Sebuah longsor menghantam sebuah kamp tentara Pakistan di daerah Himalaya yang terpencil di dekat perbatasan dengan India pada hari Sabtu kemarin (7/4), mengubur lebih dari 130 tentara.

“Lebih dari 100 tentara dari Northern Light Infantry termasuk seorang kolonel terjebak ketika longsor menghantam sebuah kamp militer,” kata juru bicara militer Mayor Jenderal Athar Abbas kepada AFP.

“Misi penyelamatan terus dilakukan dan tim penyelamat mencoba untuk menyelamatkan para tentara yang terjebak longsor.”

Sebuah pernyataan militer Pakistan mengatakan longsor melanda Sabtu pagi sekitar pukul 6 pagi waktu setempat.

Longsoran salju mematikan melanda kamp di Gayari, Siachen di bagian utara dari wilayah Himalaya yang disengketakan Kashmir.

“Sekitar 100 orang tentara tertimbun salju pagi ini di sektor Gayari dekat Skardu,” pihak militer mengatakan.

“Upaya penyelamatan masih berlangsung. Anjing pelacak, helikopter dan pasukan dipekerjakan dalam upaya penyelamatan,” tambah pernyataan itu.

Tim dokter dan paramedis juga telah bergegas ke daerah pegunungan, yang menderita kondisi cuaca ekstrim, seorang pejabat keamanan mengatakan kepada AFP.

Stasiun televisi milik negara Pakistan mengatakan tim penyelamat menghadapi kesulitan mendapatkan mesin-mesin berat untuk menuju ke daerah yang mengalami longsor.

Televisi Pakistan juga mengatakan salju longsor terjadi pada pagi hari, meningkatkan kemungkinan bahwa tentara sedang tidur pada saat insiden berlangsung.

Tidak ada informasi yang tersedia sejauh ini terkait korban yang mungkin masih selamat.(fq/oi)

ERAMUSLIM > DUNIA

http://www.eramuslim.com/berita/dunia/longsor-mengubur-ratusan-tentara-pakistan-hidup-hidup.htm
Publikasi: Minggu, 08/04/2012 09:24 WIB

(nahimunkar.com)

(Dibaca 1.080 kali, 1 untuk hari ini)