Foto-foto: istimewa


SIKLON Tropis Cempaka yang menerjang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami bencana. Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi merata di hampir seluruh wilayah DIY berlangsung sejak pagi. Dan hingga pukul 11.00 dilaporkan terjadi longsor, banjir dan pohon tumbang di sejumlah titik.

Data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS PB) DIY menyebutkan adanya 23 titik pohon tumbang, 7 titik tanah longsor dan 2 titik banjir.

Secara rinci 23 titik pohon tumbang terjadi di wilayah Kota Jogja (1 titik), Kabupaten Bantul (3 titik), Kabupaten Kulonprogo (6 titik), Kabupaten Gunung Kidul (1 titik), Kabupaten Sleman (12 titik).

Pohon tumbang tersebut menimpa jaringan listrik dan Menimpa Rumah. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sedangkan tanah longsor yang terjadi pada 7 titik yakni di wilayah Kabupaten Bantul (3 titik), Kabupaten Kulonprogo (1 titik), Kabupaten Gunung Kidul (1 titik), Kabupaten Sleman (2 titik).

Longsor menimpa rumah dan pondok Pesantren di Kulon Progo. Akibatnya, 3 orang santri mengalami luka ringan.

Dua  titik kejadian banjir semuanya berada di wilayah Kabupaten Gunung. Banjir tejadi pada Fasilitas Pendidikan yakni SMK Pelayaran dan SMP 3 Saptosari Gunungkidul. Gedung sekolah tergenang sehingga proses belajar mengajar terganggu.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dampak adanya siklon di sebelah barat daya Bengkulu dan Selatan Pulau Jawa mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta,  Jawa Timur, dan Bali.

“Angin kencang hingga 20 knot berpotensi terjadi di wilayah selatan Jawa. Gelombang tinggi 1.25 – 2.5 meter di Perairan Selatan Jawa Timur hingga Selatan NTB, Samudera Hindia Selatan Bali dan Selatan NTB. Gelombang tinggi 2.5 – 4 meter di Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Selatan Jawa Tengah, Samudera Hindia Selatan P.Jawa,” tegas Dwikorita. (Wan)/cowasjp.com

***

[Sosial Rumaysho]

Ini foto bencana di Gunungkidul diambil pagi ini oleh relawan KOKAM.

Alamat bencana: Kampung Ngregis Cerbon, Dusun Nglipar Kidul, Desa Nglipar, Kecamatan Nglipar.

Beberapa daerah yang parah dengan banjir dan tanah longsor adalah Nglipar dan Semanu, dan daerah lainnya di pinggiran Kali Oyo. Beberapa daerah yang terendam banjir semalam, pagi ini sudah surut.

Insya-Allah Darush Sholihin akan menyalurkan bantuan untuk BENCANA GUNUNGKIDUL lewat Lazismu Kab. Gunungkidul. Pagi ini baru saja kami koordinasi dengan pihak Lazismu di Wonosari.

ANDA MAU MEMBANTU?

Darush Sholihin siap menyalurkan, silakan transfer via rekening:

* BCA 895009 2905 atas nama Muhammad Abduh Tuasikal
* BSM 7068478612 atas nama Yayasan Darush Sholihin Gunungkidul
* BRI 697501000452509 atas nama Yayasan Darush Sholihin

Konfirmasi ke 082313950500 via WA/SMS dengan format:
Sosial DS-Rumaysho# Nama# Alamat# No. Hape# Bank transfer# Jumlah transfer# Tgl transfer

Contoh:
Sosial DS-Rumaysho# Rini# Sleman DIY# 08156807937# BSM# 100.000# 29/11/2017

Bentuk bantuan DS-Rumaysho yang akan disalurkan: logistik bahan mentah, makanan, penurunan relawan KOKAM.

BAGI WARGA GUNUNGKIDUL YANG MEMBUTUHKAN BANTUAN, bisa menghubungi PDM Kab. Gunungkidul di Wonosari. Bantuan DS – Rumaysho akan disalurkan lewat lembaga tersebut.

Telp.Kantor PDM Gk (0274) 391400
LazisMu Gk 08122790478

—-

Info Peduli Rumaysho: 0811267791

-Muhammad Abduh Tuasikal (Pengasuh Rumaysho)

Pagi hari, 29/11/2017 @ Wonosari Gunungkidul

Mohon bantuan untuk sebar info ini pada yang lain.

Info DS | Rumaysho

Via FB Muhammad Abduh Tuasikal 

(nahimunkar.org)

(Dibaca 693 kali, 1 untuk hari ini)