Syafiq Husain Khan, komandan milisi Zainibiyun yang tewas di Suriah


KIBLAT.NET, Aleppo – Sejumlah media Iran, Ahad (17/01), melaporkan kematian komandan baru milisi Zainabiyun di bawah naungan Garda Revolusi Iran. Komandan itu tewas dalam pertempuran di Suriah.

Beberapa sumber menyebutkan, Syafiq Husain Khan (nama komandan itu) tewas dalam pertempuran dengan mujahidin Suriah beberapa waktu terakhir. Sumber itu menegaskan bahwa ia termasuk komandan lapangan paling berpengaruh.

Seperti sebelumnya, media Iran tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Ibukota spiritual Syiah di Iran, Qum, September lalu menyaksikan pemakaman sepuluh anggota milisi Zainabiyun. Mereka dikuburkan di pemakaman khusus untuk para pahlawan.

Media-media resmi dan semi resmi Iran terus mengungkap kerugian yang dialami negaranya dalam pertempuran Suriah. Diperkirakan, ratusan tentara Iran, baik tentara resmi maupun tentara tidak resmi, tewas di Suriah. Sebagian di antaranya perwira tinggi.

Milisi Zainabiyun merupakan milisi bentukan Garda Revolusi Iran yang anggotanya para pengikut Syiah Pakistan. Mereka memanfaatkan situasi di negaranya untuk menyeberang ke Suriah dengan difasilitasi tentara Iran.

Mereka berdalih membela tempat-tempat suci Syiah di Suriah. Selain disenjatai, para milisi itu juga mendapat gaji. Menurut laporan Al-Jazeera, mereka aktif beroperasi di wilayah Aleppo.

By: kiblat.net (eldorar.com)/Hunef Ibrahim

(nahimunkar.com)