Kementan Bolehkan Pemotongan Hewan Qurban di Luar RPH

  • … pemotongan hewan Qurban pada tahun ini, tetap diperbolehkan dilakukan di luar rumah potong hewan (RPH).

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut pemotongan hewan Qurban pada tahun ini, tetap diperbolehkan dilakukan di luar rumah potong hewan (RPH).

Direktur Kesehatan Hewan Kementan Nuryani Zainuddin mengatakan, Kementan melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8017/SE/PK.320/F/06/2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Qurban Dalam Masa Pandemi Corona Virus Covid-19.

“Dalam surat edaran, tertulis pemotongan hewan Qurban, kami menetapkan dalam RPH, atau di luar RPH. Jadi bisa dilakukan di luar RPH,” kata Nuryani saat Webinar, Senin (12/7/2021).

Menurutnya, pemotongan hewan Qurban di luar RPH tetap diwajibkan menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti menjaga jarak, menggunakan alat pelindung diri (APD), mencuci tangan, dan lain-lainnya.

“Pemotongan hewan Qurban yang biasanya jadi tontonan anak-anak, nantinya tempat pemotongan hanya ada penjagalnya dan panitia saja. Pembagian hewan Qurban juga harus menerapkan protokol kesehatan,” paparnya.

Nuryani juga meminta tempat-tempat penjualan hewan Qurban untuk menerapkan protokol kesehatan, dan membuat jalur yang dapat menjaga jarak antar pembeli.

“Dibuatkan alur masuk dan keluarnya, jadi tidak ada pertemuan antar pembeli. Ini menghindari penyebaran Covid-19,” ucapnya.

 

Penulis: Seno Tri Sul istiyono

Editor: Choirul Arifin

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, Tribun Jabar/Gani Kurniawan, Senin, 12 Juli 2021 18:09 WIB

(nahimunkar.org)

(Dibaca 72 kali, 1 untuk hari ini)