Foto: A H Firsawan/habadaily.com


Sebanyak lima alqojo bergantian mencambuk pasangan homoseksual, MT (24) dan MH (20) yang masing-masing dijatuhi hukuman 85 kali cambuk dikurangi masa tahanan menjadi 82 kali hukuman cambuk.

Prosesi cambuk berlangsung di halaman Masjid Syuhada, Banda Aceh, Selasa (23/05/2017). Ratusan masyarakat disekitar Banda Aceh memadati masjid menyaksikan hukuman itu. Sebanyak tiga algojo secara bergantian mencambuk MT, sedangkan MH dicambuk dua algojo.

MT dan MH dikenakan pasal 63 ayat 1 mengenai Liwath pada qanun nomor 6 tahun 2014 tentang Hukum Jinayat. Liwath adalah perbuatan seorang laki-laki dengan cara memasukkan zakarnya kedalam dubur laki-laki yang lain dengan kerelaan kedua belah pihak.

Saat MT dan MH dipanggil petugas untuk dicambuk, penonton ramai bersorak. Tidak sedikit yang merekam prosesi hukuman cambuk terhadap pasangan sesama jenis itu dengan smartphone.

MT dan MH dicambuk hingga selesai 82 kali. Disela-sela itu, dokter yang dihadirkan untuk prosesi cambuk bertanya tentang kesehatan mereka.

Ini merupakan kasus pelanggaran liwath pertama yang diputuskan Mahkamah Syariah untuk dicambuk.

Yusnardi, Kasatpol PP Kota Banda Aceh mengatakan, hukuman cambuk yang dikenakan kepada pelanggar hukum Islam di Aceh tidak melanggar Hak Asasi Manusia. “Aturan atau qanun (syariat Islam) ini mengacu pada Alquran dan hadist, mari kita hargai dan hormati kalau ini adalah kearifan lokal di daerah Aceh,” kata Yusnardi kepada wartawan usai prosesi cambuk digelar.

MT dan MH dicambuk bersama empat pelanggar syariat Islam lainnya, yaitu SI (24) dan WN (26) yang kena hukuman cambuk 23 kali, MS (23) dan VR (21) dicambuk 27 kali, HS (26) dan AG (20) kena cambuk 26 kali, serta MK (26) dan FR (29) yang dicambuk 29 kali yang melanggar pasal 25 ayat 1 mengenai Ikhtilath.

Sumber: habadaily.com – A H Firsawan

***

LIVE Uqhubat Cambuk.Jarimah Liwath dari Masjid Lamgugop Banda Aceh

Publicado por Serambi On TV em Segunda, 22 de maio de 2017

Via Fb Serambi On TV

(nahimunkar.com)

(Dibaca 924 kali, 1 untuk hari ini)