SEBAGIAN pengurus masjid ada yang mengusir anak-Anak dengan alasan menggangu orang solat, apa hukumnya?

Cara nabi berinteraksi dengan anak-anak di masjid waktu solat begitu tidak sama jauh dengan fakta yang dikerjakan oleh sebahagian oknum muslim pada anak-anak yang sukai bermain di masjid.

Tersebut kami berikan sebagian masalah perlakuan yang dikerjakan oleh Rasulullah pada anak-anak di masjid, supaya kita bisa meneladani baginda Nabi saw.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَدَّادٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِحْدَى صَلَاتَيِ الْعِشَاءِ وَهُوَ حَامِلٌ حَسَنًا أَوْ حُسَيْنًا، فَتَقَدَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَضَعَهُ، ثُمَّ كَبَّرَ لِلصَّلَاةِ فَصَلَّى فَسَجَدَ بَيْنَ ظَهْرَانَيْ صَلَاتِهِ سَجْدَةً أَطَالَهَا، قَالَ أَبِي: فَرَفَعْتُ رَأْسِي وَإِذَا الصَّبِيُّ عَلَى ظَهْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهُوَ سَاجِدٌ فَرَجَعْتُ إِلَى سُجُودِي، فَلَمَّا قَضَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّلَاةَ قَالَ النَّاسُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّكَ سَجَدْتَ بَيْنَ ظَهْرَانَيْ صَلَاتِكَ سَجْدَةً أَطَلْتَهَا حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ قَدْ حَدَثَ أَمْرٌ أَوْ أَنَّهُ يُوحَى إِلَيْكَ، قَالَ: «كُلُّ ذَلِكَ لَمْ يَكُنْ وَلَكِنَّ ابْنِي ارْتَحَلَنِي فَكَرِهْتُ أَنْ أُعَجِّلَهُ حَتَّى يَقْضِيَ حَاجَتَهُ»(رواه النسائي والحاكم وصححه ووافقه الذهبي)

__________

[حكم الألباني] صحيح

  1. Teman dekat Nabi yang bernama Syaddad ra. meriwayatkan, kalau Rasulullah datang – ke masjid- ingin solat Isya atau Zuhur atau Asar sembari membawa -salah satu cucunya- Hasan atau Husein, lantas Nabi maju kedepan untuk mengimami solat serta menempatkan cucunya di sebelahnya, lalu nabi mengangkat takbiratul ihram memukai solat. Ketika sujud, Nabi sujudnya begitu lama serta tak umumnya, jadi saya diam-diam mengangkat kepala saya untuk lihat apa kiranya yang berlangsung, serta benar saja, saya lihat cucu nabi tengah menunggangi belakang nabi yang tengah bersujud, sesudah lihat peristiwa itu saya kembali sujud berbarengan makmum yang lain. Saat usai solat, beberapa orang repot ajukan pertanyaan,

    “Wahai Rasulullah, baginda sujud begitu lama sekali tadi, hingga kami pernah menduga sudah berlangsung apa-apa atau baginda tengah terima wahyu. ” Rasulullah menjawab, “Tidak, tak, tak berlangsung apa-apa, hanya tadi cucuku mengendaraiku, serta saya tidak ingin memburu-burunya hingga dia merampungkan mainnya dengan sendirinya”. (H. R. Nasa’i serta Hakim)

حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَقْبَلَ الْحَسَنُ، وَالْحُسَيْنُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، عَلَيْهِمَا قَمِيصَانِ أَحْمَرَانِ يَعْثُرَانِ وَيَقُومَانِ، فَنَزَلَ فَأَخَذَهُمَا، فَصَعِدَ بِهِمَا الْمِنْبَرَ، ثُمَّ قَالَ: صَدَقَ اللَّهُ: {إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ} [التغابن: 15]، رَأَيْتُ هَذَيْنِ فَلَمْ أَصْبِرْ “، ثُمَّ أَخَذَ فِي الْخُطْبَةِ(رواه أبو داود).

__________

[حكم الألباني] : صحيح

  1. Abdullah Bin Buraidah meriwayatkan dari ayahandanya : Rasulullah tengah berkhutbah -di mimbar masjid- lantas -kedua cucunya- Hasan serta Husein datang -bermain-main ke masjid- dengan memakai baju kembar merah serta jalan dengan sempoyongan jatuh bangun- lantaran memanglah masihlah bayi-, lantas Rasulullah turun dari mimbar masjid serta mengambil ke-2 cucunya itu serta membawanya naik ke mimbar kembali, lantas Rasulullah berkata, “Maha Benar Allah, kalau harta serta anak-anak itu yaitu fitnah, bila telah lihat ke-2 cucuku ini saya tak dapat sabar. ” Lantas Rasulullah kembali meneruskan khutbahnya. (H. R Abu Daud)

وفي حديث آخر :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَإِذَا سَجَدَ وَثَبَ الْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ عَلَى ظَهْرِهِ، فَإِذَا مَنَعُوهُمَا أَشَارَ إِلَيْهِمْ أَنْ دَعُوهُمَا، فَلَمَّا قَضَى الصَّلَاةَ وَضَعَهُمَا فِي حِجْرِهِ، فَقَالَ: «مَنْ أَحَبَّنِي فَلْيُحِبَّ هَذَيْنِ» (رواه ابن خزيمة في صحيحه).

[التعليق] 887 – قال الألباني: إسناده حسن رجاله ثقات رجال مسلم إلا أنه إنما أخرج لعلصم وهو ابن أبي بهدلة متابعة

  1. Dalam Hadis lain dikisahkan, kalau
    Rasulullah solat, apabila beliau sujud jadi Hasan serta Husein bermain menaiki belakang Rasulullah. Lantas, bila ada bebrapa teman dekat yang menginginkan melarang Hasan-Husein jadi Rasulullah berikan isyarat untuk biarkan, serta jika sesudah usai solat Rasulullah memangku ke-2 cucunya itu. (H. R. Ibnu Khuzaimah)

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ، قَالَ: «رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَؤُمُّ النَّاسَ وَأُمَامَةُ بِنْتُ أَبِي الْعَاصِ وَهِيَ ابْنَةُ زَيْنَبَ بِنْتُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى عَاتِقِهِ، فَإِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا، وَإِذَا رَفَعَ مِنَ السُّجُودِ أَعَادَهَا»(رواه البخاري ومسلم).

  1. Abu Qatadah ra. menyampaikan : “Saya lihat Rasulullah saw menanggung cucu perempuannya yang bernama Umamah putrinya Zainab di pundaknya, jika beliau solat jadi ketika rukuk Rasulullah menempatkan Umamah di lantai serta jika telah kembali berdiri dari sujud jadi Rasulullah kembali menanggung Umamah. ” (H. R. Bukhari Serta Muslim)

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ: «رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَؤُمُّ النَّاسَ وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ أَبِي الْعَاصِ عَلَى عَاتِقِهِ، فَإِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا، وَإِذَا رَفَعَ مِنْ سُجُودِهِ أَعَادَهَا» (رواه النسائي).
__________

[حكم الألباني] صحيح

  1. Pada Kisah Lain Dari Abu Qatadah, Menyampaikan “……… ketika rukuk Rasulullah menempatkan Umamah di lantai serta jika telah kembali berdiri dari sujud jadi Rasulullah kembali menanggung Umamah. Serta Rasulullah selalu lakukan hal semacam itu pada tiap-tiap rakaatnya hingga beliu usai solat. ” (H. R. Nasa’i)

وفي حديث آخر :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنِّي لَأَدْخُلُ فِي الصَّلاَةِ، فَأُرِيدُ إِطَالَتَهَا، فَأَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ، فَأَتَجَوَّزُ مِمَّا أَعْلَمُ مِنْ شِدَّةِ وَجْدِ أُمِّهِ مِنْ بُكَائِهِ»(رواه البخاري ومسلم).

  1. Dalam hadis yang lain Rasulullah berkata, “Kalau tengah solat, kadang-kadang saya menginginkan solatnya agak panjangan, namun bila telah dengarkan tangis anak kecil -yang dibawa ibunya ke masjid- jadi sayapun menyingkat solat saya, lantaran saya tau begitu ibunya tak enak hati dengan tangisan anaknya itu. ” (H. R. Bukhari Serta Muslim)

وفي رواية أخرى :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنِّي لَأَدْخُلُ الصَّلَاةَ أُرِيدُ إِطَالَتَهَا فَأَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ، فَأُخَفِّفُ مِنْ شِدَّةِ وَجْدِ أُمِّهِ بِهِ»(رواه مسلم).

  1. Anas meriwayatkan, “Pernah Rasulullah solat, lantas beliau mendengar tangis bayi yang dibawa dan ibunya solat ke masjid, jadi Rasulullah juga mempersingkat solatnya dengan cuma membaca surat enteng atau surat pendek. ” (H. R. Muslim)

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَوَّزَ ذَاتَ يَوْمٍ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ، فَقِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ، لِمَ جَوَّزْتَ؟ قَالَ: ” سَمِعْتُ بُكَاءَ صَبِيٍّ، فَظَنَنْتُ أَنَّ أُمَّهُ مَعَنَا تُصَلِّي، فَأَرَدْتُ أَنْ أُفْرِغَ لَهُ أُمَّهُ ” (رواه أحمد)

  1. Pada hadis lain diriwayatkan kalau Nabi memendekkan bacaannya ketika solat subuh (di mana umumnya senantiasa panjang), lantas teman dekat ajukan pertanyaan : Ya Raslullah kenapa solat kesempatan ini singkat, tak seperti umumnya? Rasulullah menjawab, “Saya mendengar nada tangis bayi, saya sangka ibunya ikut-ikutan solat berbarengan kita, saya kasihan dengan ibunya. ” (H. R. Ahmad)

Sumber: muslimjuara.org  Selasa, 29 Maret 2016

***

Bolehnya memasukkan anak-anak ke masjid-masjid

أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 391)

قال أنس بن مالك رضي الله عنه:

” جوَّز صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (1) ذات يوم في الفجر (وفي حديث آخر: صلى الصبح،

فقرأ بأقصر سورتين في القرآن) ، فقيل: يا رسول الله! لم جوَّزت؟ قال:

” سمعت بكاء صبي (2) ، فظننت أن أمه معنا تصلي؛ فأردت أن أفرغ له

أمه ” ” (3) .

__________

(1) {أي: خفف} .

(2) {وفي هذا الحديث وأمثاله: جوازُ إدخال الصبيان المساجد، وأما الحديث

المتداول على الألسنة:

” جنبوا مساجدَكم صبيانكم … ” الحديث.

فضعيف، لا يحتج به اتفاقاً. وممن ضعفه ابن الجوزي، والمنذري، والهيثمي،

والحافظ ابن حجر العسقلاني، والبوصيري، وقال عبد الحق الإشبيلي:

” لا أصل له “} .

(3) أخرجه الإمام أحمد (3/257) قال: ثنا عفان: ثنا حماد بن زيد قال: أنا علي

ابن زيد وحميد عنه. قال عفان: فوجدته عندي في غير موضع عن علي بن زيد وحميد

وثابت عن أنس بن مالك.

وهذا إسناد صحيح على شرط الشيخين، إلا علي بن زيد، وروايته متابعة.

Syaikh Al-Albani berkomentar,  dalam hadits ini dan semacamnya (menunjukkan): bolehnya memasukkan anak-anak ke masjid-masjid. Adapun hadits yang bergulir di lidah-lidah: “Jauhkanlah masjid-masjid kalian dari anak-anak kalian …” (hadits)  maka itu adalah (hadits) dha’if / lemah, secara sepakat tidak dijadikan hujjah dengannya. Di antara yang medha’ifkannya adalah Ibnul Jauzi, Al-Mundziri, Al-Haitsami, Al-Hafidh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani dan Al-Bushiri. Abdul Haq Al-Isybili berkata: Tidak ada asalnya (hadits itu). / أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 391)

(nahimunkar.com)

(Dibaca 11.225 kali, 1 untuk hari ini)