Posting Foto KH Ma’ruf Amin Sholat, KH Idrus Ramli Cerita Khalifah Umar ‘Pensiun’

Ngelmu.co, JAKARTA – Rais Syuriah PCNU Kencong, Jember, Jawa Timur KH Muhammad Idrus Ramli memposting sebuah foto KH Ma’ruf Amin sedang sholat berjamaah.

Dalam foto yang diposting tersebut, KH Ma’ruf Amin yang kin menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Capres petahana Joko Widodo itu sholat dengan posisi duduk di kursi. Sementara disekelilingnya ada Jokowi dan JK turut serta menjadi makmum dalam sholat tersebut.

Namun demikian, pria yang dikenal sebagai pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri ini tidak menuliskan perihal sholat KH Ma’ruf tersebut. Justru dia menuliskan caption yang menyertainya soal khalifah Umar bin al-Khaththab.

“Khalifah Umar bin al-Khaththab radhiyallaahu ‘anhu memasuki usia 63 tahun. Suatu ketika beliau menumpuk tumpukan kerikil. Lalu sebagian bajunya beliau jadikan alas di atasnya. Beliau kemudian terlentang. Kedua tangannya beliau angkat ke atas seraya berdoa:

اللَّهُمَّ كَبِرَتْ سِنِّي ، وَضَعُفَتْ قُوَّتِي ، وَانْتَشَرَتْ رَعِيَّتِي ، فَاقْبِضْنِي إِلَيْكَ غَيْرَ مُضَيِّعٍ وَلا مُفَرِّطٍ “

Ya Allah, usiaku sudah tua, kekuatanku lemah, dan rakyatku menyebar di mana-mana, maka cabutlah aku kepada-Mu dalam keadaan tidak mengabaikan dan tidak melampaui batas,”cerita KH Idrus Ramli, seperti dikutip Ngelmu.co dari akun facebooknya, Ahad (20/1/2019).

Idrus Ramli kemudian melanjutkan ceritanya tidak lama kemudian Khalifah Umar wafat setelah ditikam oleh seorang laki-laki Majusi ketika menjadi imam shalat subuh.

“Itulah Khalifah Umar. Usianya memasuki 63 tahun, memohon pensiun kepada Allah, tidak hanya dari jabatan khilafah yang tanggungjawabnya memang berat, tetapi juga beliau memohon pensiun dari kehidupan. Semoga kisah ini menjadi pelajaran,”pungkasnya.

Sontak, status Idrus Ramli tersebut menjadi sorotan warganet. Warganet kemudian menghubungkan status caption dengan foto yang menyertainya tersebut.

“Kyai Maruf begitu ingin jadi penguasa diusianya yg sudah sepuh. Semoga Allah menjadikan beliau Ulama saja sampai akhir hayatnya. Bukan wakil presiden. Amin,”kata akun Arifin Matla.

“Debat sanggup berdiri, namun waktu sholat kok gak? Mungkinkah sholat sunnah?” ujar Ferry Andian.

“Doakan beliau sehat panjang umur….  Dinarasikan dengan kisah Umar bin Khattab begini, kok rasanya bagaimana gitu….,”kata Bana Samarra.

Hingga berita ini ditayangkan, status tersebut sudah mendapatkan respon 495 komentar, 490 share dan 1,2 ribu warganet memberikan suka dan tanggapannya.

Sumber : ngelmu.co

(nahimunkar.org)

(Dibaca 2.594 kali, 1 untuk hari ini)