Sosok ini adalah keturunan Kyai Asnawi, hingga bernama Kyai Nasafi Asnawi. Selama ini dia bertugas sebagai dosen di STAIN Salatiga sepulang dari kuliah di Mesir. Sebelumnya, dia kuliah di Fakultas Adab jurusan Bahasa Arab IAIN Jogja tamat 1980.

Dia mewarisi pesantren ayahnya, kini ada sekitar 100 mahasiswa yang belajar di Pesantran Nurul Asna di wilayah Salatiga Jawa Tengah.

Kegiatan mengajar di STAIN dan mengajar ngaji kitab-kitab di pesantren menjadi aktivitas sehari-hari pria dengan 7 anak ini. Sementara itu kegemarannya menggeluti bidang pertanian, peternakan, perikanan, bahkan pengobatan diujudkan bukan sekadar sebagai hobi namun dipraktekkan bahkan mengeluarkan beberapa produksi. Hingga dia bersama para santrinya memproduksi pupuk organik, dinamai Pupuk Organik Datuk Nasa-F1.

Di samping memproduksi pupuk organik, kyai ini juga memproduksi  Suplemen NA untuk ikan. Di empang samping rumahnya, ikan gurameh yang diberi suplemen NA, ketika dipanen beratnya rata-rata 8 kg.

Burung, ayam pedaging dan lainnya juga dia pelihara dengan suplemen yang dia produksi bersama para santrinya.

Di tengah menekuni keahlian yang langsung dia praktekkan dan produksi seperti itu, qadarullah dia pernah sakit parah. Dalam sakitnya itu dia mempelajari bagaimana cara mengobati, kemudian dia meramu obat herbal. Qadarullah kemudian sembuh. Dari situlah dia suka menolong orang yang sakit parah. Di antaranya ada temannya di Jawa Timur yang kena struk, maka dia kunjungi dan obati.

Meskipun demikian, kalau diminta untuk menatar di tingkat provinsi, ternyata dia bukan untuk menatar pengobatan. Pemda rupanya lebih tertarik untuk memintanya agar menatar tentang pertanian, yang sekaligus justru dia menantang kepada hadirin, siapa yang mau tanya tentang petanian, peternakan, dan perikanan, ayo. Boleh tanyakan. “Tapi jangan tanya, kalau tidak mau beli pupuk organic ini”, ucapnya. “Tidak saya layani”, katanya pula.

Sebagai kyai, kadang dikunjungi pula oleh kyai lain. Suatu ketika kyai yang bertamu disuguhi makan, dia heran, nasinya enak sekali, yang itu kalau di Jakarta harganya mahal. Lalu dijelaskan bahwa itu hasil panenannya sendiri yang diberi pupuk organic produksi para santrinya. Rupanya kyai yang tamu ini bukannya beli pupuk yang dijelaskan itu, tapi malah beli berasnya saja dua kwintal dari kyai yang memang juga  jual beras ini.

Dalam situsnya, http://pupukorganikdatuknasa-f1.blogspot.com, kyai ini memajang gambar dan alamatnya.

Datuk Nasa-F1_83456475234

PUPUK ORGANIK DATUK NASA-F1

KH DATUK NASA-F1

No HP 081 575459 950

Alamat :

JL. Kyai Haji Asnawi, Rt 01/Rw 03, Kelurahan Kecandran

Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah

AKTE NOTARIS NO.36 Tanggal 12-10-2009

Telp : (KH. NASAFI) 081575459950

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.773 kali, 1 untuk hari ini)