ilustrasi Gambar Kata Lucu Asap Riau/ Gambaranehunik.com

October 5, 2015

KUALA LUMPUR (Manjanik.com) – Malaysia telah menutup sebagian besar sekolah nasional mereka selama dua hari. Hal itu dilakukan untuk melindungi anak-anak dari kabut asap tebal berbahaya yang disebabkan oleh kabut asap akibat kebakaran hutan di Indonesia.

Indeks polusi udara mencapai level berbahaya di Shah Alam, ibu kota negara bagian Selangor, dan sangat tidak sehat di banyak daerah lain. Pihak berwenang Malaysia memerintahkan sejumlah sekolah untuk diliburkan pada Senin (5/10/2015) dan Selasa (6/10/2015).

Selain itu, buruknya jarak pandang memaksa beberapa bandara juga ditutup selama berjam-jam pada Ahad (4/10/20015). Sebuah perhelatan lari maraton tahunan yang cukup populer di Kuala Lumpur pun dibatalkan karena kabut asap yang tebal.

Terkait hal itu, Wakil Perdana Menteri (PM) Zahid Hamidi mengatakan, upaya Indonesia untuk menindak sumber pembakaran terbuka oleh petani tidaklah cukup serius. Indonesia, kata dia, harus mencari bantuan lebih dari tetangga Asia Tenggara untuk mengatasi kabut yang menjadi masalah tahunan Indonesia. [GA/rol]

(nahimunkar.com)

(Dibaca 428 kali, 1 untuk hari ini)