Para Pemenang MHQH (Musabaqah Internasional Hafalan al-Quran dan Hadis) Dapat Bonus Naik Haji dan Sejumlah Uang Tunai

Dalam pers releasenya, peserta yang berprestasi berjumlah 15 orang akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji yang dibiayai oleh pemerintah Arab Saudi dan sejumlah uang tunai.

Musabaqah akan dilanjutkan dengan tingkat internasional.

Pangeran Sulthan akan menghadiri Musabaqah Internasional Hafalan al-Quran dan Hadis (MHQH) di Masjid Istiqlal Jakarta pada 22 – 26 Maret 2015

Pangeran Sulthan bin Abdul Aziz Alu Suud menyatakan akan hadir di Jakarta untuk menyaksikan langsung perlombaan hafalan al-Quran dan Hadits tersebut.

Berita tentang MHQH yang telah berlangsung tingkat nasional dan kesediaan Pangeran Sultan untuk hadir MHQH tingkat internasional di Jakarta sebagai berikut.

***

Juara Hafalan 30 Juz Raih Rp 48 Juta

Juara

Abdurrohim dari Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Kanwil Kemenag DI Yogyakarta didaulat sebagai juara cabang paling bergengsi yaitu hafalan Al Quran 30 juz. /foto banjarmasinpost.co.id/net

BANJARMASINPOST.CO.ID Kamis, 12 Maret 2015 19:32 WITA

“Sering muroja’ah (mengulang hafalan).”

Abdurrohim, juara pertama Musabaqah Hafalan Al Quran dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdulaziz Alu Su’ud VII tingkat nasional meraih uang pembinaan Rp 48 juta berkat prestasinya memenangi kompetisi hafalan kategori 30 juz.

Abdurrohim dari Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Kanwil Kemenag DI Yogyakarta didaulat sebagai juara cabang paling bergengsi yaitu hafalan Al Quran 30 juz.

Tahun lalu, Abdurrohim juga menjadi yang terbaik dalam kejuaraan serupa untuk kategori tahfidz 20 juz level ASEAN-Pasifik.

Atas keberhasilannya saat itu, remaja kelahiran Bantul itu berhak mendapat 13 ribu riyal (sekitar Rp 40 juta) dan naik haji gratis atas undangan Kerajaan Arab Saudi.

Mengenai usaha yang dilakukannya untuk memenangi berbagai kompetisi hafalan Al Quran putra kelahiran 28 Maret 1996 itu mengatakan, “sering muroja’ah (mengulang hafalan).”

Dubes Saudi Arabia untuk Indonesia Syekh Mustafa Ibrahim Al Mubarak mengatakan Indonesia mesti berbangga hati karena memiliki generasi-generasi penghafal.

“Bahkan saya sendiri menginginkan negara lain dapat belajar dan mengikuti Indonesia,” kata dia.

***

 Ini Pemenang Lomba Musabaqah Hafalan Al Quran dan Hadis Tingkat Nasional ke VII

 Jakarta — 13 Mar 2015

Musabaqah Hafalan Al Quran dan Hadis Pangeran Sultan Bin Abdulaziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke VII resmi ditutup Oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Seremonial penutupan diselenggarakan di Gedung Kementerian Agama Jln. M.H Thamrin, Jakarta, Rabu (11/03) dan dihadiri oleh Dubes Saudi untuk Indonesia Syekh Mustafa Ibrahim al-Mubarak.

Menurut Menag perlombaan Musabaqah Al Quran dan Hadis sangat bermanfaat dalam rangka memelihara kecintaan umat kepada Al-Quran dan Hadis. Menag berharap kegiatan ini dapat menumbukan kesadaran kepada generasi muda untuk membangun nilai-nilaikeislaman demi terciptanya bangsa yang gemilang.

Berikut nama-nama pemenang  Musabaqah Hafalan Al Quran dan Hadis Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tk Nasional ke VII:

  1. Kategori 30 Juz : Juara I. Abdurrohim (LPTQ Provinsi D.I. Yogyakarta); Juara II. Jajang Hasanudin (Masjid Agung Al-Azhar – Jakarta); Juara III. Faisal Ilahi Ma’had Al-Qur’an wa Tahfizh YPI RaudhatulJannah – Tangerang Banten.
  2. Kategori 20 Juz : Juara I. Muhammad Rifki (LPTQ Provinsi Jambi); Juara II. Auliaur Rahman Iskandar (Kafila International Islamic School – Jakarta); Juara III.  Nur Amin (LPTQ Provinsi Sulawesi Selatan).
  3. Kategori 15 Juz : Juara I. Jundy Abdurrahman (LIPIA – Jakarta); Juara II. Try Surya Putra LPTQ Provinsi Sulawesi Tenggara; Juara III. Ahmad Muzakki (LPI Darul Ulum PP Banyuanyar – Pamekasan  Madura Jawa Timur).
  4. Kategori 10 Juz : Juara I. Ali Maksum (LPTQ Provinsi Jambi), Juara II. Muhammad Hisyam (Yayasan Jam’iyat Khair – Jakarta), Juara III. Mohammad Zaini Na’im (LPTQ Provinsi Kalimantan Timur).
  5. Kategori Musabaqah Hafalan Hadits Nabawi : Juara I. Abdullah (LIPIA –  Jakarta), Juara II. Syaripuddin (Ma’had Al-Bina’ – Bekasi Jawa Barat), Juara III. Naufal Hisyam (Pon.Pes. Al-Madinah – Boyolali Jawa Tengah).

Sumber: kemenag

***

Pangeran Sulthan Akan menghadiri Musabaqah Internasional Hafalan al-Quran dan Hadis di Jakarta

Hafidz

Ilusrasi MHQHS di Indonesia 1535H/ 2014

***

Menag Undang Pangeran Sulthan Hadiri Musabaqah Hafalan Al-Quran Internasional

Riyadh (Pinmas) —- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara khusus mengundang Pangeran Sulthan bin Abdul Aziz Alu Suud untuk menghadiri Musabaqah Internasional Hafalan al-Quran dan Hadis di Jakarta. Undangan itu disampaikan Menag saat berkunjung ke kediaman Pangeran Sulthan di Riyadh, Selasa (17/03).

Menag menjelaskan, Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits (MHQH) tingkat Internasional ini akan dilangsungkan di Masjid Istiqlal Jakarta pada 22 – 26 Maret mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Menag menyampaikan terima kasih kepada Pangeran Sulthan yang telah memberikan perhatian begitu besar kepada Indonesia dalam pengembangan kebudayaan Islam, yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan MHQH yang dilaksanakan setiap tahun.

Pangeran Sultan menyambut baik kunjungan Menteri Agama dan menyatakan akan hadir di Jakarta untuk menyaksikan langsung perlombaan hafalan al-Quran dan Hadits tersebut.

Pangeran Sultan melihat posisi penting Indonesia dalam pengembangan Islam moderat. Ia berharap, Indonesia yang tak jauh berbeda dengan Saudi Arabia, yakni sama-sama mengemban Islam rahmatan lil ‘alamin, dapat berkembang lebih baik, menjadi Indonesia yang moderat, toleran dan penuh kedamaian. Pangeran Sulthan juga berharap musabaqah ini dapat berkembang lebih baik lagi dari waktu ke waktu dengan berbagai cabang lomba yang lebih banyak.

Musabaqah ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Agama dengan Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia di Indonesia. Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits Pangeran Sulthan Bin Abdul Aziz Alu Suud kali ini merupakan yang keenam. Sebelumnya digelar musabaqah tingkat nasional yang ketujuh di Jakarta. (AZ/mkd/mkd) kemenag.go.id, Rabu, 18 Maret 2015, 11:38 –

***

Para Pemenang MHQH Dapat Bonus Naik Haji dan Sejumlah Uang Tunai

  • Wednesday, 11 March 2015 | 15:33

Jakarta, bimasislam— Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasioal, Negara-negara ASEAN dan ASIA Pasifik VII yang berlangsung sejak tanggal 8 Maret telah berakhir hari ini, tanggal 11 Maret 2015. Tujuan penyelenggaraan MHQH ini diantaranya adalah untuk memberikan motivasi kepada masyarakat negara Asia-Pasifik untuk menghafal Al-Quran dan Hadits. Selain itu untuk meningatkan pemahaman, pengamalan, dan menjaga paham radikal bagi generasi muda serta untuk menjalin hubungan persahabatan antar negara.

Kegiatan Musabaqah Tingkat Nasional VII diikuti oleh unsur LPTQ Provinsi sebanyak 99 peserta, dengan rincian 3 orang, yaitu 2 orang sebagai peserta MHQ (10, 15, 20, dan 30 juz), serta 1 orang peserta Hafalan Hadits. Juga ada unsur pondok pesantren sebagai mitra kerja kedutaan besar Kerajaan Arab Saudi sebanyak 21 orang. Sedangkan Musabaqah Tingkat Asia Pasifik oleh 114 peserta dari 18 negara dengan rincian: Indonesia (22), Malaysia (13), Thailand (11), Philipina (9), Brunei (9), Singapore (5), Kamboja (5), Myanmar (5), Vietnam (5), Laos (4), Timor Leste (3), Australia (5), New Zealand, Uzbekistan, Tajikistan, Kirgistan, Kazashtan, Rusia, masing-masing 3.

Dalam pers releasenya, peserta yang berprestasi berjumlah 15 orang akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji yang dibiayai oleh pemerintah Arab Saudi dan sejumlah uang tunai. Sedangkan bagi peserta yang tidak mendapatkan kejuaraan akan diberikan uang saku sebesar Rp 500,000,- (lima ratus ribu rupiah).

Berikut nama-nama pemenangnya. Golongan 30 Juz, peserta terbaik I adalah Abdurrohimutusan LPTQ Provinsi D.I. Yogyakarta; peserta terbaik II: Jajang Hasanudin (Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta); peserta terbaik III: Faisal Ilahi (Ma’had Al-Qur’an wa Tahfizh YPI Raudhatul Jannah, Tangerang Banten).

Golongan 20 Juz, peserta terbaik I : Muhammad Rifki (LPTQ Provinsi Jambi); peserta terbaik II: Auliaur Rahman Iskandar (Kafila International Islamic School, Jakarta); peserta terbaik III: Nur Amin (LPTQ Provinsi Sulawesi Selatan).

Golongan 15 Juz : Peserta Terbaik I: Jundy Abdurrahman (LIPIA, Jakarta); Peserta Terbaik II: Try Surya Putra (LPTQ Provinsi Sulawesi Tenggara); Peserta Terbaik III: Ahmad Muzakki (LPI Darul Ulum PP Banyuanyar, Pamekasan, Madura Jawa Timur).

Golongan 10 Juz : Peserta Terbaik I: Ali Maksum (LPTQ Provinsi Jambi); Peserta Terbaik II: Muhammad Hisyam (Yayasan Jam’iyat Khair, Jakarta); Peserta Terbaik III: Mohammad Zaini Na’im (LPTQ Provinsi Kalimantan Timur).

Musabaqah Hafalan Hadits Nabawi: Peserta Terbaik I: Abdullah (LIPIA –  Jakarta); Peserta Terbaik II: Syaripuddin (Ma’had Al-Bina’, Bekasi Jawa Barat); Peserta Terbaik III: Naufal Hisyam (Ponpes Al-Madinah, Boyolali Jawa Tengah)

(thobib/foto:bimasislam) http://bimasislam.kemenag.go.id

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.203 kali, 1 untuk hari ini)