=================

✅ Asy Syaikh Al ‘Allamah : Muhammad bin sholah Al ‘utsaimiin -rohimahulloh-

Pertanyaan:

?Fadhilatusy Syaikh ,Apabila saya berdiri dalam sholat berjamaah ,dan orang yang di sebelahku keluar darinya bau rokok ,apakah boleh bagiku merubah posisiku (pindah tempat) setelah takbirotul ihrom lalu saya berdiri di tempat yang lain apabila saya sangat terganggu dengan bau rokok ini?

? Jawab:

?Apabila seseorang berdiri di shof samping dan keluar dari mulutnya bau yang tidak sedap ,bau rokok ,bawang merah ,bawang putih, atau bau keringat atau lainnya ,dan ia merasa susah untuk menunaikan sholat secara sempurna ,

? MAKA BOLEH BAGINYA UNTUK KELUAR DARI SHOLATNYA DAN PINDAH KE TEMPAT YANG LAIN .

?❗Akan tetapi setelah penjelasan hukum ini kita katakan kepada setiap orang yang memiliki bau yang tidak sedap :

?? SESUNGGUHNYA TIDAK HALAL BAGINYA UNTUK MENDATANGI MASJID

??Karena Nabi -صلى الله عليه و سلم – melarang hal tersebut ,beliau melarang orang yang memakan bawang merah bawang putih atau selainnya dari apa saja yang berbau tidak sedap untuk datang ke masjid .

?? Bahkan beliau -صلى الله عليه و سلم – bersabda :(( Janganlah sekali kali mendatangi masjid masjid kami )).
?? Dan beliau -صلى الله عليه و سلم – khabarkan bahwa hal tersebut mengganggu para malaikat .
?? Dan mereka (para shohabat رضي الله عنهم ) apabila ada seseorang yang telah memakan bawang putih atay merah datang ke masjid Rosululloh -صلى الله عليه و سلم – ,mereka mengeluarkannya dan mengusirnya sampai ke (wilayah) baqi’ .

??Hal ini menunjukan tidak bolehnya seseorang mendatangi masjid bila terdapat bau yang mengganggu orang orang yang sholat atau para malaikat ,dan orang orang yang di masjid memiliki hak untuk mengeluarkannya dari masjid itu.

? liqo al bab al maftuh ,76

Via Dimas Rianto

(nahimunkar.com)

(Dibaca 853 kali, 1 untuk hari ini)