lipia

Hidayatullah.com– Hingga kini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) hanya ada di Jakarta. Dalam waktu dekat, lembaga pendidikan milik Kerajaan Arab Saudi ini akan mendirikan cabang baru di tiga kota besar Indonesia.

“Kami akan segera membuka cabang LIPIA di Medan, Surabaya, dan Makasar. Ini bukti dukungan kami terhadap pendidikan di Indonesia melalui kerjasama pendidikan,” ujar Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Bin Ibrahim al-Mubarak, seperti dimuat detik.com, Rabu (24/4/2013).

Pernyataan Mustafa disampaikan dalam kuliah umum tentang pengembangan hubungan bilateral dalam bidang pengembangan sumber daya manusia Arab Saudi dan Indonesia di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah.

“Kami juga Kerajaan akan mengirimkan tenaga dosen ke Indonesia dan sebaliknya,” lanjutnya.

Selain itu, kata Mustafa, Arab Saudi juga menyediakan 250 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di beberapa universitas se-Arab Saudi. Seperti Universitas Al Qassim, Universitas King Abdul Aziz, dan Universitas Ummul Qura.

“Beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan selain bahasa Arab, ilmu kedokteran, dan studi Islam,” terangnya.*

Rep: Muh. Abdus Syakur
Red: Cholis Akbar

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.270 kali, 1 untuk hari ini)