Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللهَ خَلَقَ الدَّاءَ وَ الدَّوَاءَ، فَتَدَاوَوْا وَلاَ تَتَدَاوَوْا بِحَرَامٍ

“Sesungguhnya Allah menciptakan penyakit dan obatnya, maka berobatlah dan janganlah berobat dengan (obat) yang haram.” (HR. Ad-Daulabi dalam Al Kuna, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Al Ahaadits Ash Shahiihah no. 1633)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ اللهَ لَمْ يَجْعَلْ شِفَاءَكُمْ فِيْ حَرَامٍ

“Sesungguhnya Allah tidak menjadikan kesembuhan (dari penyakit) kalian pada hal-hal yang haram.” (hadits riwayat Abu Ya’la VI/104 no..6930, Majma’uz Zawaa-id V/86 dan Ibnu Hibban (no. 1397-Mawaarid), lihat Shahiih Mawaaridizh Zham-aan no. 1172, dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, hasan lighairihi)

Ternyata ada yang berfungsi sebagai obat, walau pada awalnya merupakan minuman biasa. Silakan simak ini.

***

Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Cara Tepat Menyeduhnya

  1. Mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan menangkal radikal bebas

Semakin banyak jenis makanan, maka semakin banyak pula seseorang mengalami berbagai penyakit, contohnya kanker dan jantung. Tidak sedikit masyarakat indonesia terserang dua penyakit mematikan tersebut.

Hal itu disebabkan karena banyak orang yang sembarangan mengkonsumsi berbagai makanan atau mengkonsumsi produk kesehatan yang sembarangan. Namun hal itu dapat dikurangi atau terhindar oleh teh hijau. Mengapa? Karena Teh hijau mengandung antioksidan yang 100 kali lebih kuat daripada vitamin C dan 24 kali lebih efektif dari fungsi vitamin E.

Hal tersebut dapat membuat tubuh Anda terhindar dari sel kanker. Teh hijau juga dapat mempercepat pemulihan sel-sel pada jantung akibat adanya kerusakan pada sel jantung. Teh hijau pula dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan membuat umur lebih panjang karena teh hijau mengandung polifenol.

  1. Menurunkan berat badan

Jika Anda termasuk orang yang terobsesi dengan berat badan ideal, maka teh hijau termasuk ke dalam daftar yang harus Anda konsumsi.  Rutin konsumsi teh hijau perhari dapat  membakar 70 kalori dalam waktu satu hari dan juga dapat membantu menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam satu tahun.

Meski sedikit, Anda bisa mengkombinasikan program diet dengan rutin berolahraga serta menghindari makanan berlemak.

  1. Mengurangi radang sendi dan memperkuat tulang

Khasiat teh hijau yang lainnya ialah mengurangi radang sendi. Seperti apa itu radang sendi? radang sendi adalah penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang diri sendiri sehingga terjadi perdangan dalam waktu lama pada sendi.

Radang sendi bisa terjadi di berbagai area seperti tangan, kaki, leher, pinggang atau lutut. Ciri radang sendi ialah ketika Anda menggerakan sendi-sendi diatas dan merasakan nyeri yang luar biasa, radang sendi juga dapat menyebabkan minyak dalam sendi semakin menipis sehingga tulang sendi saling bergesekan.

Bila hal itu terjadi sudah pasti ketika melakukan suatu gerakan maka akan menimbulkan sakit bahkan jika parah maka sendi tidak dapat digunakan lagi. Pada umumnya radang sendi dialami oleh orang dewasa yang sudah tidak muda lagi.

Maka, Teh hijau dapat membantu diri Anda memperkecil risiko terserang penyakit tersebut karena ada beberapa kandungan di dalam teh hijau  yang mampu melindungi tulang rawan terhadap kehancuran dengan cara menghalangi enzim yang menghancurkan tulang rawan. Selain itu teh hijau juga mengandung flouride yang tinggi yang dapat  membantu mempertahankan kepadatan tulang setiap hari.

  1. Mencegah diabetes, parkinson dan Alzheimer

Semakin banyak umur maka semakin banyak penyakit yang timbul dalam diri. Contohnya diabetes, parkinson dan alzheimer. Pada umumnya, Parkinson dan Alzheimer akan menyerang seseorang yang lanjut usia, namun diabetes tidak mengenal usia.

Diabetes merupakan penyakit gula dalam darah dan kadarnya melebihi batas normal. Teh hijau dapat menetralkan kadar gula tersebut dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh Anda. Bukan hanya itu, teh hijau juga memiliki dapat mengurangi  jumlah acetylcholine dalam otak yang memicu terjadinya Alzheimer.

Teh hijau pula mengandung antioksidan dan sangat efektif dalam mencegah terjadinya kerusakan sel otak yang menyebabkan parkinson.

  1. Menyehatkan rambut

Selain dapat mencegah berbagai macam penyakit, teh hijau juga dapat menyehatkan rambut. Teh hijau menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone). DHT sendiri adalah penyebab rambut rontok. Teh hijau juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut.

Hal tersebut dikarenakan teh hijau mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang dikenal untuk meningkatkan kilau rambut. Anda bisa membuat bilasan rambut dengan menggunakan 3-4 kantong teh hijau yang diseduh kedalam setengah liter air, dan gunakan ini untuk bilasan terakhir setelah Anda keramas menggunakan shampo dan kondisioner.

  1. Mengurangi stress dan depresi

Khasiat teh hijau yang selanjutnya adalah membuat orang lebih rileks karena aromanya. teh hijau juga mengandung senyawa yang disebut Theanine. Senyawa tersebut adalah asam amino yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Theanine juga merupakan anti depresan sehingga ketika Anda mengkonsumsi teh hijau, badan Anda otomatis akan rileks.

  1. Mengobati flu, penyakit perut dan penetral racun

Teh hijau juga mampu mengobati penyakit perut flu dan juga penetral racun. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang tinggi juga dapat meningkatkan mekanisme pertahanan dalam tubuh dan dan juga  teh hijau memiliki senyawa katekin yang membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh karena makanan yang tidak sehat.

  1. Mencegah kerusakan gigi dan menyembuhkan alergi

Selain itu, teh hijau juga dapat melindungi gigi. Gigi akan sehat dan bakteri yang menyebabkan gigi rusak pun akan berkurang. Selain itu, air yang digunakan untuk membilas teh dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Teh hijau juga dapat menyembuhkan alergi karena teh hijau mengandung EGCG yang  dapat mengurangi atau menghilangkan gatal karena alergi dan menyembuhkan secara bertahap.

  1. Mengobati asma dan herpes

Beberapa orang mungkin mengalami asma sejak kecil ataupun saat dewasa karena faktor cuaca, emosi, Makanan atau minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang kadang-kadang digunakan sebagai pengawet), misalnya selai, udang, makanan olahan, makanan siap saji, minuman kemasan sari buah dan lain-lain.

Hal ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin.Teh hijau mengandung teofilin, yang diklaim dapat mengendurkan otot-otot saluran bronkial, sehingga mengurangi keparahan asma. Teh hijau juga dapat mengobati herpes.

Langkah pertama adalah kompres kulit herpes dengan teh hijau hangat (menggunakan kain), kemudian biarkan 15 menit dan mencuci kain. Terus melakukan ini sampai penyakit kulit hilang.

  1. Mencegah hipertensi dan kerusakan hati

Mengkonsumsi teh hijau pula dapat membantu menurunkan tekanan darah dan posisi itu pada sosok yang stabil (netral) untuk menekan angiotensin yang biasanya  memicu peningkatan tekanan darah (hipertensi).

Teh hijau juga mencegah liver atau kerusakan hati. Teh hijau juga akan melemahkan transplantasi pada pasien dengan gagal hati. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat menghancurkan radikal bebas berbahaya yang mengendap di hati yang berlemak.

Cara Menyeduh Teh Hijau

Setelah mengetahui berbagai khasiat teh hijau, maka sekarang kita akan mengulas  cara-cara untuk meminum teh hijau secara rutin. Dengan mengikuti tata caranya secara benar, maka kita bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

  • Minumlah teh hijau yang alami (tidak mengandung pemanis buatan)
  • Pilih produk teh hijau yang berkualitas dan konsumsi teh hijau saat masih dalam keadaan panas atau hangat.
  • Beda jenis teh maka berbeda pula cara menyeduhnya. Untuk menyeduh teh hijau, seduh dengan air yang suhunya 80-90 derajat Celcius. Proses penyeduhan juga tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian.
  • Sebaiknya tidak menyimpan teh terlalu lama, karena hal tersebut akan berpengaruh akan kesegaran daun teh itu sendiri
  • Jadwal minum teh yang tepat ialah di pagi hari (sebelum sarapan), sebelum makan siang, dan sebelum makan malam

Nah itulah beberapa khasiat teh hijau yang sangat penting bagi tubuh serta cara menyajikannya.

Sumber: bacaterus.com/ diringkas

(nahimunkar.org)

(Dibaca 407 kali, 1 untuk hari ini)