.

 

  • Mata Lelaki telah menayangkan adegan eksploitasi tubuh bagian dada dan paha secara medium close up dan gerakan tubuh (tarian) erotis.
  • KPI Pusat menilai bahwa tampilan gambar dada dan bokong secara vulgar tidak pantas disiarkan. Jenis pelanggaran di atas dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan pelarangan penyiaran adegan seksual dan norma kesopanan dan kesusilaan.

intelijen – Program siaran “Mata Lelaki” (Male) yang ditayangkan stasiun televisi Trans7, akhirnya dihentikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).  Stasiun milik konglomerat Chairul Tandjung itu dinilai telah menayangkan adegan erotis yang tidak pantas untuk disiarkan.

KPI Pusat berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis telah menemukan pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 pada Program Siaran “Mata Lelaki” yang ditayangkan oleh stasiun Trans 7 pada tanggal 10 Desember 2013 dimulai pukul  00.24 WIB.

Mata Lelaki telah menayangkan adegan eksploitasi tubuh bagian dada dan paha secara medium close up dan gerakan tubuh (tarian) erotis. Walaupun adegan tersebut disiarkan pada jam tayang “D” (Dewasa), namun KPI Pusat menilai bahwa tampilan gambar dada dan bokong secara vulgar tidak pantas disiarkan. Jenis pelanggaran di atas dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan pelarangan penyiaran adegan seksual dan norma kesopanan dan kesusilaan.

KPI Pusat memutuskan bahwa tindakan penayangan adegan itu telah melanggar P3 KPI 2012 Pasal  9 dan Pasal 16, serta SPS Pasal 9 dan Pasal 18 huruf h dan huruf i.

Sebelumnya, “Mata Lelaki” telah mendapatkan dua kali teguran tertulis, Surat Teguran Tertulis Pertama No. 583/K/KPI/10/12 tanggal 11 Oktober 2012 dan Surat Teguran Tertulis Kedua No. 352/K/KPI/06/13 tanggal 20 Juni 2013. KPI Pusat juga telah melaksanakan tahap klarifikasi pada tanggal 6 Januari 2014 di Kantor KPI Pusat.

KPI Pusat memutuskan menjatuhkan Sanksi Administratif Penghentian Sementara pada Program Siaran Mata Lelaki selama 1 (bulan) dengan pelaksanaan sanksi administratif mulai tanggal 20 Januari 2014 hingga tanggal 17 Februari 2014.

Selain itu, Trans 7 dilarang menyiarkan program dengan format sejenis pada waktu siar yang sama atau waktu lainnya.
Tak hanya itu, berdasarkan hasil evaluasi menyeluruh KPI Pusat atas penayangan program selama ini, KPI Pusat meminta menejemen Trans 7 agar mengganti program itu dengan program lain yang lebih memberi manfaat kepada publik pasca berakhirnya sanksi administrasi itu./ itoday.co.id, Posted On 16 Jan 2014 By : Indonesia Today

(nahimunkar.com)

(Dibaca 3.354 kali, 1 untuk hari ini)