Rabu 9 Muharram 1435 / 13 November 2013 16:46


asyura Koalisi Salafi dan Sufi Mesir Siap Hadang Perayaan Assyura

PARTAI-partai Islam Salafi dan Sufi Mesir dilaporkan telah sepakat untuk menghadapi acara Asyura yang biasa digelar kaum Syiah.

.

Situs berita Arab, Al-Yaum al-Sabi’ merilis laporan pada Selasa (12/11/2013), bahwa untuk pertama kalinya, koalisi Ahfad al-Shahabah dan Ali Bait dengan sejumlah koalisi sufi telah sepakat untuk ikut serta menghadapi kaum Syiah dan acara Asyura. Upaya ini belum pernah terjadi antara Salafi dan Sufi yang menggalang kebersatuan mereka untuk menghadapi acara Asyura Syiah.

“Sejumlah komite telah kami bentuk untuk mengawasi dan mengontrol acara Asyura. Kami juga telah mengajak seluruh pihak di Mesir untuk bergabung dengan kami. Kami semua adalah umat Muslim dan mencintai para sahabat, kami tidak rela ada pihak yang melaknat para sahabat Rasulullah SAW,” kata Nashir Ridhwan, pendiri koalisi Ahfad al-Shahabah dan Ali Bait, dalam sebuah pernyataannya.

Mengenai kesepakatan kelompok Salafi dengan sufi ini, Ridhwan mengatakan, “Kami telah sepakat untuk menghadapi acara Syiah. Kesepakatan ini tidak lain adalah untuk mempertahankan identitas Sunni Mesir dan membela para sahabat.”

Koalisi ini telah mengungkap rencana untuk menghadapi acara-acara Syiah yang rencananya akan diselenggarakan pada hari Kamis (14/11/2013) saat acara Asyura, kantor berita Shabestan melaporkan.

Pada saat yang bersamaan, Syaikh Zainulabidin Kamil, anggota Salafi al-Da’wah menyatakan, “Penentang diselenggarakannya acara-acara Syiah di hari Asyura termasuk pemerintah Mesir Sunni, dan apa yang dilakukan oleh kaum Syiah di hari Asyura adalah bertentangan dengan syariat Islam, khurafat dan bid’ah.”

Syaikh meminta kepada Muhammad Ibrahim, Meneg Mesir untuk melakukan pengawasan yang diperlukan untuk menghentikan acara-acara Syiah pada hari Asyura. [sm/islampos/ysb/sha]

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.086 kali, 1 untuk hari ini)