Lagi-lagi TKA China Komunis, 1800 Orang akan Didatangkan

ke Pabrik Bauksit di Bintan

 

 

Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Mentri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Edy Probowo melakukan rapat kerja dengan stakeholder terkait dalam rangka menggali strategi peningkatan ekonomi di Kepri pasca pandemi covid 19.

Rapat bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dilaksanakan pada Kamis (2/7) di Batam. Rapat itu menghasilkan strategi untuk mendukung perekonomian juga digali dari Investasi Industri serta sektor kelautan dan perikanan.

Luhut Panjaitan menjelaskan beberapa poin penting yang dibahas dan menjadi kesepakatan bersama yaitu, mendukung rencana proyek pengolahan biji bauksit menjadi Alumina di Kabupaten Bintan, Kepri.

Rencananya perusahaan itu, sacara resmi beroperasi sekitar Januari 2021. Tak tanggung-tanggung, perusahaan tersebut akan menyerap sekitar 20.000 pekerja.

“Di Bintan ada pembangunan proyek pengolahan biji Bauksit menjadi Alumina serta produk turunanya untuk dijadikan bahan industri. Akan ditempatkan sekitar 10 persen tenaga kerja asing (TKA) yang berasal dari Tiongkok, karena memang investasinya dari sana,” kata Luhut, usai rapat di Batam sebagaimana dikutip dari Gatra.com (2/7/2020).

Luhut mengatakan, perusahaan tersebut sedang menyiapkan alat produksi dan jaringan listrik. Menurutnya, sekitar 5.000 pekerja telah disiagakan, 1.800 orang TKA asal Cina tengah siap untuk didatangkan.

Menurut perkiraan, perusahaan tersebut akan menyerap sekitar 20.000 tenaga kerja akan berlangsung hingga akhir tahun 2020.

“Pada tahap awal sekitar 3.200 orang tenaga kerja lokal akan mengisi beberapa posisi strategis dalam pengolahan biji Bauksit itu, transfer pengetahuan teknologi dari TKA juga akan dilakukan di tengah produksi berjalan. Pekerja asing akan ditempatkan secara sementara, pada bagian teknis produksi,” urainya.

Luhut mengaku, sekitar 90 persen pekerja teknis berasal dari TKA perusahaan tersebut sangat membutuhkan tenaga listrik sebesar 2.800 mega watt yang harus diproduksi sendiri secara mandiri oleh teknisi asing.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri Isdianto merespon positif pembangunan pabrik pengolahan biji bauksit di Bintan. Hal tersebut akan menjadi bagian proyek strategis pemerintah yang akan menyerap ribuan tenaga kerja lokal.

Dengan demikian Isdianto meminta perusahaan tersebut untuk lebih memperhatikan para pekerja lokal dari daerah setempat.

“Dalam hal ini, Pemprov Kepri berupaya memberikan pelayanan terbaik, dalam segi pemanfaatan lahan juga akan memperhatikan ketentuan yang berlaku. Masyarakat sekitar lokasi eksploitasi tentu mendapatkan manfaat dari keberadaan proyek tersebut,” ucapnya.[gatra/brz/nu]

Nasrullah

idtoday.co – Juli 6, 2020

 

***

 

“Waspadai Modus Serbuan Wisatawan China ke Pulau Bintan” by @YudisSejahtera

Posted on 22 Desember 2016

by Nahimunkar.org


yudisejahtera @yudissejahtera19/12/2016 20:10:50 WIB

Waspada Modus Serbuan Wisatawan China ke Bintan. pic.twitter.com/jGvqoKxk2O

yudisejahtera @yudissejahtera19/12/2016 20:13:04 WIB

Berita kemarin : 500 Wisman Tiongkok Ditargetkan Masuk ke Bintan Setiap Hari industri.bisnis.com/read/20161218/… Yakin Mereka Benar2 Ingin Berwisata?

URL Bisnis.com 1500 Wisman Tiongkok Ditargetkan Masuk ke Bintan Setiap Hari | Industri – Bisnis.comKerja sama antara Kemenpar, Citilink Indonesia dan Wanda Group menargetkan sebanyak 500 wisatawan mancanegara asal Tiongkok yang didatangkan setiap hari ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).


Fenomena membludaknya TKC di Indonesia ini sdh bbrp kali dibantah pemerintah tak terkait dgn membengkaknya utang LN & investasi dari China.

Namun bantahan pemerintah tsb bertolak belakang dg banyaknya temuan di lapangan terkait jmlh TKC yg mendominasi pengerjaan bbrp proyek di RI

Setidaknya TKC tsb bs dg mudah ditemukan dlm proyek pengerjaan misalkan pembangunan PLTU Celukan Bawang di Buleleng. https://t.co/nF7pWIsr0l



Masih ingatkah dgn berita ini? Terdapat ratusan TKC yg bekerja di PT. Cemindo Gemilang di Lebak, Banten. https://t.co/ltNztjJ0ov

 

https://www.nahimunkar.org/waspadai-modus-serbuan-wisatawan-china-pulau-bintan-by-yudissejahtera/

(nahimunkar.org)

(Dibaca 204 kali, 1 untuk hari ini)