Memilih Amal Perbuatan

 
 

 
 

١١٥ – سَدِّدُوْا وَقَارِبُوْا وَاعَمَلُوْا وَخَيْرُوْا وَاعْلَمُوْا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالَكَمُ الصَّلاَةُ وَلاَ يُحَافِظُ عَلىَ الْوُضُوْءِ إِلاَّ مُؤْمِنٌ .

 
 

          “Luruskanlah dan mendekatlah, beramallah dan memilihlah. Dan ketauhilah bahwa sebaik-baik amal perbuatanmu adalah shalat. Dan tidaklah menjaga wudhu melainkan seorang mukmin.”

 
 

          Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad (5/282), dia mengatakan: “Telah bercerita kepadaku Al-Walid bin Muslim dan dia mengatakan: “Telah bercerita kepadaku Ibnu Tsauban dan dia berkata: “Telah bercerita kepadaku Hisan bin Uthiyyah, bahwa sesungguhnya Abu Kabsyah As-Saluli telah bercerita kepadaku kalau dia mendengar Tsauban berkata: “Telah bersabda Rasulullah r.”

 
 

          Demikian pula Ad-Darimi (1/168) juga telah meriwayatkan hadits ini (juz 1 hal. 168), kemudian Ibnu Hibban (164), dan Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir (1/72/2) dari Al-Walid.

 
 

          Saya (Al-Albani) menilai: Sanad ini hasan. Semua pewarinya tsiqah, yaitu perawi-perawi Al-Bukhari, kecuali Ibnu Tsauban yang nama aslinya adalah Abdurrahman bin Tsabit. Ia masih dipertentangkan disini. Sedangkan yang menjadi ketetapan adalah bahwa ia hasanul hadits (orang yang bagus haditsnya), manakala tidak menyalahi yang lain.

 
 

          Hadits ini juga mempunyai jalan-jalan yang lain dan beberapa syahid (hadits pendukung) yang telah saya (Al-Albani) keluarkan dalam Irwaul-Ghalil (405).

 
 

https://alquran-sunnah.com/kitab/Shahihah/MEMILIH%20AMAL%20PERBUATAN.htm

 

As-Shahihah Online melalui www.alquran-sunnah.com

(nahimunkar.org)

(Dibaca 107 kali, 1 untuk hari ini)