Saat ada seorang muslim entah itu dari keluarga, teman, ataupun tetangga yang mengucapkan salam ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ kepadamu, maka wajib bagimu untuk menjawabnya dengan ucapan :

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

 

(Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim)

 

Artinya “Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang Maha Mulia”

Namun, ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum bisa kamu balas dengan ucapan yang sama yaitu Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. demikian ini yang dilakukan oleh para sahabat salafus shalih.

Seperti yang dijelaskan dalam HR Ad-Daruquthni dalam kitab Ad Du’a.Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” Jawaban yang demikian sesuai dengan perintah Allah dalam Alquran, surah An Nisa’ ayat 86:

 

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

 

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal (QS An Nisa’ : 86).

 

Kamu dapat menggunakan bentuk jawaban yang mana saja. Yang terpenting adalah jawab ucapan doa tersebut dengan penuh rasa gembira dan penuh rasa tulus ikhlas bahwa memang kamu berharap ibadahnya diterima di sisi allah. Dengan begitu mereka pun juga akan sebaliknya mendoakanmu.

https://www.kudupinter.com/2020/05/taqabbalallahu-minna-wa-minkum.html

(nahimunkar.org)