ilustrasi Jokowi di atas motornya. /foto kenyoot

Oleh : Hersubeno Arief*

 — . Dia tengah menghadapi ancaman sangat serius dari internal, dan eksternal. Kalau hanya dengan naik motor besar, dan bagi-bagi sembako, semua persoalan tersebut tidak akan teratasi.

Nah, bagaimana dengan kemungkinan Jokowi tidak mendapat tiket (nyapres)? Skenario ini bisa terjadi bila rupiah terus terpuruk, utang terus menggunung, para investor menarik dananya dari Indonesia, dan ekonomi Indonesia terpuruk. Elektabilitas Jokowi bisa terjun bebas. Saat itu partai pendukung akan segera berkemas menyelamatkan diri masing-masing.

Tanda-tanda itu mulai membayang seiring melemahnya rupiah terhadap dolar, rontoknya IHSG dan tidak lakunya surat utang negara yang diterbitkan pemerintah. Rupiah sampai akhir pekan ini sudah menyentuh level Rp 14.000/USD, sementara dari lima seri surat utang negara yang ditargetkan bakal meraup Rp 17.02 triliun, baru terjual Rp 6.5 triliun.

Agar skenario terburuk itu tidak terjadi, Jokowi harus bekerja sangat-sangat keras. Dia tengah menghadapi ancaman sangat serius dari internal, dan eksternal. Kalau hanya dengan naik motor besar, dan bagi-bagi sembako, semua persoalan tersebut tidak akan teratasi. End. (*/ls)

*Penulis adalah konsultan media dan pemerhati masalah sosial politik

Sumber: hersubenoarief.com/ http://www.swamedium.com, di sini dikutip bagian akhir dari artikel berjudul Jokowi Terancam Batal Nyapres? Date: 28-04-2018 | 23:45

(nahimunkar.org)

(Dibaca 851 kali, 1 untuk hari ini)