sharia.co.id – Sampai tulisan ini diturunkan. Agama menantu Jokowi, Selvi Ananda masih simpang siur. Republika melaporkan bahwa Selvi dan orangtua masih non Muslim. Sedangkan Solo Pos memberitakan bahwa Selvi sudah menjadi Muslim sebulan lalu, sedangkan orang tuanya tidak jelas.

Solopos memberitakan bahwa Selvi Ananda—kekasih Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Jokowi, menurut sejumlah tetangganya merupakan seorang mualaf.Andi,Ketua RT 005/RW 009 Pasar Kliwon Solo, mengatakan keluarga Selvi pernah meminta surat pengantar dengan menggunakan tanda tangan ketua RT.

“Sebulan lalu, Pak Heri mewakili keluarga Selvi meminta surat keterangan untuk mengurus pernikahan Selvi. Kelihatannya surat pengantar itu untuk pindah agama dulu, yakni mengikuti agama calon suaminya,” kata Andi.

Di bagian lain, pemilik warung makanan di barat rumah Selvi di Sumber, yakni Marmi mengetahui Selvi sebelumnya beragama Kristen kemudian menjadi mualaf. “Kalau orangtua Selvi saya tidak tahu,” tutur dia saat ditanya Solopos.com.

Kepala KUA Pasar Kliwon, Arbain Basyar menyatakan bahwa Selvi sudah memeluk Islam.

“Yang jelas semua proses pernikahan yang lewat KUA menggunakan cara Islam. Dari berkas yang saya terima, Mbak Selvi sudah beridentitas Islam. Saya tidak tahu sebelumnya beragama apa. Kalau dari kelurahan pasti tidak berani bila tidak Islam,” kata Arbain.

Sedangkan Republika Online (ROL) hari ini memberitakan bahwa Selvi dan keduaorang tuanya masih beragama lain. Awalnya, kata ROL, pelaksanaan ijab-kabul Gibran-Selvi menemui kendala urusan administrasi. Ini ketika keduanya mengurus syarat nikah di KUA (Kantor Urusan Agama), Kecamatan Banjarsari, Solo. Ternyata, calon kedua mempelai beda agama.

Seperti diketahui, berdasar administrasi KTP (Kartu tanda Penduduk), Gibran maupun orang tuanya, Jokowi dan Iriana, keterangan beragama Islam. Sedangkan Selvi maupun orang tuanya, Didit Supriyadi dan Partini, non-Muslim. Ini kendala yang dihadapi saat itu. Pihak keluarga sudah melakukan konsultasi ke KUA sejak April lalu.

“Meski sebelumnya sempat ada beberapa kendala teknis soal persyaratan, pada akhir bulan Mei lalu, semua persyaratan administrasi sudah dibereskan,” tutur Mukhtaroji, kepala KUA Banjarsari, Solo, kepada wartawan.

Akad nikah tidak bisa berlangsung kalau kedua calon mempelai beda agama. Dari hasil konsultasi kedua calon mempelai ataupun pihak keluarga, akhirnya ditemukan jalan keluar. Pihak keluarga mempelai wanita menunjuk wali hakim. Untuk urusan ini, menyerahkan sepenuhnya kepada KUA.

“Berhubung kedua orang tua ataupun calon mempelai perempuan status agama non-Muslim, wali pengganti nanti dari pihak KUA. Atau mungkin saya sendiri yang mewakili,” kata Mukhtaroji.

Jadi beberapa media masih silang pendapat soal agama menantu Jokowi, Selvi Ananda. Muslim ataukah Kristen? Wallahu a’lam.(*NH) Posted by First Author

Date: 10 Juni 2015

***

GIBRAN RAKABUMING NIKAH

Di Rumah Kontrakan, Calon Menantu Jokowi Tak Banyak Dikenal Orang

JIBIPIC

Sejumlah warga berdialog di warung depan rumah Putri Solo 2009, Selvi Ananda, (rumah sebelah kiri) yang terletak di Jl. Kutai Raya RT 007/RW 007 Sumber, Banjarsari, Solo, Selasa (7/4/2015). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Rabu, 8 April 2015 09:30 WIB | Tri Rahayu/JIBI/Solopos |

Gibran Rakabuming segera menikah. Namun calon istrinya, Selvi Ananda, tak banyak dikenal warga sekitar.

Solopos.com, SOLO — Tak banyak yang mengira, sebuah rumah sederhana berwarna krem di Jl. Kutai Raya Sumber, Banjarsari, Solo, dihuni calon menantu Presiden Jokowi. Itulah rumah sederhana itu yang dihuni Putri Solo 2009, Selvi Ananda.

Di rumah kontrakan RT 007/RW 007 Sumber, Banjarsari, Solo, itu, Selvi bersama ayah-ibunya tinggal. Gadis kelahiran 9 Januari 1989 itu akan dipersunting sebagai pendamping hidup Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi.

Selvi Ananda dan keluarganya tinggal di lingkungan itu lebih dari empat tahun. Rumah Selvi masih satu RW dengan rumah nenek Gibran, yakni Sujiatmi Notomihardjo, yang tinggal di Jl. Pleret Raya No. 9A RT 001/RW 007 Sumber.

Namun, pintu rumah Selvi Ananda hampir selalu tertutup. Gorden kain tebal juga menghiasi di balik kaca jendela. Di samping barat rumah yang menghadap ke selatan itu terdapat jemuran./ Solopos.com, Rabu, 8 April 2015 09:30 WIB | Tri Rahayu/JIBI/Solopos |.

(nahimunkar.com)

(Dibaca 22.917 kali, 1 untuk hari ini)