Sumber Foto : photo.sindonews.com/Ilustrasi jamaah haji sedang tawaf


Banyak kita temukan hal yang lucu dan aneh pada saat pelaksanaan manasik haji..

Aneh, Jedah itu tidak pernah dinyatakan oleh al-Qur’an dan AS-Sunnah serta Ijma ulama sebagai tempat miqat haji dan Umrah tapi banyak jamaah haji rame-rame ambil miqat di Jedah.

Aneh, Mabit di MINA pada tanggal 8 ZULHIJAH disunnahkan namun banyak jamaah haji meninggalkan, malah mereka rame-rame Mabit di Arafah untuk berzikir dan berdoa di sana.

Aneh, Mabit pada malam tanggal 9 ZULHIJAH di Muzdalifah hingga masuk shalat subuh diwajibkan, ternyata banyak sekali jamaah haji yang cuma mampir sesaat dengan alasan Mabit sampai subuh di Muzdalifah itu program haji reguler.

Aneh, Thawaf Sunnah sangat dianjurkan untuk dilakukan berulang kali, ternyata banyak jamaah haji yang menelantarkan malah mereka melakukan Umrah berkali-kali padahal tidak pernah dipraktikkan oleh Kanjeng nabi Muhammad.

Lucu, meskipun mereka Umrah berkali-kali namun rambut mereka masih tetap utuh padahal Rasulullah dan para sahabat Umrah sekali saja semua rambutnya habis.

Aneh, melempar Jumrah pada tanggal 11, 12 dan 13 ZULHIJAH harus dilakukan setelah matahari tergelincir tapi banyak yang melempar sebelum matahari terbit, bahkan ada yang melempar Jumrah untuk tanggal 11 dan 12 dalam satu malam sekaligus, caranya pada tanggal 11 malam ke 12 mereka melempar Jumrah jam 23.30 untuk tanggal 11 kemudian melempar jam 0.100 dini hari untuk tanggal 12 lalu mereka keluar dari MINA karena mengambil NAFAR AWAL.

Lucu banget ada di antara mereka yang Selfi sambil cium HAJAR aswad,
Selfi sambil Thawaf,
Selfi sambi Sa’i,
Selfi sambil melempar Jumrah bahkan Selfi bersama-sama di dalam masjid hingga orang yang sedang shalat diganggu dan diinjak pecinya hanya untuk berselfi.

Lucu, tidak ada jamaah haji yang paling gemar berfoto ria kecuali jamaah haji Indonesia,
ada pesawat parkir di bandara difoto,
ada payung masjid nabawi sedang mengembang atau mengempis difoto,
jam dinding masjid difoto,
monyet Arab sedang lewat difoto hingga ada di antara mereka dengan ikhlas berselfi bersama onta.

Pergi ke Raudhah disunnahkan,
ziarah kubur nabi disunnahkan, ziarah Baqi disunnahkan,
shalat Sunnah mutlak di masjid Mekah berpahala seratus ribu kali dan di masjid Madinah berpahala seribu kali dibanding masjid yang lainnya, ternyata jamaah sibuk merokok, Selfi, bercanda dan berkeliling toko untuk belanja.

Mereka berhaji dengan bayar mahal, capek, sakit, letih dan meninggalkan kerjaan dan keluarga ternyata setelah sampai di Mekah dan Madinah hanya merokok, ngobrol dan tidur-tiduran di hotel atau penginapan.

Aneh, mereka sibuk mengadakan acara tahlilan dan yasianan, mereka bersemangat membaca shalawatan, Ratiban dan manaqib namun AL-Quran dicampakkan dan dzikir pagi dan sore yang dianjurkan Rasul ditinggalkan.

Hampir nyata pada zaman sekarang, orang berangkat haji, yang kaya hanya sekedar jalan-jalan, yang ahli agama jualan menyebarkan bid’ah dan yang miskin minta-minta.

Aneh tapi nyata. Semuanya berawal dari kebodohan mereka terhadap ajaran Islam.

Zainal Abidin Syamsuddin

One Heart Zainal Abidin IHBS

(nahimunkar.com)

(Dibaca 4.801 kali, 1 untuk hari ini)