Masjid Al-Ukhuwwah di Bandung Tetap Gelar Shalat Jumat Berjamaah

 


Foto: Petugas semprotkan disinfektan di Masjid Al-Ukhuwh Bandung (Wisma Putra/detikcom).

Bandung – Masjid Al-Ukhuwwah Kota Bandung akan tetap menggelar shalat Jumat berjamaah dengan menerapkan standar kesehatan maksimal untuk meminimalisir pencegahan virus corona.

Kabag Kesra Kota Bandung Bambang Sukardi mengatakan, ini sebagai implementasi imbauan surat edaran wali kota Bandung terkait upaya memutus mata rantai covid-19. 

“Intinya dari pengurus masjid, kita tetap akan merujuk kepada surat edaran pak wali kota, beliau tidak pernah mengeluarkan statement pelarangan melakukan kegiatan ibadah,” kata Bambang pada Kamis (19/3/2020). 

Menurut dia, seluruh area masjid dan lingkungan sekitarnya selalu dibersihkan setiap hari. Namun kali ini akan dilaksanakan perawatan ekstra guna persiapan salat Jumat.

“Jumat besok, kita akan tetap laksanakan kegiatan. Kita akan menyiapkan sabun cuci tangan, tempat wudhu yang representtif, kebersihan lingkungan masjid baik di luar atau di dalam,” ucapnya. 

Bambang mengimbau kepada jemaah yang hendak mengikuti salat Jumat membawa alas atau sejadah masing-masing. Bila perlu dan memungkinkan, jemaah menggunakan masker.

Dia menambahkan, keputusan menutup tempat ibadah memang tidak menyalahi aturan, karena tujuannya untuk memutus penyebaran virus corona. Terlebih, dengan mempertimbangkan kapasitas masjid. 

“Itu sah-sah saja karena mereka mempunyai suatu pemikiran dalam rangka mengurangi penyebaran virus tersebut. Pada prinsipnya dari MUI pusat juga harus bijak menyikapi permasalahan ini,” ujar dia. 

Di lain sisi, kepada pengurus masjid dan aparatur di tingkat kewilayahan, diminta dia agar turut serta berperan menyebarluaskan seruan dari pemerintah ataupun otoritas terkait perihal menyikapi virus corona. (yogo triastopo) 

inilahkoran.com, Zulfirman19 Mar 2020, 11:40

(nahimunkar.org)

(Dibaca 50 kali, 1 untuk hari ini)