Banjir di pasar Dek edek Sampang Madura

 .

 

SAMPANG – Banjir yang terus meninggi semenjak Rabu kemarin, sebanyak 20 warga yang mengungsi di atas genteng kelaparan dan nyaris pingsan.  Mereka mengungsi tepatnya di atap kios pasar tradisional Jalan Imam bonjol Kelurahan Delpenang Kecamatan Kota Sampang. 

Di antara 20 orang pengungsi tersebut terdapat bayi berusia 2 minggu yang kekurangan asupan makanan.

“Kami ditelepon teman mas, bahwa ada orang kelaparan di atas genteng, tepatnya di atas los pasar dek edek,” terang Amin asal Jalan Mutiara sekaligus warga yang mengaku di hubungi temanya karena kelaparan, lansir beritajatim.com Kamis (19/12/2013).

Lebih lanjut Amin mengatakan, di dalam kelompok  pengungsi terdapat balita yang juga menangis kelaparan. “Saya yakin mas karena banyak suara anak-anak kecil yang menangis di sana ketika saya di telpon teman saya,” tuturnya.

Sementara itu, kejadian tersebut juga di benarkan oleh Rusfandi salah satu pengungsi. Bahwa sebanyak 20 orang yang berada di atas genteng kios pasar Dek edek semenjak kemarin belum mendapat bantuan.

“Batere saya lemah tolong cepat bilang kepada semua orang, kami di sini butuh bantuan makanan kalau tidak banyak yang mati,” pintanya tergesa.

Terpisah, Imam sanusi Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) saat di hubunggi ke nomer telpon yang biasa di pakai, handphonenya tidak aktif.

Sebagai informasi, banjir yang melanda pasar Dek edek saat ini kedalamnya mencapai 3 meter. (azm/arrahmah.com) A. Z. MuttaqinKamis, 15 Safar 1435 H / 19 Desember 2013 17:50

***

Di balik banjir ada hikmah tapi bisa juga lainnya

Di balik itu, ada hikmah. Bagi orang yang terketuk hatinya, mereka memberikan bantuan apa saja untuk meringankan beban. Bila itu ikhlas lillahi Ta’la maka insya Allah mereka yang mengulurkan bantuan itu mendapatkan pahala. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berrsabda:

« مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ (رواه عبد الرزاق ، وأحمد ، ومسلم ، وأبو داود ، والترمذى ، وابن ماجه ، وابن حبان عن أبى هريرة)

“Barangsiapa meringankan satu kesusahan seorang muslim di dunia, maka Allah akan meringankan darinya satu kesusahan dari kesusahan-kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang sedang kesulitan, maka Allah akan memberikan kemudahan kepadanya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Dan Allah akan selalu menolong seorang hamba selama hamba tersebut mau menolong saudaranya.” (HR Abdul Razzaq, Muslim, Abu Daud  NO – 4295, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban, dari Abu Hurairah, shahih).

Demikian pula bila seorang Muslim yang tertimpa musibah itu bersabar, maka insya Allah baik baginya.

 قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “perkara orang mu`min itu mengagumkan, sesungguhnya semua perihalnya baik dan itu tidak dimiliki seorang pun selain orang mu`min, bila tertimpa kesenangan, ia bersyukur dan syukur itu baik baginya dan bila tertimpa musibah, ia bersabar dan sabar itu baik baginya.” (HR Muslim NO – 5318).

Menimbulkan dosa

Sebaliknya, musibah itu juga akan menimbulkan dosa bagi orang-orang yang tidak tepat dalam menyikapinya. Misalnya, menggerutu sampai mencaci masa. Atau sama sekali tidak peduli terhadap penderitaan sesama Muslim, bahkan senang dengan penderitaan mereka. Atau bahkan lebih dari itu, misalnya justru menggelapklan bantuan yang seharusnya sampai kepada muslimin yang kena musibah. Sehingga banjir pun termasuk dalam ujian iman pula.

Silakan lihat di  https://www.nahimunkar.org/banjir-musibah-fisik-dan-banjir-musibah-iman/#ixzz2o4t0h862
(nahimunkar.com)

(Dibaca 170 kali, 1 untuk hari ini)