Keputusan Pemerintah Arab Saudi Tetap Laksanakan Haji 1441/ 2020 hanya untuk Jamaah Lokal

  • Jamaah yang diperbolehkan melaksanakan ibadah haji tahun ini adalah mereka yang sudah tinggal dan berada di dalam wilayah Arab Saudi dari warga Negara manapun.

     


Suasana ibadah haji di tanah suci Mekkah yang selalu dirindukan umat Islam seluruh dunia. – Foto: Pixabay/adliwahid

Pemerintah Arab Saudi akhirnya memutuskan untuk tetap menyelenggarakan ibadah haji 1441 H/ 2020 namun dengan membatasi jumlah jamaah.

Jamaah yang diperbolehkan melaksanakan ibadah haji tahun ini adalah mereka yang sudah tinggal dan berada di dalam wilayah Arab Saudi dari warga Negara manapun.

Arab Saudi untuk sementara tetap melarang kedatangan jamaah dari luar negeri terkait pandemi Covid-19.

Kebijakan ini diputuskan mengingat masih tingginya kasus covid-19 yang terjadi diseluruh dunia, sehingga dikhawatirkan akan terjadi transmisi penularan baru virus corona.

“Telah diputuskan menggelar ibadah haji pada tahun ini (2020, red) dengan jumlah terbatas … untuk berbagai kewarganegaraan di kerajaan,” ujar pernyataan resmi kementerian haji Arab Saudi Senin 22 Juni 2020 seperti dikutip dari Pikiran-rakyat.com

Pelaksanaan ibadah haji bersama jemaah dalam negeri tersebut dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah menjaga jarak.

Kantor Berita Negara Arab Saudi melaporkan Keputusan ini diambil untuk memastikan pelaksanaan haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat.

Sambil mengamati semua tindakan pencegahan dan protokol jaga jarak yang diperlukan untuk melindungi manusia dari risiko yang terkait dengan pandemi ini.

 

Dan sesuai dengan ajaran Islam dalam melestarikan kehidupan manusia,” berdasarkan pernyataan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

 

Sekitar 2,5 juta peziarah biasanya mengunjungi situs-situs Islam paling suci di Mekkah dan Madinah selama pelaksanaan ibadah haji.

 

Data resmi menunjukkan Arab Saudi menghasilkan sekitar 12 miliar dolar AS setahun dari haji dan umrah.

 

Tim Jurnal Presisi

https://jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com/- 23 Juni 2020, 08:59 WIB

(nahimunkar.org)

(Dibaca 187 kali, 1 untuk hari ini)