Hasan Al-Jaizy Al-Jaizy

Seorang ayah membeli kitab Tafsir al-Azhar Juz pertama pada tanggal 3 Muharram 1406 bersetujuan dengan tanggal 17 September 1985, di kala putranya belum lahir. Di kemudian masa era 90-an, yakni sekira 10an tahun berikutnya, putranya yang masih SD, suka membaca kitab-kitab Tafsir al-Azhar ini, yang tersusun di rak ayahnya.

Dan setelah 30 tahun kitab ini hadir di kediaman, putranya mengkajinya (mempelajarinya bersama teman-teman ngaji), dimulai pada tanggal 16 Sya’ban 1437 bersetujuan dengan tanggal 23 Mei 2016.

Taste dan citarasa tafsir ini betapa nusantara. Sedikit banyak menampilkan atmosfir bahasa yang tidak atau jarang lagi dipakai. Tersimpan di khazanah kitab, beragam perasan ilmu, akal dan perasaan sang legenda, ulama nusantara.

Tafsir al-Azhar, karya Prof. Dr. H. Abdul Malik bin Dr. Syaikh Abdul Karim bin Syaikh Muhammad Amrullah bin Syaikh Abdullah Shalih bin Tuanku Pariaman Syaikh Abdullah Arif; anak turunan orang-orang alim belaka dalam zaman-zaman mereka, yang beliau dikenal dengan:

“Buya Hamka”

Kami kaji dengan bahasa mudah insya Allah, dan scan kitab original cetakan lawas (1985) milik ayah untuk tiap seri. Selamat menikmati di:

 (nahimunkar.com)

(Dibaca 1.685 kali, 1 untuk hari ini)