NEW YORK (gemaislam) – Sebuah laporan dari staff ahli PBB menyebutkan bahwa Iran telah memasok persenjataan kepada kelompok pemberontak Hutsiyin sejak tahun 2009. Laporan ini telah diajukan kepada Dewan Keamanan PBB.

Laporan ini muncul setelah para ahli menyelidiki penangkapan kapal “Jihan” milik pemerintah Iran pada 2013 silam. Dari kapal itu didapati berbagai macam persenjataan untuk pemberontak Hutsiyin.

Penyelidikan lebih lanjut menunjukkan bahwa operasi pengiriman senjata ini bukanlah yang pertama kali. Menurut laporan, operasi bahkan telah dimulai sejak 2009 lalu, demikian seperti dikutip dari alarabiya, Jumat (1/5/2015).

“Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa Iran merupakan sumber pemasok senjata bagi kelompok Hutsiyin di Yaman. Dan tidak mustahil juga hal ini terjadi di beberapa negara lainnya,” tulis laporan tersebut.

Disebutkan juga bahwa dalam rentang 2009-2013, beberapa kapal asing dari Iran telah diamankan oleh pemerintah Yaman. Barang bukti berupa ribuan roket juga telah disita.

Laporan PBB ini juga senada dengan pernyataan yang disampaikan oleh pakar politik Timur Tengah, Dr Abdullah An-Nafisy. An-Nafisy bahkan mengungkapkan metode pemasokan senjata dan pelatihan militer yang diberikan Iran kepada kelompok teroris Hutsiyin.

Redaktur : Aziz Rachman

(nahimunkar.com)

(Dibaca 464 kali, 1 untuk hari ini)