(Khutbah Jum’at)

(Bahasa Jawa, yang Bahasa Indonesia di bawah)

Dening Hartono Ahmad Jaiz

Cahaya-Lilinl_83246324327

Ilustrasi : arrahmah.com

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ …

فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Jama’ah Jum’ah rahimakumullah, mangga kita sedaya bersyukur dhateng Allah Subhanahu wa Ta’ala ingkang sampun berkenan maringi pinten-pinten keni’matan bahkan hidayah dhateng kita sedaya.

Shalawat lan salam mugi-mugi Allah tetapkan kangge Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para sahabatnya, lan para pandherekipun ingkang setia kaliyan sae ngantos akhir zaman.

Jama’ah Jum’ah rahimakumullah, mangga kita sedaya senantiasa bertaqwa dhateng Allah kaliyan saleres-lerese taqwa,nglampahi perintah-perintahipun Allah sakiyat kesagedan kita sedaya, lan nebihi larangan-laranganipun.

ing kesempatan ingkang mulia punika badhe kami aturaken sawilangan Hujjah larangan ndherek Perayaan Natal lan taun enggal. mugi-mugi masalah punika saged difahami lan manfaat kangge kita sedaya. Amien.

Allah ta’ala berfirman:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا  [النساء/115]

Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. (QS An-Nisaa’: 115).

Lan sinten ingkang menentang Rasul sasampune keleresan cetha terang kangge piyambake, lan ndhereki dalan ingkang sanes dalane tiyang-tiyang mukmin, Kami biarkan piyambakipun leluasa majeng kesesatan ingkang sampun dipun kuwaosi punika lan Kami cemplungaken piyambakipun ing Jahannam, lan Jahannam punika saawon-awone panggen wangsul. (QS An-Nisaa’: 115).
Imam As-Sa’di ing Kitab tafsire mertelakaken,

{ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ }

Dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, (yang dimaksud) jalan orang mukmin yaitu jalan kaum mukmin dalam aqidah (keyakinan) dan amal-amalnya.

lan ndhereki dalan ingkang sanes dalane tiyang-tiyang mukmin, (ingkang dipun maksud) dalane tiyang mukmin yaiku dalane kaum mukmin ing  aqidah (kepitadosan) lan amal-amalipun.
Saking penjelasan punika, saben dalan ingkang mboten sami kaliyan aqidah lan amaliyah mukiminin mila sanes dalane tiyang mukmin, mila wajib dihindari. amargi menawi dipun dhereki mila Allah sampun mengancamnya kaliyan ungkapan:Kami biarkan piyambakipun leluasa majeng kesesatan ingkang sampun dipun kuwaosi punika lan Kami cemplungaken piyambakipun ing Jahannam, lan Jahannam punika saawon-awon panggen wangsul.
Jamaah Jum’ah rahimakumullah, klebet sanes dalane tiyang mukmin ingkang jelas-jelas yektos yaiku perayaan natal lan taun enggal, ingkang kasebut Misa Kristus utawi Christmas utawi natalan.
Perayaan kelairane Yesus kasebut Christmas utawi Misa Kristus.
“Mass” utawi Misa nduwe artos “misi”, dados (miturut kepitadosan Nasrani, red) mereka dipun kengken kangge mewartakan kabar sukacita babagan kedathengane Sang Juru selamat.
http//luxveritatis7wordpresscom
Punika jelas sanes dalane tiyang-tiyang Mukmin. Amargi menika, pramila Ummat Islam dipun awisi ndhereki,mengucapi wilujeng dhateng mereka lan mboten angsal terlibat ing kegiatan-kegiatan perayaane mereka.
Punika sawilangan hujjah dipun awisinipun kangge Ummat Islam, kami kutip saking fatwa Syaikh Abdullah al-Faqih, ngengingi hukum Perayaan Natal lan taun enggal Masehi – kangge Ummat Islam.
Syaikh Abdullah Al-Faqih njelasaken makaten: “…mboten angsal kangge satiyang Muslim bergabung kaliyan Ahli Kitab (Yuahudi utawi Nasrani) ing perayaan dinten ageng Christmas (Misa Kristus, natal, kelairane Yesus) utawia “taun enggal Miladiyah”, lan mboten angsal mengucapi wilujeng dhateng mereka, amargi riyadi punika saking jenis amal mereka ingkang punika agami ingkang khusus kangge mereka, utawi syiar agami mereka ingkang batil. Saestu kita sedaya sampun dipun awisi menyepakati mereka ing dinten-dinten ageng mereka, ingkang hal punika sampun dipun tunjukaken dening Al-Quran, As-Sunnah, ijma’ lan i’tibar (ungkapan ingkang saged dipun pendhet dados piwulang):

1. wodening saking Al-Quran mila firman Allah Ta’ala:

وَالَّذِيْنَ لاَ يَشْهَدُوْنَ الزُّوْرَ وَإِذَا مَرُّوْا بِاللَّغْوِ مَرُّوْا كِرَاماً

72.  Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya. (QS Al-Furqan: 72).

72. lan tiyang-tiyang ingkang mboten maringi persaksian palsu, lan menawi mereka kepanggih kaliyan (tiyang-tiyang) ingkang nyambut damel pandamel-pandamel ingkang mboten guna, mereka liwati (kemawon) kaliyan njagi kebektosan badanipun. (QS Al-Furqan: 72).
Imam Mujahid wicanten ing lebete nafsiri ayat punika: sayektosipun menika  dinten-dinten agenge tiyang-tiyang musyrik, mekaten ugi dipun ginemaken mekaten dening Ar-Rabi’ bin Anas, Al-Qadhi Abu Ya’la, lan Ad-Dhohhak.
Ibnu Sirin wicanten: az-zuur (palsu) yaiku sya’anin, yaiku dinten ageng kangge Nasrani ingkang mereka entenaken ing dinten Ahad ingkang riyenipun kangge riyadi paskah lan mereka berpesta ing nglebetipun kaliyan mbekta perlengkapan, lan mereka nginten bahwa punika adalah peringatan untuk masuknya Isa Al-Masih ke Baitul Maqdis, seperti dijelaskan dalam kitab Iqtidho’us shirothil mustaqiem 1/ 537 lan al-Mujam Al-Wasith 1/ 488.

Arah panunjukan dalil punika yaiku bahwa menawi Allah sampun memuji pandamel ninggalaken persaksian (terhadap dinten-dinten ageng mereka) ingkang punika namung sekadar dhateng kaliyan ningali utawi mireng (kemawon kedah dipun tilaraken), mila kados pundi ugi kaliyan menyetujui menapa ingkang langkung saking punika berupa pandamel ingkang justru pandamel zuur (palsu, perayaan dinten ageng mereka), mboten sekadar menyaksikannya.

2. wodening saking As-Sunnah: mila ing antawisipun hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, piyambakipun wicanten;

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الْمَدِينَةَ وَلَهُمْ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ « مَا هَذَانِ الْيَوْمَانِ ». قَالُوا كُنَّا نَلْعَبُ فِيهِمَا فِى الْجَاهِلِيَّةِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْرِ ». رواه أبو داود، وأحمد، والنسائي على شرط مسلم.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, dan mereka mempunyai dua hari, mereka bermain-main pada kedua hari itu, maka Rasulullah bertanya:  “Ini dua hari apa?”

Mereka menjawab; Kami dulu bermain pada kedua hari ini di masa jahiliyah. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Sesungguhnya Allah sungguh telah mengganti yang lebih baik dari keduanya itu untuk kamu yaitu hari raya adha (qurban) dan hari raya fithri (berbuka). (HR Abu Dawud, Ahmad, dan An-Nasaai atas syarat Muslim).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datheng ing Madinah, lan mereka nggadhahi kalih dinten, mereka bermain-main ing kalih dinten punika, mila Rasulullah pitaken: “punika kalih dinten menapa?”
mereka mangsuli; Kami riyen bermain-main ing kalih dinten punika ing masa jahiliyah. lajeng Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam wicanten: “sayektos Allah saestu sampun nggantosi ingkang langkung sae saking kekalihipun punika kangge sampeyan yaiku riyadi adha (qurban) lan riyadi fithri (buko). (HR Abu Dawud, Ahmad, lan An-Nasaai atas syarat Muslim).

Arah panunjukan dalil punika bahwa kalih riyadi jahiliyah mboten dipun parengaken dening Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lan Nabi mboten ngangsalaken mereka dolanan ing kalih riyadi punika berdasar kebiyasaan, nanging bahkan Nabi wicanten: “sayektos Allah saestu sampun ngganti ingkang langkung sae saking kekalihipun punika…” panggantosan saking samukawis punika menuntut kangge ninggalaken menapa ingkang sampun dipun gantos, amargi mboten angsal ngempal antawis panggantos lan ingkang dipun gantos.

lan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
خَيْرًا مِنْهُمَا ingkang langkung sae saking kekalihipun punika menuntut panggantosan menapa ingkang nate enten ing masa jahiliyah kaliyan ingkang disyari’atkan dhateng kita sedaya (yaiku kalih riyadi, Iedul Adha lan Iedul Fithri)..

3. wodening saking Ijma’: kalebet ingkang kasumarepan saking sejarah bahwa tiyang-tiyang Yahudi lan Nasrani senantiasa enten ing kitha-kithane tiyang Muslimin, mereka ngawontenaken dinten-dinten ageng mereka ingkang mereka gadhahi, nanging mekaten, mboten enten ing zaman salaf ing antawis muslimin ingkang ndhereki mereka ing hal punika sekedhika. mekaten ugi menapa ingkang dipun tumindakake Umar bin Khatthab dalam syarat-syaratnya beserta ahli dzimmah yang disepakati para sahabat dan seluruh fuqoha’ (ahli fiqih) sesudah mereka: bahwa ahli dzimmah yaitu Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) tidak menampakkan hari-hari besar mereka di negeri Islam, ini dulu kesepakatan mereka sesungguhnya hanyalah untuk melarang mereka menampakkan hari-hari besar mereka, maka bagaimana membolehkan bagi muslimin mengerjakannya? Bukankah perbuatan seorang muslim untuk hari raya mereka itu lebih keras larangannya daripada penampakan orang kafir  (sendiri) terhadap hari besarnya?

Umar radhiyallahu ‘anhu saestu sampun wicanten: sampeyan tebihi dening sampeyan sakalian saking gineman kaliyan bahasane tiyang-tiyang asing, lan ampun mlebet datheng tiyang-tiyang musyrik ing dinten-dinten raya mereka ing gereja-gereja mereka, amargi sayektos kemurkaan saweg mandhap-mandhap dhateng mereka.(Diriwayatkan Abu Al-Syaikh Al-Ashbahani lan Al-Baihaqi kaliyan sanad shahih). Diriwayatkan ugi dening al-Baihaqi saking Umar ugi, criyosipun: sampeyan tebihi dening sampeyan sakalian mengsah-mengsahe Allah ing dinten-dinten raya mereka.
Imam Ibnu Taimiyyah wicanten: Umar punika sampun ngawisi kangge melajari bahasane mereka, lan ngawisi sekadar mlebet gereja mereka ing riyadi mereka, mila kados pundi kaliyan (nyambut damelaken) pandamel sebagian pandamel-pandamel mereka? utawi (kados pundi ugi) nyambut damelaken menapa ingkang klebet tuntutan agami mereka? Bukankah menyepakati pandamel mereka punika langkung ageng daripada menyepakati bahasanipun? Bukankah (ndhereki) pandamel sebagian pandamel-pandamel ing riyadi mereka punika langkung ageng (laranganipun) daripada sekadar mlebet datheng kalangan mereka ing riyadi mereka?

Lan nalika kemurkaan (Allah) mandhap dhateng mereka ing riyadi mereka sebab pandamel mereka, mila tiyang ingkang bergabung kaliyan mereka ing pandamel utawi sebagianipun, bukankah saestu sampun menyambut siksa ingkang mekaten? lajeng ucapan Umar: lan sampeyan tebihi dening sampeyan sisan mengsah-mengsahe Allah ing riyadi mereka; bukankah punika mukawis larangan kangge manggihi mereka lan ngempal kaliyan mereka ing riyadi mereka. Mila kados pundi malih (dilarangipun) babagan (ndhereki) pandamel riyadi mereka… (Ibnu Taimiyyah,Iqtidhous Shirothil Mustaqiem 1/ 515).

4. wodening saking pamendhetan piwulang (I’tibar) mila dipun ginemaken: dinten-dinten raya yaiku klebet rangkaian syari’at, manhaj (dalan, system pemahaman) lan tatacara peribadahan (manasik) ingkang sampun Allah firmankan ing antawispun:

 لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجاً [المائدة:48].

. untuk tiap-tiap umat diantara kamu[422], kami berikan aturan dan jalan yang terang. (QS Al-Maaidah: 48).

[422]  Maksudnya: umat Nabi Muhammad s.a.w. dan umat-umat yang sebelumnya.

 kangge saben-saben umat diantara kamu[422], Kami sukakna tatanan lan dalan ingkang terang. (QS Al-Maaidah: 48).
[422] maksudipun: umat Nabi Muhammad s.a.w. lan umat-umat ingkang saderengipun.

Ibnu Taimiyyah wicanten: mila mboten enten bedanipun antawis bergabung kaliyan mereka ing riyadi mereka lan antawis bergabung kaliyan mereka ing sedaya manhaj (dalan, system pangerten), amargi nyetujoni sedaya riyadi punika yaiku nyetujoni kekafiran, lan nyetujoni sebagian cabangnya punika yaiku nyetujoni sebagian cabang kekafiran. Bahkan dinten-dinten raya punika klebet paling khas saking menapa ingkang menandai syari’at, lan klebet ingkang paling katingal ing antawis syiar-syiar, mila persetujuannya iku nyetujoni syari’at kekafiran ingkang paling khusus lan syiar kekafiran ingkang paling yektos. Dan tidak diragukan lagi bahwa menyetujui hal ini sungguh telah sampai pada kekafiran dalam keseluruhan dengan syarat-syatanya. (Ibnu Taimiyyah, IqtidhousShirothil Mustaqiem 1/ 528).
Piyambakipun (Ibnu Taimiyah) wicanten ugi; lajeng sayektos riyadi mereka punika saking agami ingkang dilaknat, yaiku agaminipun punika piyambak lan ugi pemeluknya. mila yen nyetujoni artinya nyetujoni penyebab murka lan siksane Allah ingkang mereka punika dikhususkan kaliyan (murka lan siksa menika).

Klebet segi piwulang ugi: bahwasanya menawi dipun angsalaken pandamel ingkang sekedhik saking ingkang mekaten (yakni ndhereki riyadi mereka) mila ngakibataken dhateng pandamel ingkang kathah, lajeng menawi sampun populer mila tiyang-tiyang awam memasukinya dan mereka lupa asalnya (itu dari orang kafir) sehingga dados kebiyasaane manusia bahkan (dados) dinten ageng kangge mereka, dadosipun menirukan hari raya Allah, bahkan kadang langkung malih, sehingga hampir berlangsung pejahipun Islam lan gesangipun kekafiran…

Punika ingkang dipun gampilaken Allah nyebutaken saking dalil-dalil. Lan sinten ingkang kersa pados tambahan malih mila kersoa mengkaji kitab  Iqtidhoush shirotil mustaqiem mukholafati ash-habil jahiem oleh Ibnu Taimiyyah, lan kitab Ahkamu ahlidz dzimmah oleh Ibnul Qayyim, lan kitab al-wala’ wal bara’ fil Islam oleh Muhammad Sa’id Al-Qahthani.

 Berlandaskan  hal ingkang sampun kasebat punika mila kami ginemaken; mboten angsal kangge satiyang muslim bergabung kaliyan ahli kitab ing dinten-dinten agenge mereka, amargi sampun jelas dalil-dalil ingkang kasebat saking Al-Quran, As-Sunnah, Ijma’ lan I’tibar. Sami kaliyan mboten angsal mengucapi wilujeng dhateng mereka kaliyan dinten-dinten raya mereka amargi menika klebet karakteristik (ciri khas) agami mereka utawi dalan-dalane mereka ingkang batil.

Imam Ibnul Qayyim wicanten: wodening ucapan selamat dhateng syiar-syiar kekafiran ingkang khusus dengannya, mangka haram kanthi ijma’ (utawi kesepakatane ‘ulama), kados menawi mengucapi wilujeng dhateng mereka (gegandengan) kaliyan dinten-dinten rayane mereka lan siyame mereka, kaliyan ngucapi; riyadi ingkang diberkahi dhateng sampeyan, utawi wilujeng riyadi punika, lan sak-werninipun, mila punika menawi (taksih) wilujeng pengucapnya saking kekafiran, nanging damelanipun punika piyambak klebet ingkang diharamkan, lan punika ing posisi ucapan selamat dhateng (tiyang ingnkang) sujudnya ing salib, bahkan hal punika langkung ageng dosanya ing sisi Allah, lan langkung dimurkai sanget daripada ucapan selamat dhateng tiyang ingkang minum khamr, mateni wong, lan ndamel dosa ing farji ingkang haram (berzina) lan sak-werninipun.

Kathah ing antawis tiyang ingkang mboten menghargai agami ing sisinya ingkang dhawah ing hal ingkang mekaten, lan piyambakipun mboten sumerep awonipun, menapa ingkang piyambakipun damel, mila barangsiapa mengucapi selamat dhateng seseorang ing kemaksiatannya utawi bid’ahnya utawi kekafirannya mila saestu piyambakipun menyambut murkane Allah lan dukanipun… lan saterusipun.

Saged dipun tingali ing  kitab Ahkamu Ahlidz Dzimmah 1/ 161 fasal ngengingi ucapan wilujeng dhateng ahlidz dzimmah dening Ibnul Qayyim.

Menawi satiyang wicanten: tiyang ahli Kitab mengucapi wilujeng dhateng kami ing dinten-dinten raya kami mila kados pundi kami mboten mengucapi dhateng mereka ing dinten-dinten raya mereka sebagai pergaulan setara lan membalas pambektosan lan ngatingalaken toleransi Islam… lan saterusipun?

wangsulanipun: supados dipun ginemaken: menawi toh mereka mengucapi wilujeng dhateng kita sedaya ing dinten-dinten raya kita sedaya, mila mboten angsal kita sedaya mengucapi wilujeng ing dinten-dinten raya mereka, karena adanya perbedaan. Dinten-dinten raya kita sedaya punika haq (leres) saking agami kita sedaya ingkang leres. benten kaliyan dinten-dinten raya mereka ingkang batil punika ingkang saking agami mereka ingkang batil, mila senajan mereka mengucapi wilujeng dhateng kita sedaya atas keleresan mila kita sedaya mboten mengucapi mereka atas kebatilan.

Lajeng sayektos dinten-dinten agenge mereka punika mboten ucul saking maksiat lan kemunkaran, lan ingkang paling ageng saking ingkang mekaten punika yaiku pengagungan mereka dhateng salib lan kemusyrikan mereka dhateng Allah Ta’ala. napa enten kemusyrikan ingkang langkung ageng dipun banding tuduhan mereka dhateng Isa ‘alaihis salam bahwa piyambakipun niku Tuhan utawi anak Tuhan? Maha Inggil Allah saking menapa ingkang mereka ginemaken

سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ عَمَّا يَقُوْلُوْنَ عُلُوًّا كَبِيْراً

Maha Suci dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang sebesar-besarnya. (QS Al-Israa’: 43).

Maha Suci lan maha inggil piyambakipun saking menapa ingkang mereka ginemaken kaliyan keinggilan ingkang saageng-agengipun. (QS Al-Israa’: 43).

kajawi menika, menapa ingkang kedadosan ing perayaan-perayaan mereka ing dinten-dinten ageng mereka berupa pemerkosaan terhadap kehormatan, pandamel keji, minum kangge mendem-mendeman, hura-hura, lan pandamel tanpa isin, yaiku menapa ingkang ngakibataken dukanipun Allah lan murka-Nya. mila napa prayogi kangge Muslim ingkang mengesakan Allah rabbil ‘alamien menawi bergabung utawi mengucapi wilujeng dhateng mereka berkaitan kaliyan punika!!!

Elinga, mila bertaqwalah dhateng Allah wahai mereka ingkang nganggep enteng ing prakawis-prakawis makaten, lan kedahipun mereka wangsul dhateng agami mereka. Kami nyuwun dhateng Allah supados piyambakipun ndandosi kawontenan kami lan kawontenan sedaya Muslimin.
Wallahu a’lam.
mekaten penjelasana Mufti Markaz fatwa kaliyan bimbingan Dr Abdullah Al-Faqih. (fatawa Ash-Shabakah al-Islamiyyah juz46 halaman 104, nomor 26883, 10 Dzulqa’dah 1425H/ islamweb).

Jama’ah jum’ah rahimakumullah, saksampune kita sedaya sumerep hujah-hujjahnya, mila mboten enten alesan malih kangge ndhereki dalan mereka.

Menawi taksih nekat, nduwe artos mboten menggubris ancaman Allah Ta’ala kados kesebat ing inggil, yaiku:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا  [النساء/115]

Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. (QS An-Nisaa’: 115).

Lan sinten ingkang menentang Rasul sasampune keleresan cetha terang kangge piyambake, lan ndhereki dalan ingkang sanes dalane tiyang-tiyang mukmin, Kami biarkan piyambakipun leluasa majeng kesesatan ingkang sampun dipun kuwaosi punika lan Kami cemplungaken piyambakipun ing Jahannam, lan Jahannam punika saawon-awone panggen wangsul. (QS An-Nisaa’: 115).

Mugi-mugi kita sedaya dipun sukani kefahaman dening Allah Ta’ala ing agami Islam ingkang diridhoiNya punika, lan dianugerahi kesagedan kangge ngamalaken sasae-saenipun kaliyan ikhlas lillahi Ta’ala, tanpa ndhereki lampah-lampah kajawi dalane kaum mukminin. Amien ya Rabbal  ‘alamien.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ .

Khutbah kedua:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ. أَمَّا بَعْدُ؛ وَلاَ تَكُونُواْ كَالَّذِينَ قَالُوا سَمِعْنَا وَهُمْ لاَ يَسْمَعُونَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

 وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى نَبِيِّهِ مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ تَسْلِيمًا كَثِيرًا . وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ .

(nahimunkar.com)

***

Sejumlah Hujjah Larangan Ikut Perayaan Natal dan Tahun Baru

Bahasa Indonesia

(Khutbah Jum’at )

Oleh Hartono Ahmad Jaiz

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.
يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ …

فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Jama’ah Jum’ah rahimakumullah, marilah kita bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah berkenan memberikan berbagai keni’matan bahkan hidayah kepada kita.

Shalawat dan salam semoga Allah tetapkan untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya yang setia dengan baik sampai akhir zaman.

Jama’ah Jum’ah rahimakumullah, mari kita senantiasa bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa, menjalani perintah-perintah Allah sekuat kemampuan kita, dan menjauhi larangan-laranganNya. Dalam kesempatan yang mulia ini akan kami  kemukakan Sejumlah Hujjah Larangan Ikut Perayaan Natal dan Tahun Baru. Semoga masalah ini dapat difahami dan bermanfaat bagi kita semua.

Allah ta’ala berfirman:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا  [النساء/115]

Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. (QS An-Nisaa’: 115).

Imam As-Sa’di dalam tafsirnya menjelaskan,

{ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ }

Dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, (yang dimaksud) jalan orang mukmin yaitu jalan kaum mukmin dalam aqidah (keyakinan) dan amal-amalnya.

Dari penjelasan itu, setiap jalan yang tidak sesuai dengan aqidah dan amaliyah mukiminin maka bukan jalan orang mukmin, maka wajib dihindari. Karena kalau diikuti maka Allah telah mengancamnya dengan ungkapan: Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.

Termasuk bukan jalan orang mukmin yang jelas-jelas nyata adalah perayaan natal dan tahun baru, yang disebut Misa Kristus atau Christmas atau natalan.

Perayaan kelahiran Yesus disebut Christmas atau Misa Kristus.

“Mass” atau misa berarti “misi”, jadi (menurut keyakinan Nasrani, red) mereka diutus untuk mewartakan kabar sukacita tentang kedatangan Sang Juruselamat.

(http://luxveritatis7.wordpress.com)

Itu jelas bukan jalan orang-orang Mukmin. Oleh karena itu, Ummat Islam dilarang mengikutinya, mengucapi selamat kepada mereka dan tidak boleh terlibat dalam kegiatan-kegiatan perayaan mereka.

Berikut ini sejumlah hujjah dilarangnya bagi Ummat Islam, kami kutip dari fatwa Syaikh Abdullah al-Faqih, mengenai Hukum Perayaan Natal dan Tahun Baru Masehi – bagi Ummat Islam.

Syaikh Abdullah Al-Faqih menjelaskan sebagai berikut: “…Tidak boleh bagi seorang Muslim bergabung dengan Ahli Kitab (Yuahudi atau Nasrani) dalam perayaan hari besar Christmas (misa Kristus, natal, kelahiran Yesus) ataupun “tahun baru Miladiyah”, dan tidak boleh mengucapi selamat kepada mereka, karena hari raya itu termasuk jenis amal mereka yang itu adalah agama mereka yang khusus bagi mereka, atau syiar agama mereka yang batil. Sungguh kita telah dilarang menyepakati mereka dalam hari-hari besar mereka, yang hal itu telah ditunjukkan oleh Al-Qur’an, As-Sunnah, ijma’ dan i’tibar (ungkapan yang dapat diambil sebagai pelajaran):

1. Adapun dari Al-Qur’an; maka firman Allah Ta’ala:

وَالَّذِيْنَ لاَ يَشْهَدُوْنَ الزُّوْرَ وَإِذَا مَرُّوْا بِاللَّغْوِ مَرُّوْا كِرَاماً

72.  Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya. (QS Al-Furqan: 72).

Mujahid berkata dalam menafsiri ayat itu: sesungguhnya ia adalah hari-hari besar orang-orang musyrik, demikian pula dikatakan seperti itu oleh Ar-Rabi’ bin Anas, Al-Qadhi Abu Ya’la, dan Ad-Dhohhak.

Ibnu Sirin berkata: az-zuur (palsu) adalah sya’anin, yaitu hari besar bagi Nasrani yang mereka adakan pada hari Ahad yang dulunya untuk hari raya paskah dan mereka berpesta di dalamnya dengan membawa perlengkapan, dan mereka menyangka bahwa itu adalah peringatan untuk masuknya Isa Al-Masih ke Baitul Maqdis, seperti dijelaskan dalam kitabIqtidho’us shirothil mustaqiem 1/ 537 dan al-Mu’jam Al-Wasith 1/ 488. Arah penunjukan dalil itu adalah bahwa apabila Allah telah memuji perbuatan meninggalkan persaksian (terhadap hari-hari besar mereka) yang itu hanya sekadar hadir dengan melihat atau mendengar (saja harus ditinggalkan), maka bagaimana pula dengan menyetujui apa yang lebih dari itu berupa perbuatan yang justru perbuatan zuur (palsu, perayaan hari besar mereka), tidak sekadar menyaksikannya.

2. Adapun dari As-Sunnah: maka di antaranya hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الْمَدِينَةَ وَلَهُمْ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ « مَا هَذَانِ الْيَوْمَانِ ». قَالُوا كُنَّا نَلْعَبُ فِيهِمَا فِى الْجَاهِلِيَّةِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْرِ ». رواه أبو داود، وأحمد، والنسائي على شرط مسلم.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, dan mereka mempunyai dua hari, mereka bermain-main pada kedua hari itu, maka Rasulullah bertanya:  “Ini dua hari apa?”

Mereka menjawab; Kami dulu bermain pada kedua hari ini di masa jahiliyah. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Sesungguhnya Allah sungguh telah mengganti yang lebih baik dari keduanya itu untuk kamu yaitu hari raya adha (qurban) dan hari raya fithri (berbuka). (HR Abu Dawud, Ahmad, dan An-Nasaai atas syarat Muslim).

Arah penunjukan dalil itu bahwa dua hari raya jahiliyah tidak diakui oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau tidak membiarkan mereka bermain pada dua hari raya itu berdasar kebiasaan, tetapi bahkan beliau berkata: “Sesungguhnya Allah sungguh telah mengganti yang lebih baik dari keduanya itu…”  penggantian dari sesuatu itu menuntut untuk meninggalkan apa yang telah diganti, karena tidak boleh berkumpul antara pengganti dan yang diganti. Dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

خَيْرًا مِنْهُمَا yang lebih baik dari keduanya itu menuntut penggantian apa yang pernah ada di masa jahiliyah dengan yang disyari’atkan kepada kita (yaitu dua hari raya, Iedul Adha dan Iedul Fithri)..

3. Adapun dari Ijma’:  Termasuk yang diketahui dari sejarah bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani senantiasa ada di kota-kota orang Muslimin, mereka mengadakan hari-hari besar mereka yang mereka miliki, namun demikian tidak ada di masa salaf di antara muslimin yang mengikuti mereka dalam hal itu sedikitpun. Demikian pula apa yang dilakukan Umar dalam syarat-syaratnya beserta ahli dzimmah yang disepakati para sahabat dan seluruh fuqoha’ (ahli fiqih) sesudah mereka: bahwa ahli dzimmah yaitu Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) tidak menampakkan hari-hari besar mereka di negeri Islam, ini dulu kesepakatan mereka sesungguhnya hanyalah untuk melarang mereka menampakkan hari-hari besar mereka, maka bagaimana membolehkan bagi muslimin mengerjakannya? Bukankah perbuatan seorang muslim untuk hari raya mereka itu lebih keras larangannya daripada penampakan orang kafir  (sendiri) terhadap hari besarnya?

Umar radhiyallahu ‘anhu sungguh telah berkata: jauhilah oleh kamu sakalian dari bicara dengan bahasa orang-orang asing, dan jangan masuk ke orang-orang musyrik di hari-hari raya mereka di gereja-gereja mereka, karena sesungguhnya kemurkaan sedang berturun-turun atas mereka. (Diriwayatkan Abu Al-Syaikh Al-Ashbahani dan Al-Baihaqi dengan sanad shahih). Diriwayatkan juga oleh al-Baihaqi dari Umar juga, katanya: Jauhilah oleh kamu sakalian musuh-musuh Allah pada hari-hari raya mereka.

Imam Ibnu Taimiyyah berkata: Umar ini telah melarang untuk mempelajari bahasa mereka, dan melarang sekadar masuk gereja mereka di hari raya mereka, maka bagaimana dengan (mengerjakan) perbuatan sebagian perbuatan-perbuatan mereka? Atau (bagaimana pula) mengerjakan apa yang termasuk tuntutan agama mereka? Bukankah menyepakati perbuatan mereka itu lebih besar daripada menyepakati bahasanya? Bukankah (mengikuti) perbuatan sebagian perbuatan-perbuatan di hari raya mereka itu lebih besar (larangannya) daripada sekadar masuk ke kalangan mereka di hari raya mereka?

Dan ketika kemurkaan (Allah) turun atas mereka pada hari raya mereka disebabkan perbuatan mereka, maka orang yang bergabung dengan mereka dalam perbuatan atau sebagiannya, bukankah sungguh telah menyambut siksa yang demikian? Kemudian ucapan Umar: dan jauhilah oleh kamu sekalian musuh-musuh Allah di hari raya mereka; bukankah itu suatu larangan untuk menjumpai mereka dan berkumpul dengan mereka pada hari raya mereka. Maka bagaimana tentang (mengikuti) perbuatan hari raya mereka… ( Ibnu Taimiyyah,Iqtidhous Shirothil Mustaqiem 1/ 515).

4. Adapun dari pengambilan pelajaran (I’tibar) maka dikatakan: Hari-hari raya adalah termasuk rangkaian syari’at, manhaj (jalan, system pemahaman) dan tatacara peribadahan (manasik) yang telah Allah firmankan di dalamnya:

 لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجاً [المائدة:48].

. untuk tiap-tiap umat diantara kamu[422], kami berikan aturan dan jalan yang terang. (QS Al-Maaidah: 48).

[422]  Maksudnya: umat Nabi Muhammad s.a.w. dan umat-umat yang sebelumnya.

Ibnu Taimiyyah berkata: Maka tidak ada bedanya antara bergabung dengan mereka dalam hari raya mereka dan antara bergabung dengan mereka dalam seluruh manhaj (jalan, system pemahaman), karena menyetujui seluruh hari raya itu adalah menyetujui kekafiran, dan menyetujui sebagian cabangnya itu adalah menyetujui sebagian cabang kekafiran. Bahkan hari-hari raya itu termasuk paling khas dari apa yang menandai syari’at, dan termasuk yang paling tampak di antara syiar-syiar, maka menyetujuinya adalah menyetujui syari’at kekafiran yang paling khusus dan syiar kekafiran yang paling nyata. Dan tidak diragukan lagi bahwa menyetujui hal ini sungguh telah sampai pada kekafiran dalam keseluruhan dengan syarat-syatanya. (Ibnu Taimiyyah, Iqtidhous Shirothil Mustaqiem 1/ 528).

Dia berkata juga; kemudian sesungguhnya hari raya mereka itu dari agama yang dilaknat baik agamanya itu sendiri maupun pemeluknya. Maka menyetujuinya adalah menyetujui penyebab murka dan siksa Allah yang mereka itu dikhususkan dengannya.

Termasuk segi pelajaran juga: bahwasanya apabila diperbolehkan perbuatan yang sedikit dari yang demikian (yakni mengikuti hari raya mereka) maka mengakibatkan kepada perbuatan yang banyak, kemudian apabila telah popular maka orang-orang awam memasukinya dan mereka lupa asalnya (itu dari orang kafir) sehingga menjadi kebiasaan manusia bahkan hari besar bagi mereka, sehingga menirukan hari raya Allah, bahkan kadang lebih lagi sehingga hampir berlangsung matinya Islam dan hidupnya kekafiran…

Inilah yang dimudahkan Allah menyebutkannya dari dalil-dalil. Dan siapa yang ingin mendapatkan tambahan lagi maka hendaknya mengkaji kitab Iqtidhoush shirotil mustaqiem mukholafati ash-habil jahiem oleh Ibnu Taimiyyah dan kitab Ahkamu ahlidz dzimmah oleh Ibnul Qayyim, dan kitab al-wala’ wal bara’ fil Islam oleh Muhammad Sa’id Al-Qahthani.

Berlandaskan atas hal yang telah lalu itu maka kami katakan; Tidak boleh bagi seorang muslim untuk bergabung dengan ahli kitab dalam hari-hari besar mereka, karena dalil-dalil yang lalu dari Al-Qur’an, As-Sunnah, Ijma’ dan I’tibar. Sebagaimana tidak boleh mengucapi selamat kepada mereka dengan hari-hari raya mereka karena ia termasuk karakteristik (ciri khas) agama mereka atau jalan-jalan mereka yang batil.

Imam Ibnul Qayyim berkata: Adapun ucapan selamat dengan syiar-syiar kekafiran yang khusus dengannya maka haram dengan kesepakatan, seperti kalau mengucapi selamat kepada mereka dengan hari-hari raya mereka dan puasa mereka, dengan mengatakan; hari raya yang diberkahi atasmu, atau selamat dengan hari raya ini dan semacamnya, maka ini apabila selamat pengucapnya dari kekafiran, maka perbuatannya itu sendiri termasuk yang diharamkan, dan itu pada posisi ucapan selamat kepada sujudnya pada salib, bahkan hal itu lebih besar dosanya di sisi Allah, dan lebih sangat dimurkai daripada ucapan selamat kepada yang minum khamr, membunuh jiwa, dan berbuat dosa pada farji yang haram (berzina) dan semacamnya.

Banyak di antara orang yang tidak menghargai agama di sisinya yang jatuh dalam hal yang demikian, dan dia tidak tahu buruknya apa yang dia perbuat, maka barangsiapa mengucapi selamat kepada seseorang pada kemasiatannya atau bid’ahnya atau kekafirannya maka sungguh dia menyambut murka Allah dan marahNya… dan seterusnya. Lihatlah kitab Ahkamu Ahlidz Dzimmah 1/ 161 fasal mengenai ucapan selamat kepada ahlidz  dzimmah oleh Ibnul Qayyim.

Apabila seorang berkata: Orang ahli Kitab mengucapi selamat kepada kami pada hari-hari raya kami maka bagaimana kami tidak mengucapi kepada mereka pada hari-hari raya mereka sebagai pergaulan setara dan membalas penghormatan dan menampakkan toleransi Islam… dan seterusnya?

Jawabannya: Hendaknya dikatakan: kalau toh mereka mengucapi selamat kepada kita pada hari-hari raya kita, maka tidak boleh kita mengucapi selamat pada hari-hari raya mereka, karena adanya perbedaan. Hari-hari raya kita itu adalah haq (benar) dari agama kita yang benar. Berbeda dengan hari-hari raya mereka yang batil itu yang dari agama mereka yang batil, maka walaupun mereka mengucapi selamat kepada kita atas kebenaran maka kita tidak mengucapi mereka atas kebatilan.

Kemudian sesungguhnya hari-hari besar mereka itu tidak terlepas dari maksiat dan kemunkaran, dan yang terbesar dari yang demikian itu adalah pengagungan mereka terhadap salib dan kemusyrikan mereka terhadap Allah Ta’ala. Apakah ada kemusyrikan yang lebih besar dibanding tuduhan mereka terhadap Isa ‘alaihis salam bahwa ia adalah Tuhan atau anak Tuhan? Maha Tinggi Allah dari apa yang mereka katakan

سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ عَمَّا يَقُوْلُوْنَ عُلُوًّا كَبِيْراً

Maha Suci dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang sebesar-besarnya. (QS Al-Israa’: 43).

Tambahan lagi apa yang terjadi dalam perayaan-perayaan mereka pada hari-hari besar mereka berupa pemerkosaan terhadap kehormatan, perbuatan keji, minum untuk mabuk-mabukan, hura-hura, dan perbuatan tanpa malu, yaitu apa yang mengakibatkan marahnya Allah dan murka-Nya. Maka apakah pantas bagi Muslim yang mengesakan Allah rabbil ‘alamien untuk bergabung atau mengucapi selamat kepada mereka berkaitan dengan ini!!!

Ingatlah, maka bertaqwalah kepada Allah wahai mereka yang menganggap enteng dalam perkara-perkara seperti ini, dan hendaklah mereka kembali kepada agama mereka. Kami memohon kepada Allah agar Dia memperbaiki keadaan kami dan keadaan seluruh Muslimin.

Wallahu a’lam.

Demikian penjelasana Mufti Markaz fatwa dengan bimbingan Dr Abdullah Al-Faqih. (fatawa Ash-Shabakah al-Islamiyyah juz 46 halaman 104, nomor 26883, 10 Dzulqa’dah 1425H/ islamweb).

Jama’ah jum’ah rahimakumullah, setelah kita tahu hujah-hujjahnya, maka tidak ada alas an lagi untuk mengikuti jalan mereka. Apabila masih nekat, berarti tidak menggubris ancaman Allah Ta’ala seperti tersebut  di atas, yaitu:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا  [النساء/115]

Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. (QS An-Nisaa’: 115).

Semoga kita diberi kefahaman oleh Allah Ta’ala atas agama Islam yang diridhoiNya ini, dan dianugerahi kemampuan untuk mengamalkan sebaik-baiknya dengan ikhlas lillahi Ta’ala, tanpa mengikuti jalan-jalan selain jalan kaum mukminin. Amien ya rabbal ‘alamien.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ .

===============

Khutbah kedua:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ. أَمَّا بَعْدُ؛ وَلاَ تَكُونُواْ كَالَّذِينَ قَالُوا سَمِعْنَا وَهُمْ لاَ يَسْمَعُونَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

 وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى نَبِيِّهِ مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ تَسْلِيمًا كَثِيرًا . وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ .

(nahimunkar.com)

(Dibaca 946 kali, 1 untuk hari ini)