.

  • Kiprah SDA selama ini dekat dengan aliran sesat

 

Jakarta-, Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) akhirnya mengundurkan diri sebagai Menteri Agama setelah terjerat kasus korupsi dana haji 2012-2013. Setelah dipanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, SDA memutuskan untuk mundur.

“Bapak Suryadharma Ali sebagai menteri agama tadi mengembalikan kepercayaan sebagai menteri agama kepada bapak presiden,” kata Mensesneg Sudi Silalahi di Istana Bogor, Senin (26/5/2014).

Untuk memenuhi syarat pengunduran dirinya tersebut SDA harus membuat surat resmi secara tertulis.

“Bapak presiden menerima laporan tersebut dan meminta Bapak Suryadharma Ali untuk mengajukan surat pengunduran diri secara tertulis dalam satu atau dua hari ini,” tambahnya.

Sebelumnya SDA dipanggil oleh Presiden di Istana Bogor. “Rencananya akan memanggil Pak SDA di Istana Bogor,” ujar Jubir Presiden Julian Aldrin Pasha, Senin (26/5/2014). /kluget.com

***

Kiprah SDA selama ini dekat dengan aliran sesat

Selain terjerat kasus korupsi dana haji, SDA ketika jadi menteri agama tampak dekat dengan aliran sesat. Saking dekatnya, sampai-sampai SDA mengangkat pentolan aliran sesat LDII menjadi anggota Amirul Haj Indonesia 2012. Keruan saja diprotes oleh Umat Islam, namun SDA tetap ngeyel. Hingga ketika para mantan LDII menghadap SDA di kantornya, dan menjelaskan tentang kesesatan-kesesatan LDII, maka menurut sumber terpercaya, SDA masih tampak ngotot membela aliran sesat LDII.

Kasus lain, SDA memuji-muji pesantren Al-Zaytun yang bermasalah. Menurut Buku Hartono Ahmd Jaiz, Aliran dan Paham Sesat di Indonesia, terbian Pustaka Al-Kautsar Jakarta, pesantren di Indramayu itu tergolong mengajarkan kesesatan, di antaranya mengubah syariat qurban. Tidak diadakan pemotongan hewan qurban, hanya dipungut uang dari para santri, makin besar setornya untuk berkorban maka dipuji, sedang duit itu tidak untuk beli hewan qurban dan tidak diujudkan dengan penyembelihan qurban.  Namun SDA memuji-muji pesantren yang berbau aliran sesat NII itu.

Suryadharma Ali (SDA) tampaknya tidak kapok mendekati tokoh lembaga sesat. Rupanya tidak malu dan tak ingat pula, belum lama SDA cipika-cipiki dengan tokoh lembaga sesat Pesantren Al-Zaytun, AS Panji Gumilang, di pesantren mewah Indramayu. Kini SDA sowan munduk-munduk (datang dengan penuh rasa hormat) ke pusat aliran sesat Islam Jama’ah yang ganti-ganti nama yang kini orang mengenalnya dengan aliran sesat LDII. (By nahimunkar.com on 5 December 2011 – See more at: https://www.nahimunkar.org/astagfirullah-ppp-dekati-aliran-sesat-ldii-jelang-pilpres-2014/#sthash.wZ7pf7ob.dpuf ).

Bahkan beberapa hari sebelum dicokok KPK sebagai tersangka, SDA bertandang pula ke acara aliran sesat LDII di Jakarta. (lihatNgamen Suara Capres, Jokowi & Suryadharma Hadiri Rapimnas Aliran Sesat LDII, By nahimunkar.com on 14 May 2014).

Meski selama 3 tahun jadi menteri agama, SDA dikhabarkan kekayaannya naik 7 miliaran rupiah hingga jadi 24 miliar rupiah pad tahun 2012, sedang pada tahun 2009 baru 17 miliar rupiah, namun kini SDA akan mempertanggung jawabkan kasus korupsi yang dia telah jadi tersangka.

Sedang kasus berdekat-dekat dengan aliran sesat dengan aneka pelayanannya, tentunya sebagai celengan untuk mendapatkan balasan dari Allah Ta’ala, mungkin di dunia dan akherat, dan mungkin di akherat saja. Karena SDA sudah tidak bisa berbuat untuk menebus tingkahnya yang melayani aliran sesat itu lantaran kini telah disuruh mundur dari jabatannya sebagai menteri agama oleh Presiden SBY, dan SDA mau tidak mau harus mengikuti. Tidak bisa ngeyel seperti ketika dijelaskan tentang sesatnya LDII oleh mantan-mantan aliran sesat LDII.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 2.418 kali, 1 untuk hari ini)