SEMARANG ( Pos Kota ) – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Jawa Tengah bagian selatan telah menimbulkan bencana longsor di Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo.

Sedikitnya tiga rumah warga desa setempat tertimbun longsoran tanah berikut tujuh orang penghuninya. Hingga Sabtu pagi (6/2) sudah tiga korban tewas yang berhasil dievakuasi, sementara empat korban lain yang tertimbun masih dicari .

Menurut keterangan, musibah tanah longsor tersebut terjadi Jum’at malam (5/2). Upaya evakuasi oleh tim gabungan dari BPBD Purworejo, TNI, Polri, SAR berhasil menemukan dua korban tewas atas nama Suprapti,45, dan Erni Yulianti, 8.

Upaya pencarian terhadap lima korban lain pada Jum’at malam terpaksa dihentikan karena hujan deras dan cuaca saat itu gelap . Upaya pencarian dilanjutkan pada Sabtu pagi untuk mencari korban yang masih tertimbun longsoran tanah .

Data kelima korban yang masih tertimbun longsor yakni Salimah,60, Triyanto,9, Sumini,80, Fitri,16, dan Amat Sarengat, 80.

Sementara itu , Kepala Basarnas Jateng , Agus Haryono mengatakan , kantor SAR Semarang segera menerjunkan 2 tim untuk melakukan operasi SAR longsor. “Tim rescue dari Basarnas Semarang dan Cilacap segera kami terjunkan untuk evakuasi,” ujarnya.

Banjir Besar

Disebutkan , korban longsor atas nama Suprapti dan Erni Yulianti telah berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh warga setempat pada pukul 01.00 dinihari . Sedangkan pada Sabtu pagi sekitar pukul 07.30 WIB telah berhasil juga dievakuasi oleh tim SAR gabungan korban atas nama Amat Sarengat.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purworejo selain menyebabkan longsor, juga mengakibatkan banjir setinggi satu meter di Desa Rowobayen Kecamatan Kutoarjo dan Desa Pucangagung Kecamatan Bayan . Akibat banjir itu , sebanyak 75 orang mengungsi di Mako Brimob Purworejo.  Hingga berita ini diturunkan upaya pencarian korban longsor masih terus dilakukan. (Suatmadji/win) . http://poskotanews.com/Sabtu, 6 Februari 2016

***

Longsor termasuk dalam 10 tanda Qiyamat dalam hadits.

***

Tanda-tanda Sebelum Kiamat

Hadits Muslim 5162

حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمَةَ زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَإِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَابْنُ أَبِي عُمَرَ الْمَكِّيُّ وَاللَّفْظُ لِزُهَيْرٍ قَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا و قَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ فُرَاتٍ الْقَزَّازِ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Kiamat tidaklah terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya. Beliau menyebut kabut, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam Shallallahu ‘alaihi wa Salam, ya’juj & ma’juj, tiga longsor; longsor di timur, longsor di barat & longsor di jazirah arab & yg terakhir adl api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka. [HR. Muslim No.5162].

Hadits Muslim No.5162 Secara Lengkap

[[[Telah menceritakan kepada kami [Abu Khaitsamah Zuhair bin Harb], [Ishaq bin Ibrahim] dan [Ibnu Abi Umar Al Makki] teks milik Zuhair, berkata Ishaq: telah mengkhabarkan kepada kami, sedangkan yang lain berkata: Telah menceritakan kepada kami [Sufyan bin Uyainah] dari [Furat Al Qazzaz] dari [Abu Ath Thufail] dari [Hudzaifah bin Asid Al Ghifari] berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu, beliau bertanya: “Apa yang kalian bicarakan?” Kami menjawab: Kami membicarakan kiamat. Beliau bersabda: “Kiamat tidaklah terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.” Beliau menyebut kabut, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam Shallallahu ‘alaihi wa Salam, ya’juj dan ma’juj, tiga longsor; longsor di timur, longsor di barat dan longsor di Jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.]]]

By: mutiarahadits.com

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.419 kali, 1 untuk hari ini)