ilustrasi


Kepingin mencintai dan dicintai oleh orang-orang beriman adalah kebaikan. Rasulullah pun menyetujui keinginan semacam ini. Kalau tidak kepingin begitu, berarti sama dengan tidak suka mencintai mukmin dan kurang minat untuk dicintai mukmin. Ingat, suatu kala setelah ibunya Abu Hurairah masuk Islam, beliau berkata:

يَا رَسُولَ اللهِ ادْعُ اللهَ أَنْ يُحَبِّبَنِي أَنَا وَأُمِّي إِلَى عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِينَ، وَيُحَبِّبَهُمْ إِلَيْنَا

Wahai Rasulullah, tolong doakan kepada Allah agar Dia menjadikan saya dan ibu saya cinta pada hamba-hamba-Nya yang beriman, dan mereka juga mencintai kami berdua.”

Lalu Rasulullah doakan.

Pernah dibenci oleh orang karena Anda menyeru kepada kebaikan? Pernah difitnah? Pernah dimaki? Pernah dibunuh karakternya di tengah masyarakat?

Jawabannya di ayat-ayat berikut:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًۭا مِّمَّن دَعَآ إِلَى ٱللَّهِ وَعَمِلَ صَٰلِحًۭا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?“”

وَلَا تَسْتَوِى ٱلْحَسَنَةُ وَلَا ٱلسَّيِّئَةُ ۚ ٱدْفَعْ بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ فَإِذَا ٱلَّذِى بَيْنَكَ وَبَيْنَهُۥ عَدَٰوَةٌۭ كَأَنَّهُۥ وَلِىٌّ حَمِيمٌۭ

Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.”

وَمَا يُلَقَّىٰهَآ إِلَّا ٱلَّذِينَ صَبَرُوا۟ وَمَا يُلَقَّىٰهَآ إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍۢ

“Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.” [Q.S. Fushshilat: 33-35]

Kalau ingin dicintai, maka cintailah mereka. Cintai mereka yang membenci dengan sabar dan doa, serta istiqamah dalam berlaku ihsan.


Hasan Al-Jaizy Al-Jaizy

 (nahimunkar.com)

(Dibaca 1.758 kali, 1 untuk hari ini)