Dahsyat, Pesbukers, Gosip Politik dan sinetron ABG Jadi Manten masih menayangkan praktik hipnosis maupun hipnoterapi.

muvila.com- Empat stasiun TV swasta (RCTI, ANTV, Trans 7 dan SCTV) mendapat sanksi dariKomisi Penyiaran Indonesia (KPI) gara-gara masih menayangkan praktik hipnosis dalam beberapa programnya. Yakni, Dahsyat di RCTI, Pesbukers di ANTV,Gosip Politik di Trans7, dan sinetron ABG Jadi Manten di SCTV.

KPI Pusat meminta empat stasiun televisi tersebut untuk segera menghentikan praktik hipnosis, hipnoterapi dan sejenisnya dalam program acara, kecuali untuk acara kesehatan sesuai syarat yang sudah disebutkan KPI. Sebab, hipnosis, hipnoterapi dan sejenisnya bukan untuk materi hiburan, olok-olok, dan candaan.

“Jika stasiun televisi akan menayangkan praktik hipnoterapi dalam program kesehatan wajib menghadirkan seorang pakar yang mampu menjelaskan sistem, manfaat dan dampak dari hipnoterapi tersebut sehingga masyarakat memperoleh informasi yang memadai dan tidak menyalahgunakan praktik tersebut,” jelasAnggota KPI Pusat Bidang Isi Siaran, Agatha Lily, pada 27 Juni lalu.

Raffi Ahmad ketika dihipnosis oleh Uya Kuya.

Raffi Ahmad ketika dihipnosis oleh Uya Kuya.

Dalam Dahsyat pada episode 28 Juni lalu, Raffi Ahmad dihipnoterapi oleh Uya Kuyasupaya tidak takut pada buah rambutan. Raffi lalu membayangkan rambutan layaknya bayi dan menciuminya. KPI menilai praktik hipnoterapi ini sebagai pelanggaran terhadap perlindungan kepada anak-anak dan remaja.

Sedangkan dalam Pesbukers di ANTV, hipnosis juga dilakukan kepada Raffi Ahmad. Dengan kondisi mata tertutup, ia diminta untuk menusukkan pisau ke balon yang dipegang oleh seseorang lainnya. “Adegan ini dinilai KPI Pusat sangat berbahaya,” tulis KPI dalam pernyataan tertulisnya.

Sementara itu, program Gosip Politik juga memuat praktik hipnosis oleh Ferdian terhadap dua orang yang menirukan tingkah laku dua calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Adapun sinetron ABG Jadi Manten juga memuat adegan remaja yang dihipnosis untuk mengungkapkan aib dan keburukan teman.

Sejak Yuk Kita Smile (YKS) kena sanksi administratif penghentian sementara dari KPI, praktik hipnosis dan sejenisnya juga langsung dilarang untuk muncul dalam semua program TV. Praktek tersebut kerap berpotensi melakukan pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012. KPI sendiri resmi memberlakukan pelarangan itu mulai 28 Juni lalu.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 849 kali, 1 untuk hari ini)