’an bahwa pemukim Yahudi dari pos ilegal Havat Gilad membakar pohon-pohon zaitun di desa Nablus Imatin.

Api menghancurkan lebih dari 300 pohon dan pemukim melemparkan batu ke warga desa Palestina yang berusaha memadamkan api, ujar Daghlas.

Tak beberapa lama kemudian pasukan Israel tiba di lokasi dan mencegah petugas pemadam kebakaran memadamkan api karena terjadinya bentrokan, pejabat PA itu menambahkan.

Gubernur Nablus Jibrin al-Bakri mengatakan pada pekan ini bahwa pemukim Yahudi telah menghancurkan lebih dari 2.500 pohon zaitun milik warga Palestina di daerah Nablus sejak awal Juni.

Pada tahun 2011, Oxfam dan organisasi lokal menghitung bahwa aksi kekerasan pemukim yahudi terhadap pohon-pohon zaitun milik warga Palestina telah menelan kerugian sekitar 500 ribu dolar.

Sejak tahun 1967, 800.000 pohon zaitun telah tumbang sehingga mengakibatkan kerugian sekitar 55 juta dolar untuk ekonomi Palestina, menurut laporan yang disampaikan oleh Departemen Ekonomi Nasional Otoritas Palestina.(fq/islampos/maan) By Al Furqon on June 16, 2013

 (nahimunkar.com)

(Dibaca 382 kali, 1 untuk hari ini)